Beranda Tips Ingin Mobil Lebih Irit Bahan Bakar? Ikuti Tipsnya Berikut

Ingin Mobil Lebih Irit Bahan Bakar? Ikuti Tipsnya Berikut

0
Suzuki United Motor Centre
Suzuki Ignis Mobil Irit

ElangJalanan.NET – Halo sobat biker, kali ini Elang ingin share soal eco driving roda empat. Walau umumnya roda empat pastinya lebih boros dibanding roda dua namun dengan teknik berkendara yang tepat, bisa juga kok mobil mendapatkan konsumsi BBM yang efisien.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kendaraan irit bahan bakar yang bisa bikin kantong tebal? Salah satunya adalah mobil Suzuki New Ignis yang bisa sobat dapatkan di Suzuki United Motor Centre ini diklaim hanya perlu 1 liter untuk menempuh jarak 23,5. Wih irit pol kalau segini mah

Sebenarnya bukan hanya dari jenis mobil yang sudah menggunakan mesin irit bbm saja, tetapi cara berkendara juga sangat mempengaruhi. Meskipun sobat sudah menggunakan mobil yang hemat bahan bakar, jika gaya berkendara ugal-ugalan tentu saja akan boros.

Menanggapi banyak keluhan masyarakat akan borosnya bahan bakar dari kendaraan roda empat kesayangan, sebaiknya ubah kebiasaan berkendara dengan tips berikut ini.

Tips Mengendarai Mobil agar Irit Bahan Bakar

Bukan hanya masalah kendaraan pribadi saja yang sering jadi perhatian tetapi juga kendaraan niaga. Contohnya saja mobil pick up yang sehari-hari digunakan untuk mengangkut barang dagangan.

Jika dari mobilnya sendiri sudah boros bahan bakar tentu akan mempengaruhi pengeluaran dalam usaha. Supaya mobil sobat tidak boros lagi baik itu mobil pribadi atau niaga, ikuti beberapa tipsnya berikut.

1. Penggunaan Jenis Ban yang Tepat

Khusus bagi kendaraan niaga, ban jadi bagian sangat vital untuk menghemat bahan bakar. Ban yang tepat seperti jenis radial tipe tubeless yang tidak memerlukan ban dalam sehingga beratnya lebih ringan.

Dampaknya adalah tenaga dari mesin untuk memutar ban jauh lebih ringan. Selain itu pola telapak ban juga harus disesuaikan dengan jenis medan yang sering ditempuh. Jenis ban yang direkomendasikan adalah tipe Lug karena traksinya lebih baik.

Jangan lupa setiap sebelum berkendara kondisi angin pada ban harus selalu dicek. Ban yang kempes hanya akan menuntut mesin bekerja keras sehingga boros bbm.

2. Perhatikan Akselerasi saat Berkendara

Akselerasi yang tidak beraturan seperti sering mendadak menginjak gas dan rem hanya akan membuat konsumsi bahan bakar semakin tinggi. Oleh karena itulah ketika sobat berkendara secara ugal-ugalan maka bahan bakar akan semakin boros.

Perbaiki cara berkendara dengan terus mempertahankan kecepatan dan menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Kemudian naikkan kecepatan secara perlahan. sobat bisa mengganti gigi pada saat posisi torsi tinggi yaitu di bawah 3.000 rpm.

3. Membatasi Kapasitas Barang Bawaan

Setiap mobil memiliki kapasitas barang berbeda-beda. Kebanyakan pemilik usaha sering mengabaikan hal ini kemudian menambahkan lebih banyak beban pada mobil niaganya. Begitu juga ketika sobat sedang mudik dan ingin membawa barang lebih banyak.

Jika barang melebihi kapasitas dari kemampuan mobil maka yang terjadi adalah putaran fisik dari ban terhambat. Oleh karena itulah mesin akan bekerja keras untuk memutar kaki-kaki mobil. Akibatnya bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak, mobil pun jadi boros.

4. Matikan Mesin saat Berhenti Lama

Tak perlu menyalakan mobil ketika sobat akan berhenti dalam waktu yang lama. Apalagi sambil menyalakan ac. Tentu saja bahan bakar akan tetap terbuang ketika mobil dalam posisi idle.

Sama halnya ketika sobat memanaskan mobil dalam waktu lebih dari 15 menit yang hanya akan menimbulkan polusi udara. Pastikan sobat mematikan mesin ketika berhenti, khususnya dalam waktu lama lebih dari 5 menit.

5. Perhatikan Cara Penggunaan AC Mobil

Ac dalam mobil diciptakan supaya ruang kabin jadi terasa sejuk ketika sobat berkendara di siang atau malam hari. Hanya saja penggunaan ac ini juga harus dikendalikan dengan sewajarnya.

Menyalakan ac ketika cuaca benar-benar panas dan atur suhunya agar menyala stsobatr. Jangan memaksakan ac terus menyala dengan suhu paling rendah terlalu lama karena hanya akan membuat bahan bakar terbuang banyak.

Apalagi ketika sobat melewati medan yang menanjak, seringkali mesin mobil tidak akan kuat berjalan. Lebih baik matikan ac jika cuaca tidak terlalu panas dan buka jendela, mobil pun akan lebih kuat melewati jalan tanjakan.

Tips terakhir adalah selalu memastikan mobil diservis dengan rutin di Suzuki United Motor Centre. Mobil sobat akan mendapatkan perawatan langsung dari teknisi profesional. Selain itu sobat bisa bebas antrian servis dengan mendaftar terlebih dahulu di suzukiumc.co.id.

Mobil yang dalam kondisi prima akan lebih hemat bahan bakar. Jadi pastikan sobat tidak pernah terlambat servis mobil.

Semoga Bermanfaat Sob 🙂

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Managed by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here