Beranda Touring Sebulan Perjalanan Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia

Sebulan Perjalanan Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia

0

ElangJalanan.NET – Halo sobat biker, perjalanan keliling Indonesia yang dilakukan oleh bikers Adnan Photology, kini sudah berlangsung selama satu bulan dan sudah menjajaki 4 tugu khatulistiwa yang ada di Pulau Sumatera. Perjalanan Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia yang dilakukan oleh Adnan Photology mempunyai misi salah satunya adalah menjajaki 12 tugu Khatulistiwa yang ada di Indonesia.

Tugu Khatulistiwa pertama yang di singgahi berada di Koto Alam yang letaknya sekitar 30 menit dari kelok 9 payakumbuh mengarah ke perbatasan antara Sumatera Barat dan Riau.  Adnan Photology singgah di tugu ini pada tanggal 4 September 2021. 

Untuk tugu Khatulistiwa kedua, ketiga dan keempat disinggahi di hari yang sama yaitu pada tanggal 7 September 2021. Tugu Khatulistiwa yang di singgahi adalah Tugu Khatulistiwa Bonjol Pasaman, Tugu Khatulistiwa  Kinali Pasaman Barat dan Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak Pasaman Barat. Untuk tiba di Tugu Khatulistiwa Bonjol memerlukan waktu sekitar dua jam dari Bukittinggi melintasi jalur lintas Bukittinggi – Padang Sidempuan. Untuk tiba di Tugu Khatulistiwa Kinali dari Bonjol memerlukan waktu sekitar satu setengah jam melintasi pedesaan dan menembus jalur lintas barat Sumatera, sementara untuk tiba di Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak memerlukan waktu 40 menit dari Kinali dengan melintasi jalur pedesaan dan perkebunan sawit menuju pantai Sasak.

 

Dari ketiga tugu Khatulistiwa yang Adnan Photology singgahi pada 7 September 2021 ini, dua diantaranya sudah tidak terurus lagi. Salah salah satu yang sudah rusak adalah Tugu Khatulistiwa Pantai Sasak yang sudah dipenuhi dengan rumput-rumput liar, padahal monumen ini bisa menjadi salah satu tujuan pariwisata selain keindahan Pantai Sasak. 

Sementara pada saat di Tugu Khatulistiwa Bonjol, Adnan Photology bertemu dengan Ibu Afnita selaku Camat Bonjol dimana pada saat itu sedang ada kegiatan peliputan dari TVRI Sumbar dan dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Bapak Sabar. Ibu Afnita bercerita ” bahwa sebentar lagi area tugu Khatulistiwa Bonjol akan direnovasi dan dipercantik lagi, agar masyarakat semakin tertarik untuk datang ke Bonjol, selain tugu Khatulistiwa juga terdapat museum Tuanku Imam Bonjol yang menjadi salah satu wisata sejarah di tempat ini “.

Setelah ini Adnan Photology akan menggunjungi Pulau Nias dan mengeksplorasi keindahan alam dan budaya disana, lalu dilanjutkan menuju Danau Toba, Sabang dan nantinya akan mengunjungi tugu Khatulistiwa Indonesia yang kelima di Pekanbaru yang akan di singgahi pada bulan November 2021 nanti.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Managed by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here