Beranda Safety Riding Berapa Batas Kecepatan Aman di Jalan Raya?

Berapa Batas Kecepatan Aman di Jalan Raya?

0
Batas Kecepatan Aman di Jalan
Batas Kecepatan Aman di Jalan

ElangJalanan.NET – Bismillah, di penghujung tahun 2020 ini puncak musim liburan sudah keliatan walau masih dalam suasana penerapan protokol kesehatan.

Dalam tema liburan ini Elang coba menulis masalah keselamatan berlalu lintas, karena biasanya saat-saat puncak musim liburan selalu saja dibarengi dengan data-data meningkatnya angka kecelakaan dibanding hari biasa.

Sebelum berangkat, pastinya baik pengguna mobil maupun kendaraan roda dua sudah mempersiapkan kendaraannya untuk siap diajak perjalanan jauh. Step-step inspeksi kendaraan mulai dari cek kondisi ban dan piranti pengereman, cek oli dan kalau perlu sudah melakukan service rutin.

Kendaraan sudah OK, lanjut ke pengemudinya pastikan dalam kondisi fit untuk siap melakukan perjalanan baik jarak sedang maupun jauh. Jika sakit apalagi dalam kondisi sekarang ini pengamanan Covid19 lagi ketat-ketatnya lebih baik putuskan dirumah aja jika berencana keluar kota.

Balik lagi ke judul artikel, saat di jalan berapa sih batas kecepatan yang aman biar fokus ke jalan tetap terjaga? Simpelnya adalah samakan atau atur ritme kecepatan menyesuaikan kecepatan sekitar.

Makanya di sepanjang jalan ada rambu-rambu batas kecepatan yang dipasang untuk dipatuhi pengguna jalan.

Disini Elang cuma mau sharing dari kebiasaan riding santai selama ngurir di jalanan. Kalau di motor kecepatan aman dan terkendali ada di range 40 – 60kpj. Bagi pengguna mobil yang baru beralih ke sepeda motor jaga kecepatan di range ini fokus terhadap antisipadi bahaya di jalanan akan lebih mudah gak butuh effort.

Batas Kecepatan Aman di Jalan
Batas Kecepatan Aman di Tol

Sedangkan untuk mobil, khususnya dalam konteks di jalan tol, range kecepatan aman adalah di 60 – 80 kpj. Walau dalam praktiknya di jalan tol dalam kota banyak yang suka lari 100kpj namun kembali lagi ini sebagai patokan aman, bagi pengguna motor yang baru beralih ke roda empat khususnya di tol, cukup jaga kecepatan di range ini untuk memudahkan fokus terhadap bahaya di jalanan.

Last, sebagai tambahan, selain jaga batas kecepatan aman selalu upayakan gunakan pandangan jauh kedepan setiap berkendara. Selalu fokus dengan sekeliling spot jalan jangan multi tasking sambil main HP saat berkendara.

Safe ride..

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here