Beranda Opini Ngeyel Ogah Pakai Masker atau Helm? Itu Kembali ke Kebiasaan

Ngeyel Ogah Pakai Masker atau Helm? Itu Kembali ke Kebiasaan

3
Ngeyel Pakai Masker

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, ada catatan tersendiri saat Elang mengamati kondisi di masa-masa awal PSBB wilayah beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah anjuran untuk menggunakan masker saat keluar rumah.

Entah kenapa pemandangan di sekitar masih jauh dari yang semestinya sesuai anjuran. Masih banyak masyarakat yang acuh keluar rumah tanpa memakai masker. Padahal ini adalah sebagai salah satu ikhtiar guna melindungi diri dari penyebaran wabah penyakit.

Di lain sisi ada juga pemandangan yang tetap kontras di jalanan khususnya pemotor, ada yang sudah pakai masker namun kenapa helm gak dipakai?

Sampai disini Elang pun berpikir, perkara pakai helm ataupun pakai masker di masa-masa pandemi begini kembali bagaimana ke kebiasaanya selama ini. Kalau awalnya sudah terbiasa gak pakai helm, disuruh pakai helm pasti rasanya macam-macam, mulai dari gerah, pengap, gatel, dan sebagainya.

Begitu juga ketika diminta untuk anjuran memakai masker, banyak alasan mulai dari enggap, sesak nafas atau gerah kalau awalnya gak terbiasa.

Ngeyel Pakai Masker
Pakai Masker saat keluar rumah

Melalui tulisan ini Elang cuma ingin berpesan bahwa nampaknya pandemi ini entah kapan akan berakhir, namun di fase-fase kehidupan kita kedepan sepertinya kita akan memasuki fase New Normal. Entah akan ada perubahan kebijakan apa di tingkat pemerintahan namun kita sebagai rakyat mau tidak mau akan menjalankan sebuah fase New Normal ini.

Fase dimana kita harus menyesuaikan diri dengan kondisi dan keadaan yang semakin sulit, menjalankan kehidupan dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Seperti orang berkumpul sekarang cukup melalui sarana virtual meeting, dsb.

Review Pemakaian Honda ADV150
Impresi Kenikmatan Berkendara saat Touring ada di ADV

Nah kembali ke judul, nampaknya sobat yang belum terbiasa dengan penggunaan masker termasuk juga helm saat berkendara cobalah dilatih hal baru ini menjadi kebiasaan. Nantinya bisa karena terbiasa, nyaman karena sudah terbiasa.

Seperti halnya Elang sebagai sharing, karena sudah jadi kebiasaan sejak lama naik motor sekedar ke minimarket di dalam komplek pun entah kenapa gak canggung untuk pakai helm full face. Padahal jarak rumah ke minimarket hanya ratusan meter, cuma beda blok.

Bisa jadi temen Elang atau bahkan tetangga memandang aneh ini mau kemana rapi bener, padahal cuman mau ke minimarket di komplek, pake jaket dan helm full face. Namun ya itu karena sudah menjadi kebiasaan lama, berkendara dengan gear lengkap kemanapun terasa ringan dilakoni. Gak ada lagi keluhan sumuk, panas atau engap pakai helm full face.

Begitu juga dengan budaya pakai masker, karena setiap riding sudah terbiasa menggunakan masker, maka ketika ada anjuran pakai masker keluar rumah ya gak ada rasa berat untuk mengikuti aturan tersebut, lah wong udah terbiasa maskeran di motor dan nyaman pula.

So siap menghadapi fase New Normal kehidupan di depan, yuk kita mulai membiasakan satu kebiasaan baru yang positif, gak hanya soal pakai masker di masa pandemi begini, tapi juga kesadaran pakai helm tiap naik motor kemanapun walau jarak hanya sejengkal.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

3 KOMENTAR

  1. Sejak sebelum ada COVID-19, saya sdh terbiasa pake helm full face dan masker..
    Jadi kalau saat ini protokol kesehatan seperti ini ya sdh ndak kaget lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here