Workshop Teknologi Honda ADV 150 by Wahana, Banyak Fitur dan Teknologi Tersembunyi Ternyata

Workshop Teknologi Honda ADV 150
Workshop Teknologi Honda ADV 150

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, Sabtu weekend lalu (14/12) Wahana gelar gathering tutup tahun bersama Blogger dan Vlogger Jakarta dimana agenda diisi dengan workshop teknologi. Sampai di lokasi Papabro Cafe Kemang, ternyata Honda ADV 150 menjadi menu bedah workshop teknologi, bagus deh kebetulan AHM melalui AHTC belum mengadakan event sejenis, itung-itung biar nambah khatam soal fitur dan teknis ADV.

Kalau versi Elang selama setahun ini, boleh dibilang motor Honda ADV 150 ini menjadi skutik of the year secara pribadi, pokoknya paket komplit. Dari mulai kesempatan world premier test ride Juli lalu, test harian pinjam unit milik Wahana, lalu ikut merasakan touring jarak jauh Jakarta – Dieng bareng Wahana. Gak sampai disitu experience bersama Honda ADV 150 semakin intens dengan kesempatan join dalam touring #GasKeHondaBikersDay2019 dari Dieng ke Ambarawa.

Workshop Wahana Bedah Teknologi ADV150
Workshop Wahana Bedah Teknologi ADV150

Nah dengan adanya ajang workshop teknologi Honda ADV 150 yang digelar Wahana kemarin, makin khatamlah soal ADV, ditambah Elang juga akhirnya meminang motor ini ke garasi. So Insyaallah dari itu semua Elang mau berbagi beberapa hal yang tersembunyi dari Honda ADV 150 ini, baik fitur maupun teknologinya sob.

Workshop wahana bedah teknologi adv150

Fitur Honda ADV 150

Secara fitur Honda ADV 150 tak pelak menjadi skutik paling kaya fitur dikelasnya sob. Dalam workshop kemarin tak kurang dari 14 fitur baru yang tersemat di skutik ini, berikut Elang coba list fitur-fitur yang ada.

Workshop Wahana Bedah Teknologi ADV150

  • 2 step adjustable wind screen, dengan ini kaca visor bisa diatur posisi ketingiannya hanya cukup dengan 2 tangan gak perlu alat sama sekali, keren
  • lampu sein terpisah, terlihat lebih sporty dengan aplikasi lampu LED yang manis
  • dual headlamp, menurut Elang desain headlamp LED bergaya sport ini ganteng banget mirip headlamp motor sport.
  • roda depan velg lebar, dibalut dengan ban dual purpose dengan profil lebar 110/90-14″
  • wave disc brake depan belakang, tak hanya manis di tampilan tapi juga menjaga performa pengereman tetap baik.
  • higher ground clearance, ADV 150 punya jarak terendah ke tanah yang paling tinggi dikelasnya 160mm euy, tak mudah gasruk polisi tidur dan jalanan yang gak rata.
  • mesin 150cc dengan setting ECM baru, filter udara baru dan desain muffler baru, yang paling terasa bagi pengguna adalah suara mesin lebih halus dan irit banget soal BBM.
  • roda belakang velg lebar dengan ban profil lebar ukuran 130/70-13″
  • muffler desain baru dibuat meninggi, membuat ADV tampil macho dan gagah
  • Sub Tank Rear Suspension, ini salah satu daya tarik dari ADV, tak hanya manis di tampilan tapi juga menunjang handling yang mantap saat bermanuver.
  • sporty rear fender dengan lampu sein terpisah, keren secara tampilan, minusnya paling saat hujan cipratan ban tak tercover sempurna jadi pengendara di belakang siap-siap kena cipratan 😀
  • separate speedometer, baru Elang temui di ADV model speedometer terpisah, terkesan mewah

Spesifikasi dan Teknologi Tersembunyi di ADV 150

Honda ADV 150 dibekali mesin 150cc eSP yang common dengan PCX 150 namun beda di mapping ECU. Mesin ini memiliki perbandingan kompresi 10,6:1 yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 14.5 PS/8.500 rpm dan torsi maksimum 13.8 Nm/6.500 rpm.

Berikut adalah kelebihan dari paket mesin 150cc eSP Honda ADV 150

  • ACG Starter, dengan komponen ini proses starter mesin jauh lebih senyap, ACG starter juga digunakan untuk fitur ISS (Idling Stop System)
  • Roller Roker Arm baru, di ADV komponen ini sudah lebih diperbaharui lagi sehingga minim gesekan dan berimbas ke irit bahan bakar.
  • Compact combustion chamber yang memberikan perbandingan kompresi tinggi untuk performa lebih tinggi
  • Spiny sleeve pada dinding silinder menjadikan penyeberan panas lebih merata di dinding silinder
  • Light weight piston, makin kesini bobot piston dibuat lebih ringan yang berimbas ke performa lebih tinggi
  • Higher rigidity for crankshaft
  • Breather structure, desain kantung-kantung air di blok mesin yang lebih disempurnakan
  • v-matic dengan w-cog belt, belt model gerigi dua sisi atas bawah yang membuat efisiensi penyaluran tenaga ke roda meningkat
  • desain transmission case baru yang memberikan sedikit tonjolan untuk menahan oli dari putaran gear sehingga gear terlumasi lebih sempurna

Selain hal di atas beberapa komponen juga ada peningkatan seperti ukuran throttle body sebesar 26mm dan lubang injector yang lebih kecil 0,139mm sehingga campuran udara bener-bener homogen.

Untuk sensor-sensor, selain sistem self-diagnostic yang ada, pada mesin 150cc eSP ADV 150 telah dilengkapi dengan DTC (Diagnostic Trouble Code), ada ketambahan 2 kode error yakni (57) Engine Coolant Over Temperature dan (91) Coil Ignition primary circuit malfunction

Selanjutnya di MIL indikator, pada model ini MIL akan menyala (ON) tanpa berkedip untuk memberitahukan kode kerusakan. Secara psikologi lampu berkedip akan mengganggu konsentrasi pengendara.

Fitur exterior ADV 150 lainnya

Salah satu fitur yang mencolok dari tampilan luar ADV adalah aplikasi setang fatbar yang bergaya macho. Kalau sobat perhatikan dengan seksama desain handlebar ADV ini mirip-mirip motor adventure, dengan diameter membesar di bagian tengah handle, membuat setang lebih kuat.

Untuk kestabilan bermanuver, ADV 150 dibekali dengan sub tank suspension di bagain belakang. Dengan model ini kinerja suspensi lebih responsif dan stabil saat kondisi miring atau menikung, karena oli dan udara terpisah sehingga performa suspensi tetap terjaga.

Untuk pengereman, skutik ini menyediakan 2 varian yakni ABS dan CBS. Untuk ABS (Anti-lock Braking System) masih 1 channel roda depan saja. Dengan fitur ABS mencegah roda depan terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Feel ABS di Honda ADV 150 ini termasuk halus sob bahkan gak terasa di jari saat ABS aktif, karena dalam 1 detik terjadi 10x kejutan di kaliper.

Sedangkan untuk fitur CBS masih banyak yang mungkin belum paham bahwa dengan cukup menarik tuas rem belakang, maka rem depan juga ikut mengerem dalam porsi lebih sedikit dari rem belakang, perbandingannya 30:70 antara depan belakang saat CBS diaktifkan.

Satu lagi fitur safety dari Honda ADV 150, namun baru ada di versi ABS yakni fitur Emergency Stop Signal (ESS). Fitur keamanan ini akan mengaktifkan lampu hazard berkedip lebih cepat dari biasanya untuk memberi peringatan ke pengendara di belakang saat kita mengalami pengereman mendadak.

Untuk dapat aktif, fitur ESS membutuhkan kondisi sebagai berikut:

– kecepatan lebih dari 56km/jam
– terjadi deselerasi secara cepat lebih dari 6m/s2 saat pengereman terjadi

Sebetulnya masih banyak lagi yang bisa disharing dari fitur dan teknologi ADV 150 ini sob, tapi artikel sudah kepanjangan hampir 1.000 kata takut pada bosen baca. Namun di lain kesempatan Elang akan coba share lebih ringkas dalam bentuk tematik saja.

Demikian sob sharing workshop teknologi Honda ADV 150 yang digelar Wahana Honda sebagai event penutup di penghujung tahun 2019 ini, semoga ada manfaatnya.

Workshop Teknologi Wahana ADV150

9 Komentar

  1. bisa di katakan ADV ini produk terbaik di kelas 150CC dari pabrikan sayap, kendati demikian,. ada satu fitur yanh menurut saya penting yakni parking brake lock yang ditiadakan,. andai honda niat,. harusnya mudah sih bikin fitur ini yang tentunya sistem mekanis, jangan hidrolis,

  2. Matic Honda yang bikin fallin in love at the first sight yaa ADV150.. di lihat dari sudut manapun motor ini cakep..!
    Dan jika sudah seperti itu maka bila ada minor2 dikit biasanya di maafken pak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*