Engine Check di New NMAX Nyala Terus? Jangan Panik Lakukan Hal ini

Engine Check di New NMAX Nyala
Engine Check di New NMAX Nyala

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, kemarin di hari Senin yang mendung-mendung mesra teman-teman media dan Blogger diajak PT. YIMM menggelar sebuah workshop di Flagship Shop DDS Yamaha Cempaka Putih (03/2)

Pak Abidin selaku GM Aftersales & Motorsport membuka workshop ingin teman-teman media mengetahui lebih dekat soal sensor-sensor baru di All New Yamaha NMAX. Seperti sobat ketahui di New Nmax ini sudah mengaplikasikan sensor OBD2 (On-board diagnostic), dengan OBD2 ini segala status dan kode kerusakan bisa diperiksa lebih jelas dengan menggunakan Yamaha Diagnostic Tool (YDT).

Engine Check di New NMAX Nyala
Mesin Baru, Power Meningkat

Selain sensor OBD2, Elang juga tertarik menyimak saat pemaparan product knowledge khususnya di sektor performa New NMAX. Beberapa hal yang baru turut andil dalam peningkatan performa di versi terbaru ini antara lain:

  • diameter valve intake lebih besar menjadi 20.5 mm (Nmax lama 19.5 mm)
  • piston sama dengan YZF-R15 yang memiliki bentuk dome berbeda sehingga meningkatkan kompresi menjadi 11.6:1
  • box filter udara lebih besar menjadi 4.3 liter (Nmax lama 3.7 mm)
Engine Check di New NMAX Nyala
Rangka Baru New NMAX

Selain sektor mesin, ternyata New Nmax juga mengaplikasikan rangka baru, diklaim untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat untuk performa dan handling. Rangka di desain lebih rigid dan ringan.

Nah di sesi praktik kami diajak mempraktikan langsung mendiagnosa unit New NMAX menggunakan alat YDT. Elang pun langsung antusias ganti baju ala mekanik yang disediakan Yamaha sebelum memulai praktik.

Engine Check di New NMAX Nyala
Workshop All New Yamaha NMAX Media

Seperti sobat ikuti beberapa waktu lalu di sosmed, New Nmax ada yang mengalami Engine Check nyala terus dan ini terjadi di beberapa unit NMAX baru, tidak semua. Elang pun kepo itu karena apa sih dan bagaimana cara bengkel resmi menghilangkan kendala engine check nyala ini.

Dari pemaparan tim teknis yang telah berhasil menduplikasi error ini, diketahui ternyata penyebab lampu engine check nyala terus di New Nmax dikarenakan habit pengguna saat mematikan mesin menggunakan standar samping. Nah lho Elang termasuk kategori ini nih kalau mau masuk garasi rumah 😀

Engine Check di New NMAX Nyala
Workshop New NMAX Media

Jadi ini terjadi hanya di beberapa unit All New Yamaha NMAX, tidak di semua unit sob. Hal ini karena sensor CPS pada OBD2 New Nmax terlalu sensitif.

So gimana kalau sobat biker mendapatkan kendala seperti ini dimana engine check nyala terus padahal motor masih baru turun dari dealer? Dari penjelasan Pak Ridwan Arifin selaku Service Education PT YIMM, konsumen cukup bawa motor ke bengkel resmi Yamaha. Di bengkel, motor akan dikoneksikan ke alat YDT untuk diagnosa masalah. Setelah masalah terdeteksi, mekanik akan menghapus error engine check tersebut agar tidak kembali muncul di indikator dashboard.

Engine Check di New NMAX Nyala
Kode malfunction P0335 Crankshaft Position Sensor

“Masalah tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap mesin. Jadi mesin masih bisa nyala, masih bisa jalan normal, dan masih bisa digunakaan keadaan normal. Jadi engga usah khawatir, konsumen masih bisa ke bengkel resmi untuk dilakukan penghapusan. Setelah itu indikator akan normal kembali,” papar Ridwan Arifin menambahkan.

Dan yang paling penting, Yamaha menjamin konsumen tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk menghilangkan indikator engine check yang bermasalah ini, joss.

Engine Check di New NMAX Nyala
Workshop New NMAX Media & Blogger

Nah dari workshop kemarin sebagai gambaran untuk pembaca atau konsumen New Nmax nanti, berikut adalah step-step menghilangkan engine check nyala di New Nmax menggunakan Yamaha Diagnostic Tool (YDT)

Engine Check di New NMAX Nyala
Menghubungkan New NMAX dengan Yamaha Diagnostic Tool

Cara Menghilangkan Engine Check Nyala di New NMAX

  1. dalam kondisi kunci kontak off, hubungkan socket ECM ke YDT yang sudah terhubung ke laptop dan login
  2. kemudian ikuti instruksi di menu YDT, pertama sambungkan koneksi dengan menghidupkan kunci kontak
  3. setelah berhasil konek, isi data motor seperti jenis service, nama teknisi dan jarak tempuh sebelum melanjutkan
  4. setelah itu tab Pilih fungsi akan aktif, klik menu Diagnosa kerusakan
  5. maka akan muncul kode kerusakan atau malfunction di layar, kode yang mengacu ke masalah engine check nyala dalam kasus ini adalah muncul kode P0335 yakni Crankshaft position sensor.
  6. setelah muncul kode error P0335, kemudian klik Simpan, setelah itu bisa dipilih lalu Hapus item terpilih.
  7. ketika kode error P0335 berhasil dihapus maka lampu engine check di dashboard Nmax akan hilang
  8. selanjutnya koneksi YDT bisa diputus dan coba putar kunci kontak ON / OFF kembali untuk memastikan kendala Engine Check telah hilang.

Nah simpel kan, namun pertanyaannya apakah nanti setiap konsumen matiin mesin pakai standar samping kendala ini terulang kembali? Kalau dari pengamatan Elang kemarin di workshop harusnya gak kejadian lagi sob selama prosedur menghilangkan di YDTnya sudah benar. Karena kemarin unit dicoba matikan lagi menggunakan standar samping engine check tidak menyala, dalam artian kembali normal.

Untuk lebih jelasnya monggo tonton video vlog cara benerin Engine Check Nyala di New Nmax berikut, jangan lupa LIKE dan SUBSCRIBE Channel ELANG JALANAN 🙂

17 Komentar

  1. mantap dijabarkan masalah dan penyelesaiannya..
    tapi untuk pengerjaannya hanya bisa di Service resmi Yamaha ya, kan dia yg punya software Diagnose Tool-nya, hehe..

    • Sebenernya kalau prosedur hapus kode error malfunction cps di YDT bener urutan langkahnya gak akan muncul lg saat matiken mesin pake sss, setidaknya itu yg kmrn dipraktekin di tkp

1 Trackback / Pingback

  1. Diagnosa dan solusi kasus engine check NMAX sama nggak jelasnya seperti error #12 Aerox | Mengupas soal motor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*