Review Shock Bitubo di Vespa Primavera milik bro Saranto

Shock Bitubo di Vespa Primavera

Halo Biker, sobat sekalian melanjutkan upgrade sticker di posting sebelumnya, soal kaki-kaki Vespa Primavera juga di upgrade dengan menggunakan shock Bitubo. Shock ini sebetulnya dikenal dengan kerasnya, mungkin karena Bitubo lebih dikenal dengan produsen shock untuk racing, apakah di Vespa sama?

Shock standard Vespa Primavera sendiri sebetulnya sudah cukup baik, namun ketika masuk lobang kadangkala terasa kemampuan reboundnya agak lambat, sehingga shock terasa seperti mati. Karena alasan itulah perlu dilakukan upgrade penggantian shock depan dan belakang.

Shock Bitubo di Vespa Primavera

Sulitnya memang untuk shock tidak ada ukuran yang jelas, lain seperti membeli knalpot, ada data terukur peningkatan HP, sampai bunyinya pun kita bisa dengarkan dari video. Tapi untuk membeli shock seperti untung-untungan, kalau googling, hasil penggunaan sangat normatif “enak”, “keras”, “empuk”. Karena tidak terukur tentu sulit, empuk, keras, enak menurut si penulis tentu belum tentu akan dirasakan orang lain kan? Tapi karena semakin menggangu, maka akhirnya diputuskan untuk mengganti shock standar. Paling tidak Bitubo punya setelan preload dan rebound yang bisa disesuaikan.

Shock Bitubo di Vespa Primavera

Penggantian shock dilakukan di bengkel Performa Tomang, oleh Leo owner Performa. Bengkel ini adalah bengkel langganan bro arantan sejak dari jaman CBR club dari tahun 2007, hampir semua motor arantan di upgrade dan di maintain oleh Leo.

Setelah digunakan memang bantingan terasa improvement jauh dibanding shock standard, jauh sekali sampai terasa mirip naik mobil, kondisi jalan bisa tidak terasa, tapi …

Shock Bitubo di Vespa Primavera

Ketika naik dan turun ramp yang terbuat dari beton kasar, bagian belakang Vespa terasa bouncy, melenting-lenting. Cara menyetel shock belakang ternyata sangat mudah, cukup dengan memutar batang shock untuk setting preload. Setting depan tidak di rubah, karena sudah terasa nyaman.

Saat ini sudah 2 minggu sejak penggantian shock dengan rute dalam kota, hasilnya memang jauh improve lah. Kalau bagi saya Bitubo terasa mantap, empuk, nempel, pas lah.

1 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Problem di Vespa Primavera | ElangJalanan.NET

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*