Beranda Suzuki Kerennya Suzuki Saluto 125, Retro Scooter Rasa Vespa

Kerennya Suzuki Saluto 125, Retro Scooter Rasa Vespa

1

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, kali ini Elang mau ulas motor terbaru dari Suzuki nih yang beberapa hari ini lagi hot diobrolin. Ini dia Suzuki Saluto 125, temen-temen Blogger sampai-sampai pengen salto kalau scooter ini bisa masuk kesini 😀

Satu yang langsung tertancap saat liat penampakannya, wih keren ini mirip Vespa (Vespa 2 tak maksudnya). Kebetulan 8saat ini kaum milenial lagi menggandrungi aliran Vespa yang klasik-klasik, Suzuki Indonesia mestinya bisa manfaatkan momentum ini gak usah pake mikir.

Suzuki Saluto 125
Tampak depan Suzuki Saluto 125

Oke kita langsung aja kepoin motornya nih sob, yang jelas keren banget. Gurat desainnya kental banget desain scooter khas Eropa sampai-sampai kita gak percaya kalau ini scooter Jepang.

Positioning Saluto 125 kalau kita berkaca ke sesama Jepang nampaknya ingin mengganggu scooter Honda seperti SH125i atau Yamaha Filano. Jujur kalau dikomparasikan ketiganya jelas desainnya cakepan ini, daya tarik utamanya karena mirip Vespa abis jadi solusi bagi sobat yang ingin kembali ke era nostalgia bersama scooter Vespa.

Scooter terbaru Suzuki ini muncul saat pameran Taipei Motor Show 2019, Suzuki secara mengejutkan menghadirkan platform baru scooter retro dengan paduan desain gabungan Eropa, Jepang dan Taiwan.

Desain tebeng depan yang mengkotak namun cenderung lancip dengan headlamp tipis diselipi lampu DRL yang menyala saat engine ON, gile cakep abis.

Suzuki Saluto 125
Velg 12″ Suzuki Saluto 125

Suzuki Saluto 125 dibekali dengan ban berukuran rim 12″ berprofil lebar sehingga tampil padat di sektor kaki-kaki.

Melirik ke bagian speedometer, kita akan melihat sebuah kombinasi speedometer analog dan digital. Untuk speed ditunjukkan dengan jarum analog sementara untuk tampilan odometer serta indikator BBM ditunjukkan dengan tampilan digital, ini keren retro classic tapi ada sentuhan modern. Desainnya semakin mewah dengan sentuhan lapis chrome pada tepi speedometernya sob.

Suzuki Saluto 125
Speedometer Suzuki Saluto 125

Melirik ke area dek, Saluto menganut dek model rata yang desainnya bergaris vertikal mengingatkan akan dek Vespa jadul, yup memang Vespa banget sih scooter ini.

Gak hanya itu, desain body samping juga manis banget dengan siluet cekung kedalam hingga ke buritan. Grip handle belakang juga mengaplikasi model chrome yang menambah kesan klasik ditambah jok tebal berwarna coklat.

Suzuki Saluto 125
Body samping Suzuki Saluto 125

Cakepnya Suzuki Saluto 125 ini semakin lengkap dengan aplikasi lampu LED pada stoplampnya, lampu LED tampil manis di sekeliling stoplamp membentuk huruf U.

Untuk lampu-lampu sein, posisinya terpisah dari stoplamp ada di buritan body. Sementara untuk kaki-kaki, Saluto sudah dibekali dual suspension yang bisa diatur tingkat kekerasannya sob, weleh mantep.

Untuk fungsionalitas, Saluto tidak meninggalkan kodratnya sebagai sebuah scooter, bagasinya luas dikarenakan tangki BBM pindah ke depan.

Kerennya Suzuki Saluto 125

Walaupun mengusung tema retro classic, Saluto dibekali fitur modern kekinian, sebut aja smart key (keyless), power charger, dll.

Untuk sektor mesin, scooter ini menggunakan basis mesin Suzuki Swish 125 yang memiliki kubikasi murni 124cc SEP (Suzuki Eco Performance). Mesin ini mampu menghasilkan power maksimum 9.4 ps di 7.000 rpm dan torsi maksimum 10 Nm di 6.000 rpm. Dengan teknologi SEP Suzuki mengklaim Saluto sangat irit mampu meraih 51.1 km/liter.

Suzuki Saluto 125
Keyless Suzuki Saluto 125

Nah gimana kans untuk masuk ke tanah air scooter ini? Hm..untuk sementara model terbaru ini baru akan dipasarkan di Taiwan sob, dan infonya kedepan bakal dipasarkan global. Berharap scooter ini segera masuk Indonesia karena desain dan kapasitas mesin scooter ini masuk selera dan trend pengguna matic biker disini, apalagi Saluto membawa aura Vespa yang begitu kental, ini jadi salah satu selling point terkuatnya.

Last kita berharap di tahun 2020 (gak pake lama) Suzuki Motor Indonesia mau bener-bener mempertimbangkan merilis motor ini kesini. Ayo Suzuki bangkitkan nyalimu setelah di sepanjang 2019 ini nihil rilis motor baru.

Sumber Foto: Moto7

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here