Beranda Perawatan Motor Pengalaman Service Pertama Honda ADV 150, Catatan 600 kilometer pertama

Pengalaman Service Pertama Honda ADV 150, Catatan 600 kilometer pertama

0

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, kemarin hari Selasa (26/11) si Linea (Honda ADV 150) tak terasa sudah menempuh jarak 677 km. Sudah saatnya Elang jadwalkan service pertama dulu biar greng enak dipakai selanjutnya.

Kalau ikuti buku service Honda sih service pertama maksimal 1.000 km atau 2 bulan sejak motor turun.

Sebelum lanjut ke pengalaman service pertama Linea, Elang mau share dikit pengalaman 600km pertama bersama Honda ADV 150, gimana apakah puas?

600 Kilometer Pertama

Tercatat ada 2 kendala yang Elang alami dengan si Linea sejak kilometer-kilometer awal. Yang pertama di hari ketiga tepatnya mulai 60km di odometer, Elang merasakan gejala gredek di tarikan awal dari berhenti. Nah lho?

Elang sempat bingung, mencoba bandingkan dengan 2 unit ADV milik dealer yang sempat Elang review beberapa waktu lalu.

ADV pertama milik Wahana Elang review selama 3 hari termasuk nanjak ke Puncak bareng istri. Di unit ini Elang sama sekali gak merasakan gejala gredek.

Unit kedua adalah saat event touring Jakarta – Dieng lalu, ADV CBS yang Elang pakai juga no gredek digeber sejauh 400km. Lantas kenapa unit versi produk masal yang Elang terima ada sensasi gredeknya?

Positif thinking aja mungkin kanvas dan kopling gandanya kotor, nanti coba bersihkan saat jadwal service gratis pertama. Kepikiran juga nantinya kalau setelah service gredeknya gak hilang mau coba upgrade cvt.

Beberapa waktu kemudian tepatnya di kilometer 600, Elang saat itu bersama istri kena macet lumayan panjang sekitar 1.5 km di alternatif Sentul. Kondisi macet parah ini lumayan stuck, motor aja gak ada celah buat jalan.

Setelah sabar menunggu akhirnya Linea lepas dari kemacetan. Nah setelah itu aneh bin ajaib Elang merasa ada perubahan di motor, kok gredeknya hilang? Terus sampai berjalan 3 hari setelahnya hingga kini gredek di tarikan awal bener-bener minim, kalaupun ada itu gredek normal yang Elang bisa tolerir karena semua matic juga ada. Yang penting gredeknya gak separah sebelumnya dimana area setang, spion dan windshield bergetar hebat, jadi malu kalau jalan pelan di kemacetan 😂

Kendala kedua ada tutup jok yang susah ngunci, lah kalau motor lain masalah ini cuman perkara sepele, tapi di ADV kok butuh extra effort banget hanya buat nutup jok. Ditekan biasa tetep gak mau ngunci.

Konyolnya supaya bisa klik posisi badan harus pindah ke belakang motor dan tekan jok kearah depan, wkwkwk..

Tapi setelah baca-baca masalah yang sama dari pengguna ADV di group Facebook HAI, ternyata triknya cukup simpel. Biar joknya gampang klik nutupnya yang ditekan adalah ujung joknya, dan setelah Elang praktikkan ternyata….ealah…gitu doank…ckckck

Oke fix jadi ketika kemarin si Linea Elang bawa ke bengkel resmi JHC Dwi Sartika sudah gak ada masalah berarti. Tapi tetap Elang request ke mekanik untuk area CVT dibersihkan.

Nah seperti apa detail servicenya? Monggo disimak lanjutannya sob.

Service Pertama Honda ADV 150

Sehari sebelumnya Elang booking service lewat aplikasi Motorku Express, pilih jam 8 pagi.

Service pertama Honda ADV 150
Service pertama Honda ADV 150

Setelah parkir dan ambil nomer antrian Elang tinggal tunggu dipanggil.

Jelang jam 8 nomer antrian Elang dipanggil, dan Elang merapat ke meja advisor service untuk verikasi booking dan data service.

Di catatan Elang kasih note “cvt gredek parah tolong diperbaiki, filter oli ganti”

Dan setelah motor Elang naik, Elang pindah ke ruang tunggu dibalik kaca, ruang tunggunya enak jadi kita bisa pantau langsung kerja mekanik dari balik kaca. Ohya sebelum pengerjaan, grip dan jok dikasih sarung khusus biar gak kena blepotan, mantap.

Saat pelanggan lainnya sibuk main HP, Elang dengan seksama memperhatikan pekerjaan mekanik yang sedang service Linea.

Elang pantau mekanik tap oli, sepertinya sisa olinya cukup banyak yang keluar, good. Setelah itu oli diganti dengan oli SPX2.

Lalu perkara soal gredek, mekanik membongkar CVT lalu membersihkan rumah kopling dan vanbelt, kanvas kopling dan rumah kopling diamplas sedikit, setelah itu langsung dipasang lagi blok CVT Linea.

Final Inspection Service ADV150
Final Inspection Service ADV150

Nah Elang sedikit kaget setelah itu kok service udah kelar aja, motor langsung dijalankan dan masuk ke final inspection. Lho-lho kok filter udara dan filter oli gak dibersihkan.

Dasar ndeso, ternyata Honda ADV dan PCX gak pakai filter oli terpisah, modelnya mirip tutup oli Jupiter MX pakai kawat kasa. Pas Elang tanyakan kok filter udaranya gak dibersihkan, menurut mekanik untuk service pertama filter udara masih bersih. Yo wislah Elang manut.

Last setelah service pertama ini yang Elang rasakan tarikan Linea lebih enteng, kalau perkara gredek sih alhamdulillah sebelum service udah ilang sendiri gredeknya, semoga gak muncul lagi next time, mungkin perlu rutin bersihkan CVT setiap 3.000 km

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here