Workshop Phonegraphy

Oleh-Oleh Workshop Phonegraphy Blogger & Vlogger Bareng Wahana Honda

Blogging Activiity

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, satu lagi aktivitas main dealer Honda untuk meng-enhanced kemampuan temen-temen Blogger dan Vlogger Otomotif, namun kali ini berbeda dari biasanya. Kalau biasanya membahas soal review sepeda motor Honda atau workshop safety riding, kali ini ada yang menarik.

Yup Sabtu kemarin Elang bersama temen-temen Blogger dan Vlogger Jakarta diajak Wahana Honda untuk mengikuti workshop Photography & Videography yang bertempat di gedung Wahana Artha Gunung Sahari Jakarta Pusat. Bagi Elang pribadi, ini adalah workshop yang gak kalah menariknya untuk meningkatkan kemampuan editing baik itu photo maupun video, tentunya dengan mengikuti trend saat ini yang telah beralih ke gear smartphone.

Workshop Phonegraphy
Pembicara Mashuri Hardhy Putra

Sejak Instagram populer beberapa tahun terakhir ini, membuat content creator (siapa aja) berlomba-lomba untuk bisa membuat konten yang instan namun menarik dan berkualitas. Dan dunia HP pun begitu semua merek berlomba-lomba untuk memberikan teknologi kamera yang semakin bagus, dari satu kamera kini muncul fitur dual camera bahkan tripple camera.

Mas @ulie (Mashuri Hardhy Putra) yang membawakan workshop membuka mindset sekaligus inspirasi kepada kami peserta, bahwa apakah dengan gear smartphone yang biasa-biasa saja lantas minder dengan gear dengan harga 10 jutaan? Tidak bro, ada quote bagus dari Chase Jarvis yang mengatakan The best camera is the ones with you”, artinya kamera yang bagus adalah kamera yang kamu miliki. Nah artinya jika sobat bisa mengenali kemampuan dan kekurangan kamera sendiri maka kamu akan bisa memaksimalkan kamera tersebut untuk menghasilkan konten yang bagus, intinya ide dan kreatifitas.

Nah langsung aja sob sebagai oleh-oleh dari ikutan workshop kemarin, Elang akan bagikan beberapa tips yang mungkin akan berguna dan menambah wawasan pembaca blog ini tentang phonegraphy maupun fotografi secara umum. Setidaknya Elang mau share 3 hal sedikit di artikel ini, semoga bermanfaat.

Workshop Phonegraphy

Rule of Thirds

Ini adalah aturan baku untuk penempatan komposisi foto, jadi sebuah foto itu secara komposisi terbagi atas 3 bagian horisontal dan vertikal yang dibagi oleh 4 garis. Nah untuk pemula atau siapapun yang gemar fotography, coba aktifkan grid atau garis rule of thirds di setting kameranya, garis-garis bantu ini akan mempermudah untuk pengambilan komposisi yang tepat dan natural saat shoot.

Workshop Phonegraphy
Pic: ephotozine.com

Yang perlu diperhatikan adalah saat akan mengambil foto perhatikan point of interest dari objek yang mau diambil, kalau foto orang sedang pidato point of interest umumnya adalah kedua mata. Nah posisikan titik persilangan garis horisontal dan vertikal di LCD atau viewfinder ke posisi kedua matanya.

Workshop Phonegraphy
Pic: digital-photography-school.com

Begitu juga saat memoto landscape pantai, garis horisontal grid posisikan di garis batas laut dengan langit seperti foto di bawah ini.

Rule of Thirds
Pic: digitaltrends.com

Posisikan juga objek terhadap frame untuk memberikan kesan view lebar, jangan memberi kesan sempit atau objek menabrak frame. Misal orang pandangannya mengarah ke kanan, maka komposisikan orang tersebut di sebelah kiri sehingga komposisi sebelah kanan orang tersebut terlihat luas.

Editing Foto dengan Smartphone

Color Blocking with Filter Black and White

Nah hal kedua yang mau Elang sharing adalah tips editing foto yang populer sering sobat temukan di Instagram, salah satu teknik yang populer adalah Color Blocking. Bagi pengguna Android bisa install aplikasi Snapseed terlebih dahulu, karena aplikasi ini yang Elang dapati di workshop.

Color Blocking adalah foto dimana fokus objek diberi berwarna sementara area diluar objek diblok dengan warna hitam putih. Kalau di Snapseed cara membuat foto ini adalah dengan memanfaatkan filter Black and White, lalu kemudian diatur Brush antara 0 dan 100 untuk mengarsir area yang ingin tetap berwarna.

Filter Black & White Snapseed

Double Exposure

Hal yang kedua dan ini salah satu filter di Snapseed yang populer digunakan untuk konten Instagram. Dengan memanfaatkan filter ini kita bisa menggabungkan 2 buah exposure menjadi single image. Contoh aplikasinya adalah memasukkan exposure pantai di dalam sebuah bonding wajah orang seperti foto di bawah.

Workshop Phonegraphy
Pic: adorama.com

Aplikasi lain dari pemanfaatan filter ini adalah menggandakan exposure objek menjadi beberapa exposure. Jadi backgroundnya sama tapi objek orangnya ada 2 seperti foto di bawah. Tipsnya yang ini harus menggunakan tripod agar background tidak bergerak, hanya objek orangnya saja yang berpindah-pindah posisi.

Double Exposure Snapseed

Nah gimana sob, keren-keren kan foto hasil olahan digital aplikasi smartphone zaman now. Mungkin Elang gak bisa tulis detail cara-caranya di artikel ini takut kepanjangan. Bagi sobat yang tertarik pengen tau cara edit foto Color Blocking dan Double Exposure bisa langsung DM aja di IG @endrikelang, Insyaallah Elang akan ajarkan sampai bisa 😀

Last, Elang ucapkan thanks buat Wahana Honda yang sudah menggagas ide acara workshop Blogger Vlogger yang amat bermanfaat ini buat meng-enhanced kemampuan editing kita-kita.  Semoga kedepan akan ada lagi workshop-workshop menarik yang gak hanya membahas soal motor…hehehe

Workshop Blogger Vlogger Wahana Honda

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *