Fun Race Blogger CBR250RR, kesampaian juga jajal sirkuit Sentul Internasional bersama Honda CBR250RR

Fun Race CBR250RR Sentul

Halo Biker, weekend hari Minggu pagi kemarin adalah momen yang cukup bersejarah bagi Elang pribadi, momen yang sudah sekian lama ditunggu-tunggu untuk hadir. Tidak hanya karena rasa penasaran ingin mencoba performa motor terbaru Honda CBR250RR melainkan rasa penasaran akan gimana sensasi menggeber motor di sirkuit Sentul besar. Karena selama ini sering kan ketika di jalanan denger istilah “ini bukan sirkuit bro” nah kali ini bener-bener dilepas di sirkuit beneran yang mumpuni.

Oke jadi tulisan ini akan mengulas keduanya, bagaimana sensasi akan performa CBR250RR dan bagaimana impresi perdana Elang menjajal Sirkuit Internasional Sentul.

Alhamdulillah grup blogger mendapat jatah di awal sesi Fun Race CBR250RR ini, jadwal yang semula 7.30wib ternyata harus mundur jam 9, memang sih katanya Sentul besar gak pernah sejarahnya diizinkan ngetrack sebelum jam 9. It’s okey, kita coaching clinic dulu dengan Mas Ahmad Jayadi tentang bagaimana sirkuit Sentul ini dan bagaimana teknik menyikapi setiap tikungan. Menurutnya karena ini bukan untuk mengejar laptime, ketika berkendara di atas motor, posisikan senyaman mungkin yang biasa kita lakukan, gak usah ngikuti gaya riding orang lain yang belum tentu nyaman buat kita. Titik pengereman juga menjadi kunci kecepatan dalam setiap masuk dan keluar tikungan.

Fun Race CBR250RR Sentul

Wis setelah coaching clinic, langsung pake riding gear jaket Respiro, protector Mad Bike, gloves, sepatu, helm INK CL-1 dan tambahan Action Cam Kogan entry level buat mendokumentasikan video di track. Elang putuskan ikut di grup pertama yang terdiri dari 6 motor, disana ada lek Iwanbanaran, mang Kobay, mas Didik, Mas Nur dan lek Aripitstop.

Fun Race CBR250RR Sentul

Ada adegan lucu ketika akan start, lek IWB ntah setan apa yang menguasai pikirannya, belum diaba-aba udah curi start duluan gas poll ninggalin kita. Pak Nyoman yang memberikan instruksi ke blogger untuk ngikuti IWB (sambil nunjuk) eh orang yang ditunjuk udah ilang ntah kemana 😀 dasar cicak bin kadal nih lek, padahal Elang pribadi mau ngikuti racing linenya dia, maklum belum kenal track Sentul besar.

Fun Race CBR250RR Sentul

4 lap yang dijatah rencananya lap pertama buat pengenalan racing line sirkuit dulu, tikungannya dimana aja. Lap 2-4 silahkan geber untuk mengetahui performa CBR250RR. Eh baru masuk lap 1 gak pake orientasi, ngeliat rider di depan pada ngebut ya ikutan ngebut jugalah, gak jadi pengenalan sirkuit. Pokoke amati aja racing line di tiap tikungan.

Fun Race CBR250RR Sentul

Nah disinilah yang menarik, akhirnya Elang merasakan juga momen dimana dulu blogger-blogger kondang ketika jajal sirkuit pertama kali, teknik beloknya itu loh, masih ragu buat rebah dan jatuhkan badan. Kalau istilahnya beloknya kayak wayang alias tegak..wkwkwk Jujur Elang sangking excitednya pertama kali masuk sirkuit sini, sampai lupa teknik riding, lebih fokus belajar mengamati racing linenya biar gak melebar apalagi sampai out ke gravel..hehehe

Fun Race CBR250RR Sentul

Dengan konsentrasi yang belum sepenuhnya track oriented, ternyata merasakan manuver di S kecil lumayan susah dengan kecepatan 60 kpj.

Disini Elang ajungin jempol buat lek IWB, bonek satu ini memang cukup berbakat, tak perhatikan dari belakang gaya nikungnya udah persis sembalap beneran, joss lek gak sia-sia sering latihan moge dan memang sudah bonek doyan ngetrek dari jaman 90an 😀

Fun Race CBR250RR Sentul

Gimana performa CBRnya? Wow ini di yang cukup excited, di trek lurus Elang sempat merekam raihan top speed tertinggi yang dicapai yakni 162 kpj di gigi 6 dalam mode sport+. Dan positifnya, berkat kombinasi frame barunya dan suspensi Elang merasa CBR250RR begitu antep dikecepatan 160an kpj kemarin. Memang panteslah CBR250RR ini Elang anggap sudah track oriented baik mesin maupun frame sasisnya. Lari 160 kpj aja teriakan mesin belum terlalu sob, ini yang Elang acungin jempol.

Fun Race CBR250RR Sentul

Liat testimoni temen-temen blogger lain ada yang mencapai top speed 172 kpj (kobayogas) dan 175kpj (M. Nur) wajar pasti mereka shifting gearnya di redline terus, sementara Elang lebih tipikal smooth, ganti gigi tiap 10.000 rpm.

Performa ban juga gak nyangka sob, ban IRC Road Winner yang biasanya licin tapi entah kenapa di CBR250RR terasa begitu lengket ketika Elang coba sedikit rebah di tikungan R1 sehabis straight. Posisi setang yang under yoke cukup mendukung untuk nunduk abis ketika di straight, lari 162 kpj saat straight hempasan angin bisa dibelah secara baik oleh windshield dan fairing, tubuh tidak terasa terhempas kecuali pas mulai braking dimana badan harus kembali tegak.

Fun Race CBR250RR Sentul

Di grup ketiga karena ada 2 motor nganggur, Elang pun izin nyobain sekali lagi ngetrack pake CBR250RR yang berbeda. Di ronde kali ini gak terasa 10 lap Elang muterin Sentul, aslinya sih lupa diri. Kalau gak liat jam sudah hampir jam 10 (jatah komunitas) mungkin Elang akan terus wing..wing.. keasyikan ngiterin Sentul 😀

Fun Race CBR250RR Sentul

Wis Elang berterima kasih banget kepada AHM khususnya HC3 yang sudah memberikan kesempatan Elang jajal CBR250RR di sirkuit Sentul besar, akhirnya kesampaian juga turun di trek sesungguhnya. Cuman karena ini baru pengalaman perdana, kesan yang didapat adalah bener-bener fun racenya, ingin rasanya kembali sekali lagi untuk belajar teknik riding yang sesuai dengan peruntukkannya (ilmu balap). Mudah-mudahan di next event AHM bisa kembali memilih Sentul besar buat arena pengetesan motor-motor terbarunya nanti. Joss lah, salam Satu Hati.

Fun Race CBR250RR Sentul

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: