Ngecas HP di Bagasi Motor

Aman Gak Ngecas HP di Bagasi Motor Honda Genio?

Honda

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, salah satu fitur yang dibawa Honda Genio sebagai skutik terbaru AHM adalah bagasinya yang luas dengan kapasitas 14 liter. Selain lega untuk membawa berbagai bawaan yang sedang seperti jas hujan dan tas ransel, ruang bagasi ini ternyata terdapat colokan power charger 12 Watt.

Namun colokan charger ini masih berupa power outlet aja belum berupa port USB, jadi sobat perlu membeli dulu Lighter USB agar bisa digunakan untuk men-charge gadget.

Beda dari kebanyakan umumnya fitur power outlet yang terletak di konsol dek seperti di PCX atau Honda Vario, keberadaan power charger di dalam bagasi ini mengundang pertanyaan dari rekan-rekan Blogger saat sesi tanya jawab di acara peluncuran Honda Genio beberapa hari lalu. Pertanyaannya cuman satu, aman kah nge-charge HP di dalam bagasi jok?

Ngecas HP di Bagasi Motor

Sebuah pertanyaan yang wajar karena umumnya apalagi skutik yang mesinnya berada di belakang tepat dibawah bagasi suhu ruang di dalam bagasi cenderung panas. Bagaimana pula dengan suhu gadget di dalamnya, sedangkan di ruangan normal saja biasanya hp sedikit panas saat di-charge.

Penjelasan Ngecas HP di Bagasi Motor Honda Genio

Hal ini langsung dijawab tim development technical AHM menjawab kegelisahan Blogger soal fenoma ini. Pak Endro Sutarno menjelaskan soal suhu sudah diukur oleh tim internal saat development. Selama penggunaan charging, suhu di dalam bagasi berkisar antara 35-40 derajat celcius, ini masih aman.

Ngecas HP di Bagasi Motor

Nah sob itu klaim dari AHM soal suhu di dalam bagasi saat proses charging berlangsung. Suhu 35-40 derajat memang masih aman menurut Elang dari potensi terjadinya kebakaran di dalam bagasi, namun ada tapinya sob.

Salah satu alasan AHM mendesain power charger di dalam bagasi adalah untuk meminimalisir port terkena hujan jika terletak di luar. Namun menurut Elang zaman now bahkan di motor-motor lain sudah banyak yang mengaplikasikan tutup karet di port usb/charger pada motor.

Kembali ke masalah charging HP di bagasi Honda Genio, walau diklaim AHM masih dalam batas aman tapi jika sobat sayang dengan smartphone lebih baik diakali dengan menambahkan kabel perpanjangan keluar dari bagasi. Jadi saat ngecharge HP bisa diletaklan di kantong jaket atau baju sobat.

Karena kalau HP sering dicharge dalam kondisi ruang yang panas, suhu panas akan membuat umur pendek HP sobat, entah IC powernya soak atau komponen-komponen lainnya yang sensitif terhadap panas.

Ngecas HP di Bagasi Motor

Jadi kesimpulannya ngecharge HP di bagasi Honda Genio tetap aman, tinggal soal keawetan gadget yang dicharge keseringan di dalam bagasi bisa jadi akan lebih mudah rusak. Solusinya adalah beli Lighter dan kasih kabel perpanjangan USB keluar.

Last mungkin ada sobat yang punya pengalaman kebiasaan charging HPnya di bagasi entah itu dari charger bawaan motor atau power bank. Gimana menurutmu sob?

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

3 thoughts on “Aman Gak Ngecas HP di Bagasi Motor Honda Genio?

  1. Ngecharge hape di bagasi motor mah aman, itu motor lain sudah adopsi duluan kayak kymco like 150, untuk yg versi Indonesia charger-nya pindah juga dari konsol depan ke bagasi underseat. Problemnya nge-charge hape di kendaraan (apapun) mah pasti bikin batre hape dan komponen hape lainnya gak awet karena arus dan tegangannya naik turun, plus ditambah suhu dalam bagasi yang bisa naik karena panas dari mesin atau pun udara sekitar….plus kalau hape-nya ada yg rusak sirkuit pembatas/pemutus arus atau hape-nya kelas abal2 pasti rawan konslet, hati2 juga karena batre lithium ion gampang kebakar kalau di kepanasan di ruang tertutup…so charger hape di bagasi aman tapi gak di rekomen deh kalau apes ya pas lagi jalan bareng nge-charge tau2 muncul api dari bawah jok bisa kebakar semua motornya….plus itu merk pelit amat ya ngasi outlet doang gak sekalian port usb-nya padahal harganya cuma berapa ribu perak doang….:-D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *