Jelang Yamaha Endurance Festival 2019, Regulasi Baru, Semua Kelas 2 jam Ketahanan

ElangJalanan.NET – setelah tahun lalu sukses menghadirkan balap ketahanan pertama di Indonesia, kini PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. siap menggelar kembali Yamaha Endurance Festival (YEF) pada 14 – 15 September mendatang sebagai upaya dalam menghadirkan budaya balap ketahanan di tanah air.

Hal tersebut secara langsung disampaikan dalam Press Conference yang diadakan di Media Room, Sentul International Circuit. Bogor pada Minggu (28/7), disela berlangsungnya event Yamaha Sunday Race 2019 (YSR) putaran ke-2.

Yamaha Endurance Festival 2019

“Tahun lalu, YIMM sukses menjadi produsen sepeda motor pertama yang menggelar balap ketahanan di Indonesia. Dan tahun ini, kami berkomitmen untuk kembali menggelar YAMAHA Endurance Festival bagi para konsumen dan pecinta balap di tanah air. Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari sejarah dalam membangun budaya balap ketahanan di Indonesia, terlebih YAMAHA memang terkenal dengan DNA-racing-nya yang kuat.” terang Toshiaki Maeda Deputy Director CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Di tahun kedua penyelenggaraan Yamaha Endurance Festival, turut dibarengi dengan adanya penambahan durasi jam balap. Jika di tahun lalu durasi balap hanya diangka 1 sampai dengan 1 ½ jam, kini bertambah menjadi 2 jam dan berlaku untuk semua kelas.

Adapun kelas yang tersaji pada ajang balap ketahanan ini meliputi Profesional & Community 250 yang menggunakan motor YZF-R25 serta kelas Community 155 yang menggunakan motor YZF-R15.

Menariknya, dikelas Community 155, Yamaha Indonesia turut membuka untuk kategori rider awak media nasional yang ingin merasakan sensasi balap ketahanan pertama di Indonesia. Mengenai komposisi tim balapnya sendiri, 1 tim akan terdiri dari 2 sampai dengan 3 rider yang akan menggunakan 1 motor untuk membalap selama 2 jam dengan bantuan 2 mekanik.

Yamaha Endurance Festival 2019

Sementara itu, untuk prosedur start masih tetap mempertahankan gaya Le Mans yang unik, dimana rider harus berlari terlebih dahulu menuju motor yang terparkir rapih disebrang lintasan sirkuit untuk mengawalai jalannya balapan.

Aktivitas Non-Racing

Tidak hanya menyuguhkan aktivitas racing, Yamaha Endurance Festival 2019 turut menyajikan aktivitas non-racing diluar lintasan sirkuit berupa eksibisi dan hiburan yang cocok bagi komunitas maupun keluarga untuk mengisi akhir pekan.

Salah satunya seperti festival kuliner, kids play ground, relax booth, carnival games, fun walk, serta folk competition. Menjadi semakin spesial, hadir pula artis nasional yang siap menghibur seluruh pengunjung melalui suara emasnya dari atas panggung.

Selain itu, ada juga Yamaha Corner yang tidak hanya menampilkan line up produk-produk terbaik dari Yamaha tetapi turut mepresentasikan inovasi teknologi dari Yamaha dalam memudahkan mobilisasi dan aktivitas sehari-hari sang pengendara. Tidak ketinggalan, dilaksanakan pula aktivitas sosial berupa charity dalam bentuk pemberian donasi secara simbolis oleh pihak komunitas dan Yamaha.

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha Endurance Festival 2019 Siap digelar Minggu ini, dimeriahkan Nella Kharisma - ElangJalanan.NET

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*