Beranda Tips Tips Menghidupkan Smartkey Honda Tanpa Remote dalam Kondisi Darurat

Tips Menghidupkan Smartkey Honda Tanpa Remote dalam Kondisi Darurat

12
Menghidupkan Smartkey Honda Tanpa Remote
Menghidupkan Smartkey Honda Tanpa Remote

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, tidak dipungkiri lagi saat ini fitur Smart Key atau lebih dikenal keyless kini menjadi sebuah kebutuhan tidak lagi sekedar gaya-gayaan. Fitur ini memberi rasa aman dan nyaman terhadap motor kesayangan dari potensi kehilangan oleh tangan-tangan jahil sekaligus lebih praktis dalam penggunaan karena tanpa anak kunci.

Namun kadang fitur yang tadinya harusnya memudahkan malah menjadi masalah ketika pengguna kurang apik atau ceroboh dalam pemakaian. Nah di artikel kali ini Elang ingin berbagi tips darurat bagaimana seandainya remote smart key motor Honda hilang ditengah perjalanan. Bagaimana cara menghidupkan kontak smartkey tanpa menggunakan remote?

Dalam kondisi darurat seperti ini ada 3 penyelamat yang bisa menghidupkan motormu, yang pertama ada kunci darurat pembuka jok dan nomor ID smartkey motor. Karena itu bagi sobat pemilik motor yang sudah menggunakan smartkey ada baiknya nomor ID difoto atau tag ID dibawah terpisah dari remote.

Alat lainnya yang diperlukan adalah EM mode coupler yang tersedia di tool kit.

Jika ketiga alat darurat tersebut sudah ditangan, monggo ikuti langkah-langkah menghidupkan motormu tanpa remote keyless.

Kunci jok dapat dibuka menggunakan kunci darurat

  1. Lepaskan cover penutup kunci darurat pembuka jok di bagian depan (dekat knob smartkey)
  2. Tepatkan tonjolan pada kunci darurat dengan celah pada pembuka jok darurat. Putar kunci darurat berlawanan arah jarum jam
  3. Buka jok dan putar kunci darurat kembali searah jarum jam

Setelah jok terbuka, kita mulai instalasi EM mode coupler.

  1. Lepaskan cover penutup aki (baterai)
  2. Tarik keluar konektor EM mode
  3. Lepaskan dummy coupler berwarna biru dengan melepas tab konektor EM mode sambil mengangkat kaitan dari dummy coupler berwarna biru
  4. Selanjutnya lihat nomor ID di tag ID milik sobat
  5. Hubungkan EM mode coupler yang tersedia di tool kit ke konektor EM mode.
Menghidupkan Smartkey Honda Tanpa Remote
Menghubungkan EM mode coupler ke EM mode

Lalu bagaimana cara memasukkan nomor ID ke sistem? Caranya adalah dengan menekan kunci kontak saat lampu kunci kontak menyala setelah EM mode coupler dicolok ke EM mode. Nomor ID diotentikasi sesuai dengan jumlah kunci kontak ditekan.

Penekanan kunci kontak ini bisa dilakukan saat knob dalam posisi Off, Lock atau SEAT/FUEL.

  1. Masukkan nomor ID di tag ID secara berurutan dari kiri secara bergiliran dengan menekan kunci kontak
  2. Tekan kunci kontak sesuai angka yang diinginkan dalam waktu 5 detik saat lampu kunci kontak menyala. Setelah 5 detik, lampu kunci kontak mati dan menyala lagi. Ini berarti nomor yang dimasukkan sudah tetap, dan sobat bisa memasukkan nomor selanjutnya.

Contoh:

  • Untuk memasukkan angka “0”, tunggu 5 detik tanpa menekan kunci kontak saat lampu kunci kontak menyala
  • Untuk memasukkan angka “2”, tekan kunci kontak 2 kali dalam waktu 5 detik saat lampu kunci kontak menyala.

Setelah nomor ID terakhir dimasukkan, lampu kunci kontak dan indikator Honda Smart key akan berkedip setiap 2 detik sampai EM mode coupler dilepas dari EM mode.

Pastikan EM mode coupler sudah dilepas dan kembalikan dummy coupler berwarna biru. Buzzer akan berbunyi 2 kali saat EM mode coupler dilepas. Kunci kontak lalu membuka, pasang kembali penutup aki dan putar kunci kontak ke posisi On dalam waktu 6 menit. Sampai langkah ini sobat sudah bisa menghidupkan mesin motor.

Kunci kontak akan mengunci otomatis saat kunci kontak berada di posisi SEAT/FUEL, Off atau Lock selama sekitar 5 menit setelah nomor ID berhasil dimasukkan.

Ketika Gagal Memasukkan Nomor ID

Ketika nomor ID terakhir dimasukkan, lampu kunci kontak dan indikator Honda Smart Key akan berkedip setiap detik sampai EM mode coupler dilepas, dan kunci kontak tidak dapat dibuka. Solusinya tarik keluar EM mode coupler dan hubungkan kembali konektor EM mode, dan ulangi prosedur pemasangan seperti awal, kemungkinan adalah salah input nomor ID.

Demikian tips mengaktifkan kunci kontak Smartkey Honda tanpa remote saat dalam kondisi darurat. Harap dimaklumi Elang tidak sertakan demo dalam bentuk video karena alasan konten sensitif soal keamanan motor sendiri 🙂 semoga bermanfaat.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

12 KOMENTAR

  1. Keyless bukan lagi gaya gayaan.. suka dengan istilahnya!
    Sudah seharusnya ada di tiap motor meskipun kelas entry level..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here