Honda X-ADV Indonesia, Impian dan Incaran Baru Penikmat Big Bike Adventure

Honda X-ADV Indonesia, Impian dan Incaran Baru Penikmat Big Bike Adventure

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, akhirnya setelah ditunggu-tunggu sejak tahun lalu di gelaran IIMS 2019 AHM secara resmi mulai memasarkan salah satu jajaran big bike Honda yang kental nuansa matic crossover adventure ini. Dari info yang Elang dapat di booth Honda, untuk pemesan mulai IIMS ini unit akan didelivery ke konsumen di bulan Juli 2019, inden dulu sob.

Melihat sosoknya secara langsung jujur siapapun apalagi bagi pecinta adventure, Honda X-ADV ini menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding motor-motor lainnya yang mengisi segmen adventure. Dua hal yang setidaknya langsung bisa didapatkan dari sosok X-ADV yang bermesin 745cc dua silinder ini, yakni sebuah kenyamanan dan ketangguhan yang berkarakter, pokoknya motor ini lain dari yang lainnya.

Honda X-ADV Indonesia

Tidak hanya kedua hal di atas, Honda X-ADV juga datang dengan membawa segudang kecanggihan dari fitur-fitur khas big bike masa kini. Sebut saja sistem transmisi DCT (Dual Clutch Transmission) yang memanjakan user bisa beralih dari mode manual dan otomatis untuk perpindahan gigi. Fitur ini terdiri dari dua mode yaitu mode Drive (D) yang merupakan aplikasi pemilihan rasio gigi yang lebih rendah untuk akselerasi yang lebih cepat, dimana mode ini cocok digunakan untuk berkendara di kondisi perkotaan. Mode Sport (S) merupakan mode berkendara yang lebih sporti dengan perpindahan gigi pada kecepatan yang lebih tinggi. Mode S ini memiliki 3 mode tambahan, yaitu standard, sport 1, dan sport 2 untuk memberikan gaya berkendara yang lebih sporty.

Secara ergonomi Honda X-ADV sebagai layaknya motor adventure selain memberikan fitur-fitur canggih juga memiliki posisi berkendara yang tegak didukung dengan setang fatbar yang berkesan macho dengan handguard. Jok empuk dan lebar sudah menjadi standar kenyamanan big bike aliran crossover ini.

Honda X-ADV Indonesia

Dan jujur Elang pribadi kalau uang bukan sebagai kendala dalam pertimbangan hidup, rasanya Honda X-ADV adalah impian sebenarnya sebuah motor yang cocok menjadi teman petualangan blusukan ke pelosok negeri. Karena belum ada motor dengan tema crossover begini di pabrikan lain, setidaknya yang masuk ke Indonesia, ya baru X-ADV ini bro yang menjadi pertama.

Bicara soal teknis, mesin Honda X-ADV adalah common engine dengan Honda Vultus, namun dirancang dengan paket semi dual purpose untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang menantang sekaligus nyaman pol.

Honda X-ADV Indonesia

Spesifikasi Honda X-ADV Indonesia

Lebih dekat melihat secara detail Honda X-ADV ada hal-hal unik yang ternyata hadir di big bike nyentrik ini. Pertama soal velg yang digunakan, ternyata walaupun menggunakan jeruji namun bisa tersemat ban tubeless di kedua lingkar rodanya sob. Loh kok bisa? Honda secara istimewa mendesain jeruji keluar dari bibir velg, ini yang istimewa sob.

Honda X-ADV Indonesia

Kemudian windshield tinggi bisa diatur hingga 5 tingkat ketinggian. Dibalik windhield terpampang dashboard full digital yang jelas terlihat saat kita berada di atasnya. Namun menurut Elang akan lebih istimewa lagi kalau LCD dibikin berwarna seperti Goldwing.

Secara spesifikasi detail lainnya Elang rasa sobat biker sudah banyak tahu karena sejatinya motor ini sudah lama mengaspal di luar sana. Seperti untuk kaki-kaki, X-ADV menggunakaan ban depan ukuran 120/70 rim 17″, ban belakang ukuran 160/70 rim 15″. Dengan kombinasi ini membuat ground clearance matic crossover ini tergolong jangkung sob, 162 mm.

Honda X-ADV Indonesia

Honda X-ADV menggunakan suspensi depan USD berukuran 41mm yang dikelir warna hitam, sistem pengereman menggunakan kaliper bertipe radial dengan 4 piston, didukung piringan cakram teknologi ABS (Antilock Braking System) berukuran 296 mm.

Suspensi belakang dilengkapi terknologi Pro-link swing arm untuk menahan guncangan di bagian belakang dengan 10 level pengaturan Rear Shock Preload. Honda X-ADV juga dilengkapi oleh velg stainless dan ban dengan profil alur kotak-kotak yang memberikan kestabilan dan handling yang nyaman digunakan untuk kebutuhan dual purpose serta memberikan kesan gagah.

Honda X-ADV Indonesia

Big bike bergaya adventure ini dilengkapi dengan fitur keamanan canggih yakni Honda Smart Key System yang terdiri dari tombol switch On/Off dan Answer Back System. Pada saat pengendara mengaktifkan knop ON, lampu iluminasi biru akan menyala. Smart Key system memudahkan pengendara untuk menghidupkan mesin, dan tentunya mampu meminimalisir resiko pencurian.

Tampilan panel informasi mengadopsi Honda CRF450 Rally dengan ukuran besar berbentuk persegi. Tampilan layar panel LCD menampilkan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh pengendara, seperti speedometer, tacometer, fuel indicator, average fuel consumption, waktu dan tanggal, gear indicator, trip meter, odometer, dan riding mode dalam tampilan digital.

Honda X-ADV Indonesia

Soal fungsionalitas, Honda X-ADV dilengkapi kapasitas penyimpanan bagasi di bawah jok sebesar 21 liter mampu menyimpan helm full-face tipe cross yang karena desain coakan bagasinya tirus kebawah. Bagasinya ini pun dilengkapi koneksi pengisian daya sebesar 12V dengan penerangan lampu LED, dan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 13,1 liter. Dukungan throttle body berukuran 36mm dan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) mengoptimalkan rasio bahan bakar sehingga ramah lingkungan.

Honda X-ADV dilengkapi oleh Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor yang berfungsi mencegah terjadinya ban slip yang terdiri dari 2 level. Level 1 memiliki torsi lebih besar yang digunakan ketika pengendara melintasi jalan berpasir atau kerikil. Sedangkan level 2 menggunakan torsi lebih kecil yang digunakan agar tidak slip di jalanan licin. Untuk mematikan fitur HSTC, pengendara cukup menekan dan menahan tombol yang terdapat pada sisi kiri handlebar.

Untuk performa Honda X-ADV punya ledakan tenaga yang cukup untuk bekal touring, tenaga maksimum sebesar 40.3kW/6.250rpm dan torsi maksimum 68Nm/4.750rpm. Dengan penyaluran tenaga dari mesin ke roda menggunakan rantai.

Honda X-ADV Indonesia

Harga Honda X-ADV Indonesia

Honda X-ADV hadir dengan empat varian warna yaitu Grand Prix Red, Mat Pearl Glare White, Mat Bullet Silver, dan Mat Moonstone Silver Metallic. Dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta sekitar Rp. 450.000.000,-. Gimana sob mahal? Menurut Elang Honda X-ADV ini akan lebih laris kedepannya dibanding Africa Twin, dan patut diingat yang beli matic crossover ini pastinya di garasi sudah ada Pajero Sport atau sekelasnya 🙂

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: