Beranda Destinasi Wisata 6 Tips Sebelum Berkunjung ke Tempat Study Tour di Lembang

6 Tips Sebelum Berkunjung ke Tempat Study Tour di Lembang

4
Tempat Study Tour di Lembang
Tempat Study Tour di Lembang

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, Bandung, khususnya di kawasan Lembang, memiliki destinasi wisata edukasi yang sering dikunjungi anak-anak sekolah dalam rangka kegiatan study tour. Ada banyak pilihan tempat study tour di Lembang, mulai wisata seni dan budaya, wisata science dan teknologi, wisata alam, hingga wahana wisata.

Namun, sebelum sobat memilih salah satu tempat study tour favorit di Lembang, ada baiknya sobat memperhatikan 6 tips penting berikut ini. Tujuannya, agar kegiatan study tour tidak hanya sebagai sarana pembelajaran namun juga sebagai sarana refreshing.

1. Memilih Tempat Study Tour

Memilih tempat merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan study tour. Kegiatan sekolah ini menggabungkan unsur edukasi dan rekreasi, sehingga pihak sekolah harus benar-benar memilih tempat study tour yang tepat.

Ada beberapa pilihan tempat wisata edukasi di Lembang yang kini menjadi tempat favorit para guru dan anak didik. Misalnya, Bosscha ITB sebagai pusat pendidikan astronomi di Indonesia. Ada lagi, Farm House Susu di Lembang, Gunung Tangkuban Perahu, Kebun Begonia, dan lain-lain.

Tempat Study Tour di Lembang
Gunung Tangkuban Perahu

2. Memenuhi Unsur Edukasi dan Rekreasi

Pertimbangan dipilihnya tempat ini, karena menenuhi dua unsur tersebut, yakni bisa sebagai tempat untuk mempelajari sesuatu ilmu dan pengetahuan (edukasi) dan sekaligus sebagai tempat untuk berlibur bersama (rekreasi).

Di Gunung Tangkuban Perahu, misalnya, anak didik bisa menikmati indahnya alam di sekitar gunung. Sekaligus siswa bisa melihat kawah serta mengukur tingkat pH tanah, dan sebagainya. Bisa juga mempelajari cerita legenda Sangkuriang.

Tempat Study Tour di Lembang
Wisata Tangkuban Perahu

3. Mudah Dijangkau Kendaraan Besar

Kegiatan study tour umumnya melibatnya rombongan dalam jumlah besar. Sehingga memerlukan kendaraan besar, seperti bis, untuk membawa mereka ke tempat tujuan.

Jadi, sebelum memilih tempat rekreasi edukasi di Lembang, yang perlu dipertimbangkan adalah akses jalan menuju tempat rekreasi, apakah mudah dilewati kendaraan bis.

Bosscha ITB
Paket Study Tour Bosscha ITB

4. Punya Lahan Parkir Luas

Sebelum melakukan kegiatan study tour di suatu obyek wisata, biasanya pihak panitia akan melakukan survey lokasi. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah kondisi parkir obyek wisata.

Karena yang akan dipakai adalah kendaraan bis maka harus dicari wisata edukasi yang punya lahan parkir luas. Selain lahannya luas, jarak dari tempat parkir ke tempat wisata juga tidak terlalu jauh untuk efisiensi waktu dan menghindari siswa kelelahan.

Baca juga: Short Touring ke Lembang by MX Strada

Tempat Study Tour di Lembang
Wisata Taman Begonia

5. Merencanakan Perjalanan dengan Matang

Merencanakan perjalanan (itinerary) secara matang juga menjadi salah satu hal penting demi suksesnya kegiatan study tour. Untuk kegiatan study tour di Lembang, Bandung, ada banyak pilihan paket Jelajah Bandung, antara lain:

  • Paket 1: The Lodge Maribaya – Floating Market – The Ranch – Oleh-oleh Khas Bandung
  • Paket 2: Farm House – The Ranch – Kebun Bunga Begonia – Oleh-Oleh Khas Bandung
  • Paket 3: Dusun Bambu – The Ranch – Kebun Bunga Begonia – Oleh-Oleh Khas Bandung
  • Paket 4: The Ranch – The Lodge Maribaya – Kebun Bunga Begonia – Oleh-Oleh Khas Bandung

6. Sewa Bus Secara Online

Saat ini hampir semua booking transportasi bisa dilakukan secara online. Untuk mempermudah proses, carilah jasa sewa kendaraan yang bisa dipesan melalui online. Pastikan pula perusahaan rental yang dipesan itu mudah diakses dan memiliki jaringan luas, sistem dan teknologinya teruji, memiliki jaminan proteksi dan layanan prima, serta ada layanan pelanggan 24 jam.

Di Bandung, saat ini banyak agen bis pariwisata yang menawarkan jasanya untuk kegiatan wisata di Kota Kembang. Kamu dapat memilih Sewa Bus Bandung dari TRAC Bus untuk bisa menikmati tempat study tour di Lembang. Di jasa sewa bus ini, terdapat Paket Wisata TRAC Bus Service yang menawarkan harga promo mulai Rp 380.000,00/pax. Tertarik?

Tempat Study Tour di Lembang
Sewa TRAC Bus

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here