[Posisi Riding] Posisi kaki-kaki saat berkendara sepeda motor

Posisi Riding
ilustrasi from motorcycledaily.com

Halo Bikers, kita lanjut seri artikel safety riding. Setelah pandangan sudah, posisi tangan dan jari-jari sudah kita coba turun ke posisi kaki-kaki seperti apa idealnya dalam membawa sepeda motor.

Posisi yang ideal dan benar adalah kaki-kaki mengempit masuk ke dalam dengan menjepit ujung jok dan sejajar dengan fairing untuk motor bebek dan matic. Untuk motor sport posisi kaki sama mengempit ke dalam menjepit tangki motor.

Apa sih manfaat posisi kaki mengempit ketika berkendara? Pertama untuk mendapatkan keseimbangan maksimal karena dengan kaki menjepit motor, distribusi bobot motor dan pengendara menjadi menyatu. Masih banyak di antara pengendara yang hobi membuka-buka kakinya (ngangkang) salah satu alasannya biar adem πŸ˜€ Padahal dengan sikap begini keseimbangan bermotor menjadi berkurang drastis.

Kedua dengan posisi kaki mengempit sejajar dengan fairing, tidak mengganggu aerodinamis dari fairing yang sudah diciptakan pabrik untuk membelah angin.

Jadi yang benar postur dalam membawa motor adalah tangan dibuka siku, kaki dikempit ke dalam, bukan terbalik, tangan masuk ke dalam kaki terbuka πŸ™‚

Khusus untuk motor matic yang memiliki dek, posisikan salah satu kaki maju ke depan tidak sejajar. Posisi ini sebagai kuda-kuda kita dalam berkendara, antisipasi jika terjadi aktivitas pengereman mendadak pengendara memiliki kuda-kuda yang kuat untuk menahan bobotnya.

Terakhir masih berkaitan dengan posisi riding, posisi duduk bagaimana? Sikap badan adalah duduk relax tidak terlalu bungkuk atau tidak terlalu tegak. Patokannya adalah taruh kedua pergelangan tanganΒ  bagian dalam ke handle setang, lalu atur posisi duduk senyaman mungkin, rasakan distribusi bobot anda bertumpu pada otot perut atau (maaf) bokong, setelah itu tarik kedua tangan membentuk siku “V” layaknya memegang motocross atau sikap sombong.

Jika posisi duduk dan posisi riding keseluruhan anda sudah benar, kenyamanan dalam berkendara akan bisa dirasakan. Monggo coba dipraktikan, semoga bermanfaat.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Satu pemikiran pada “[Posisi Riding] Posisi kaki-kaki saat berkendara sepeda motor”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: