Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150 – pilih yang mana nih?

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Assalamualaikum sobat biker, sejak awal tahun ini dua motor sport terbaru di kelas sport fairing 150cc yakni All New Yamaha R15 V3 dan Suzuki GSX-R150 terus menjadi perbincangan yang menarik di kalangan biker. Punya kelebihan dan kekurangan masing-masing membuat Elang juga ingin melakukan ulasan ringan seputar komparasi fisik keduanya.

Kebetulan rekan Blogger Kang Apip punya unit Suzuki GSX-R150, yo wis sambil ngabuburit kita janjian ketemuan di Harvest City Cileungsi untuk agenda foto-foto komparasi fisik. Secara umum bagi Elang yang sudah merasakan impresi riding bersama keduanya, menilai keduanya punya kans daya tarik yang berbeda kaena memiliki sisi kecantikan masing-masing.

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150


Suzuki GSX-R150 memiliki inner beauty dari karakter mesinnya yang murni DOHC overbore (Real DOHC), sensasi teriakan mesin diputaran tingginya (hingga 13.000 rpm) gak akan ditemukan di motor lain di kelas sport 150cc saat ini. Sementara untuk All New R15 V3 mengedepankan penampilan ciamik ala moge look, sangking gantengnya banyak yang menyangka motor ini adalah sport 250cc, secara ukuran memang 11-12 sob. Untuk mesin sendiri walau sudah mengusung teknologi klep dengan VVA (Variable Valve Actuaction) namun sensasinya tetaplah beda dengan GSX.

Nah mari kita sandingkan keduanya dari berbagai sisi dan silahkan dinilai sendiri nih sob.

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Saat disandingkan kita lihat dari sisi depan keduanya sama-sama tampak ganteng gak ngebosenin, desain wajah headlamp keduanya punya potensi everlasting desain yang gak akan lekang dimakan zaman. All New R15 yang dulunya punya headlamp ‘terlalu’ lebar kini sudah direvisi jauh lebih baik dan enak dipandang. Sementara GSX hadir all out dengan mengusung single headlamp.

Posisi spion keduanya terlihat ada perbedaan, punya GSX terlihat lebih tinggi dari R15, sementara punya R15 terlihat lebih besar dan lebih lebar sesuai dengan ukuran body motornya yang memang bongsor.

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Mencoba lihat dari tampak samping penampilan keduanya mengusung tema yg berbeda. Kalau All New R5 V3 terlihat seperti moge look karena ukurannya yang memang lebih bongsor, desainnyan juga turunan dari R series yang nyata sob. Sementara Suzuki GSX-R150 tampil simpel, ramping layaknya motor balap di kelas Moto3.

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Tampak belakang, terlihat posisi jok belakang si GSX lebih tinggi dari R15. Namun secara subjektif penampilan tampak belakang ini Elang lebih suka desain buritan R15 yang bolong dan seksi seperti R6 2017 ditambah tapak ban yang paling lebar dikelasnya (140) makin menambah kegantengan. Untuk GSX sisi belakang satu ini menurut Elang adalah salah satu PR yang harus segera direvisi oleh Suzuki Indonesia, kurang mengalir sih.

Posisi knalpot terlihat punya GSX lebih jengat ke atas dari milik New R15, namun secara desain Elang lebih suka model R15.

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Dari atas, kita disuguhkan area cockpit dashboard yang punya tema berbeda. GSX terlihat mengaplikasikan dashboard berukuran mungil seperti game console PSP, sementara milik R15 terlihat lebih mewah dengan komposisi area cockpit terlihat lebih padat berisi.

Ketika melihat area tangki, disinilah kegantengan keduanya terlihat berbeda, tangki GSX terlihat lebih mungil dengan balutan plastik sedikit di bagian samping depan. Sementara punya R15 dibalut plastik total (kondom) dengan ukurannya yang cukup besar ditambah desain sirip-sirip menambah kesan big pada mini moge ini.

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Melirik ke sisi jok keduanya, punya R15 desainnya lebih lebar dan memiliki busa lebih empuk ketimbang GSX, Elang sudah wira wiri selama 4 hari bersama R15 cukup merasakan kenyamanan di area bokong. Untuk GSX joknya memang cenderung keras, nampaknya menjadi PR bagi setiap pemilik GSX series untuk modifikasi ke tukang jok.

Posisi riding keduanya juga punya perbedaan yang signifikan sob walau sama-sama mengusung setang model under yoke. Bagi Elang yang punya tinggi 165cm menjangkau kedua setang GSX lebih mudah dan cenderung lebih nyaman, alamat enak buat pecicilan dengan motor seramping ini. Berbeda dengan R15, motor ini punya jarak antara jok dengan setang cukup jauh sehingga Elang harus membungkuk maksimal untuk meraih kedua setang, riding positionnya persis ketika membawa CBR250RR beberapa waktu lalu. Nampaknya R15 akan lebih klik dengan postur badan yang lebih tinggi 170cm ke atas sob.

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Melihat ke sektor bawah, fokus pertama langsung ke urusan kaki-kaki, hal yang eye catching adalah arm belakang keduanya yang sama sekali berbeda, All New R15 V3 dengan arm aluminium model banana terlihat jauh lebih gagah dikombinasikan ban tapak lebarnya. Sementara arm Suzuki GSX-R150 gak neko-neko tetap mengusung arm model kotak biasa.

Wis, Elang gak akan banyak ulas lagi, monggo dinikmati langsung aja foto-foto komparasi fisik keduanya sob.

Semoga berguna.

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150

Komparasi fisik All New R15 V3 vs Suzuki GSX-R150


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

7 comments

  1. R15 Mantap vs GSX juga mantap

    Tapi ane tetap memilih R15 yang guanteng maksimal dikelasnya saat ini. R15 buat nongkrong bareng kelas 250cc ngak terlalu kebanting kalau kecapatan ya r15 maupun gsx ngak mampu nandingin 250cc 1 silinder apalagi yang 2 silinder pasti ditingal jauh.

    Namanya beli motor lebih banyak buat rutinitas dan kongkow kongkow ngak bakal ngebut setiap saat jadi jelas ini alasan ane ambil R15 yang paling guantengg.

  2. desain gsx
    lebih orisinil
    simple aerodinamis
    khusus lampu depan
    desainnya unik

    kekurangan
    pada arm kotak
    ketebalan jok

    r15
    jok tebal
    arm banana

    kekurangan
    desain tdk orisinil
    mirip cbr600
    sektor mesin

  3. posisi knalpot gsx lbh jengat kan ngikutin kontur body belakang yg nungging,klo gak njengat coba liat dari samping kan wagu jadinya kyk r15 v3 knalpotnya gak ngikut kontur body belakang,hanya pengamatan saya saja,hehehee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *