Qooder Scooter Roda Empat Pertama, Bisa Stabil seperti Mobil dan Lincah seperti Motor

Qooder Scooter Roda Empat
Qooder Scooter Roda Empat

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, kemarin (13/12)adalah hari yang spesial karena Indonesia menjadi yang pertama untuk wilayah Asia Tenggara merilis scooter yang bener-bener beda! Elang menjadi saksi peluncuran perdana scooter dari brand Qooder yang dibawa oleh GForce Republic.

Sebagai perkenalan, Qooder adalah brand asal Swiss, kendaraan pertamanya dulu dikenal dengan nama Quadro dan kini berevolusi menjadi Qooder atau Quad Scooter, scooter dengan empat roda. Qooder dirakit di Taiwan dan didatangkan ke Indonesia secara utuh (CBU).

logo Qooder scooter
logo Qooder scooter

Kesan pertama melihat wujudnya, Elang bisa katakan ‘wow’ untuk desain dan teknologi yang diusung di scooter yang mengaplikasikan 4 roda berukuran rim 14″ ini. Yang paling heboh dari Qooder adalah teknologi suspensi HTS (Hydraulic Tilting System) dimana suspensi scooter ini sama sekali tidak menggunakan per, melainkan hidrolis memadukan oli dan udara.

Fitur HTS (Hydraulic Tilting System)

Teknologi HTS yang telah dipatenkan oleh Qooder ini menjadi kunci scooter ini bisa stabil layaknya mobil namun lincah bermanuver seperti motor biasa. Suspensi di keempat rodscooteranya bisa independen, jadi melewati jalan yang tidak rata feel yang dirasakan pengendara jauh lebih nyaman dibanding suspensi motor biasa. Jangan heran jika di suspensi Qooder ini ada semacam pentil buat mengisi udara ketika dirasa redaman suspensi mulai berkurang.

Qooder Scooter Roda Empat
Fitur HTS pada Qooder Scooter

Selain itu fitur HTS memiliki kontrol manual yan diperlukan saat motor dalam kondisi parkir atau diam. Dengan tuas HTS block, maka suspensi bisa dilock sehingga motor bisa stabil saat diam bahkan dalam kondisi miring dia tidak akan rubuh sob. Ketika tuas dinaikkan kembali ke atas maka suspensi bisa bergerak bebas kembali. Jadi jangan heran kenapa motor ini tidak perlu standar samping apalagi standar tengah.

Terus gimana apa Qooder punya gigi mundur? Scooter ini tidak dibekali gigi mundur, tapi berkat fitur HTS block keempat suspensi bisa dilock sehingga motor bisa ditarik mundur seperti halnya menarik sebuah troli, enteng sob.

Qooder Scooter Roda Empat
Qooder Scooter Roda Empat

Oke itu area depan, kemudian yang tak kalah menarik perhatian Elang adalah melirik area penggerak roda-roda belakang. Qooder mengaplikasikan double v-belt yang berada diluar blok CVT. Walau roda belakang digerakkan dengan double v-belt namun kedua belt berputar dalam putaran yang sama. Teknologi ini bisa mencegah terjadinya ban slip antara roda kiri dan kanan saat menerjang jalan yang skid.

Qooder Scooter Roda Empat

Fitur HTS ini bekerja secara mekanis tanpa bantuan elektronik, jadi ketika accu dicabutpun tuas HTS bisa dioperasikan.

Lalu gimana soal regulasi, ini kan roda 4 lalu apa bisa masuk tol? Jadi begini sob, untuk mengakomodir regulasi Qooder mensiasati dengan mendesain sumbu roda belakang yang berbeda panjangnya dengan sumbu roda depan, jadi gak sama seperti yang terdapat di kendaraan ATV. Kalau sobat lihat area roda belakang itu jarak sumbu kedua roda lebih pendek dari depan, sehingga di STNK motor ini masuk kategori roda tiga 😀

Spesifikasi Qooder

Qooder memiliki spesifikasi mesin dengan kapasitas 399cc single silinder 4 valve, output power maksimum 23,8 kW/ 32,5 hp @ 7000 rpm dan torsi maksimum sebesar 38,5 Nm/28.39ft lbs @ 5000 rpm. Scooter yang berlogo baru kambing gunung ini memiliki berat isi 281kg, dengan keempat roda yang memopangnya, Qooder mampu mengangkut beban pengendara dan bagasi maksimal 480kg.

Qooder Scooter Roda Empat

Kapasitas tangki BBM 14 liter, mesin Qooder sudah lolos Homologasi Euro 4 – L5e-A. Untuk fitur seperti ABS dan TCS di versi ini belum tersedia.

Untuk harga Qooder sudah bisa dipesan dengan banderol harga Rp 357.000.000 OTR Jakarta, sementara akan tersedia untuk pulau Jawa dulu sob. Untuk program pembelian GForce Republik memberikan garansi mesin 2 tahun dan free service selama 2 tahun. Jadi selama 2 tahun pemilik Qooder hanya cukup beli bensin, ganti oli dan kanvas rem atau ban. Semua part dalam mesin, elektronik termasuk kanvas kopling dan vanbelt gratis selama 2 tahun.

Qooder Scooter Roda Empat

Bagi sobat yang berminat untuk test drive atau meminang scooter roda empat pertama ini, bisa sambangi dealer GForce Republik di Jalan Lebak Bulus 1 nomor 62.

Monggo tonton langsung video first impressionnya sob, Qooder emang beda!

Qooder Scooter Roda Empat

18 Komentar

  1. Kira-kira kalau bikin kayak gini cocoknya pakai basis motor apa ya ?
    Karena 357 juta itu banyak banget untuk sebuah motor, barangkali ada yang bisa membangun dari basis forza atau xmax, kayaknya jauh lebih realistis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*