Liputan AH-SRIC 2019: Safety Riding Center Medan Resmi dibuka, Modul Low Speed Balance Mulai Diujikan

Liputan AH-SRIC 2019: Safety Riding Center Medan Resmi dibuka, Modul Low Speed Balance Mulai Diujikan

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, kompetisi Astra Honda Safety Riding Instructor tahun 2019 kembali digelar oleh AHM. Kali ini kota Medan yang merupakan kampung halaman Elang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang bergengsi yang sudah memasuki tahun ke-13 ini.

Wah jujur kalau soal kompetisi safety riding Elang paling antusias, khususnya safety riding ala Honda yang menarik di mata Elang. Kenapa menarik? Salah satunya adalah karena gaya kompetisi SR Honda menganut model gymkhana, bagaimana bisa melahap track penuh obstacle untuk meraih waktu tercepat.

AH-SRIC 2019

Jika selama ini Elang hanya bisa nonton di channel Youtube video-video keren kompetisi safety riding, alhamdulillah di tahun 2019 ini Elang keturutan diajak AHM untuk meliput ajang kompetisi tingkat nasional ini, sekalian pulang kampung juga nih Elang ke Medan..hehehe

Elang bersama temen-temen blogger dan vlogger lain kebetulan baru tiba di hari kedua kompetisi (30/7). Sampai di lokasi sirkuit, Elang begitu kepo dengan fasilitas track safety riding baru yang dimiliki PT. Indako Trading Coy. Karena sebelumnya di Medan ini belum ada fasilitas seperti ini.

AH-SRIC 2019

Singkat cerita siang tadi sebelum kompetisi praktik slalom course dimulai, Elang sempat keliling-keliling  melihat model safety riding center anyar ini. Track SR disini ternyata luas banget, dan istimewanya Indako sepertinya mendesain track SR ini secara permanen untuk setiap modul-modul keterampilan. Seperti yang Elang lihat untuk sesi braking, Indako mendesain sebuah track lurus yang lumayan panjang.

Di hari kedua ini peserta melakukan uji test braking di pagi hari, sorenya dilanjut kompetisi slalom course.

AH-SRIC 2019

Dari banyak kategori yang digelar, ada dua kategori untuk perwakilan komunitas yaitu advisor komunitas kelas sport dan advisor komunitas kelas matic.

Sebanyak 8 kelas dibuka pada kompetisi ini, yakni kelas instruktur kelas big bike, instruktur kelas sport, instruktur kelas skutik, instruktur group, advisor dealer, advisor komunitas kelas sport, advisor komunitas kelas skutik, serta kategori Safety Riding Center Main Dealer Honda.

Sebelum maju ke tingkat nasional, para peserta kompetisi AH-SRIC 2019 telah mengikuti kompetisi di tingkat regional pada April – Mei 2019. Kompetisi ini diikuti oleh 159 instruktur safety riding, 2.351 advisor safety riding dealer Honda, dan 1.000 advisor safety riding komunitas Honda dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Dari hasil seleksi di tingkat regional, terpilih 166 peserta  yang siap berlaga di kompetisi tingkat nasional yaitu 18 instruktur kelas big bike, 54 instruktur kelas sport, 11 instruktur wanita kelas skutik, 20 tim instruktur Grup Main Dealer dan 6 tim instruktur Safety Riding Center. Dealer-dealer Honda pun turut aktif dalam kampanye safety riding dengan menurunkan 28 advisor dealer. Selain itu, 38 advisor komunitas kelas sport dan 24 komunitas kelas skutik juga turut serta di ajang bergengsi tahunan ini.

AH-SRIC 2019
Arena offroad Safety Riding Center

Sebagai informasi, para peserta yang ikutan AH-SRIC ini dipilih dari hasil kompetisi regional, masing-masing kategori diikuti beberapa perwakilan komunitas, yakni advisor komunitas sport 38 peserta dan advisor komunitas matic 24 peserta.

Peserta yang berhasil mengikuti AH-SRIC 2019 ini diuji, meliputi uji pengetahuan terkait keselamatan berkendara serta kemampuan melakukan edukasi kepada masyarakat dengan beragam alat peraga pada sesi coaching skill.

Selain Low Speed balance Skill, para peserta juga di uji keterampilannya dalam berkendara melalui sesi praktik yang mencakup teknik pengereman, pengendalian kestabilan, pengoperasian sepeda motor dan posisi berkendara melalui uji Braking, slalom course dan Low Speed Balance Skill. Tidak hanya sesi praktik seluruh peserta juga mengikuti uji teori meliputi pengetahuan keselamatan berkendara serta kemampuan melakukan edukasi kepada masyarakat dengan beragam alat peraga.

Nah siapakah pemenang AH-SRIC tahun 2019? Stay tunned liputan Elang langsung dari Indako Safety Riding Center.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: