Beranda Tips Lagi Social Distancing, Iseng DIY Pasang Bracket SHAD ADV 150 di Rumah

Lagi Social Distancing, Iseng DIY Pasang Bracket SHAD ADV 150 di Rumah

6
Pasang Bracket SHAD
Pasang Bracket SHAD

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, di saat weekend gini biasanya paling asyik main motoran ke daerah-daerah sejuk ala sunmori. Tapi berhubung kondisi saat ini lagi menjamur wabah Covid-19 dan adanya anjuran social distancing dengan tetap tinggal dirumah kecuali perlu banget maka weekend ini Elang isi dengan aktivitas bongkar-bongkar motor kesayangan.

Kebetulan di rumah ada bracket SHAD yang Elang beli dari bro Andi Firmansyah, karena waktunya lowong Elang coba bongkar bracket Kucay sebelumnya yang rencananya waktu itu buat dipakai sementara. Kenapa bracket Kucay diganti? Alasannya adalah karena space buat pembonceng terlalu sempit ketika baseplat dikencangi 4 baut.

Pasang Bracket SHAD
Pasang Bracket SHAD

Alhasil agar space pembonceng bisa legaan dikit, baseplat kudu dimundurin dan hasilnya baseplat gak bisa dikencangi 4 baut, hanya 2 baut saja. Waktu itu karena mepet besoknya pengen dipakai jarak jauh touring Jogja, baseplat Elang kencangi sisanya dengan kabel ties. Sebetulnya dengan tambahan kabel ties ini sudah cukup kuat namun kan kabel ties ini punya umur, bisa rapuh dan getas.

Pasang Bracket SHAD

Oke langsung aja Elang eksekusi bareng nyonya buat bongkar dan pasang bracket SHAD ke Linea. Bracket lama dibuka dulu keempat bautnya menggunakan kunci T, bautnya ini adalah baut bawaan punya ADV.

Setelah bracket lama dilepas, Elang mulai pasang bracket SHAD. Sebagai informasi bracket SHAD ini dibikin benar-benar mengikuti bentuk ADV 150 sehingga gak heran hasilnya terlihat rapi dan presisi. Selain itu tipe bracket ini memungkinkan grip pegangan bawaan ADV tetap bisa terpasang manis di motor.

Pasang Bracket SHAD

Bracket SHAD ini modelnya tidak berbentuk utuh plug n play langsung baut, tapi ada 4 plat sambungan yang terlebih dahulu dibaut ke body ADV. Nah karena pengerjaannya agak ribet kalau sendirian, Elang minta tolong istri untuk pegangi sisi-sisi lainnya saat pemasangan biar resiko breket jatuh atau bergerak mengenai body samping motor, sayang kalau sampai lecet 🙂

Ohya keempat plat sambungan tadi berbeda ukuran sob, yang ukuran lebih kecil untuk posisi di depan dan yang besar di posisi belakang.

Pasang Bracket SHAD

Cara pemasangannya yang pertama adalah pemasangan 4 plat sambungan terlebih dahulu, kerjakan satu sisi terlebih dahulu baru sisi lainnya. Saat pemasangan plat sambungan, jangan lupa grip bawaan ADV ikut dipasang dengan cara dibaut bersamaan dengan plat sambungan, baut gak usah dikencangi dulu sampai disini.

Pasang Bracket SHAD

Setelah plat sambungan kesemuanya terpasang berikut grip handle ADV, barulah pasang bracket SHAD ke dudukan plat sambungan. Saat pengerjaan ini butuh bantuan istri untuk memegang sisi sebelahnya agar bracket tidak mengenai body motor.

Setelah 4 baut terpasang semua di bracket, barulah kencangkan semua baut dengan kunci L. Selanjutnya baru kencangkan kembali semua baut di plat sambungan yang ke body motor. Sampai disini sudah selesai tinggal langkah selanjutnya memasang baseplat.

Pasang Bracket SHAD

Seperti Elang katakan di atas, bracket ini didesain khusus untuk ADV 150, jadi untuk pemasangan baseplatnya sangat mudah langsung plug n play. Gunakan baut-baut yang disediakan dari paket pembelian top box SHAD. Kencangkan dengan 4 posisi baut terluar agar kuat, jangan lupa tutup kembali cover baseplat agar rapi.

Semoga bermanfaat.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

6 KOMENTAR

  1. Mongstor yang keren..tp karena kemahalan (menurut saya pribadi) akhirnya beli merk sebelah..hehehe..
    Mas Elang, btw Jup MXnya wis di dol atau masih nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here