Vlog: Merawat Rantai Gampang Kendor di Jupiter MX

Merawat Rantai Gampang Kendor
Merawat Rantai Gampang Kendor

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, MX Strada tak terasa sudah berumur 8 tahun lebih dipakai sebagai motor harian Elang sejak 2011 lalu. Secara performa tak diragukan lagi ini motor bebek paling enak, paket komplit motor nyaman dengan suspensi empuk dan performa lebih dari cukup.

Bahkan secara performa overall di mesin boleh dibilang NJMX ini masih 90% jika dibanding kondisinya dulu saat masih kinyis-kinyis. Urusan body-body pun masih kenceng gak ada istilah baut kendor atau geter-geter, bener-bener puas.

Dari sini Elang berpendapat setuwir apapun motor harian akan tetap enak dipakai selama mendapat perawatan yang rutin. Walau untuk urusan mesin Elang selalu serahkan ke bengkel resmi (sekarang service tiap 9.000 km sekali) namun ada juga hal yang bisa dirawat sendiri secara rutin, misalnya setel ketegangan rantai.

Kebetulan NJMX ini Elang perhatikan punya kelemahan di part rantai orinya, gampang kendor. Alhasil setiap dua minggu sekali menjadi menu wajib untuk setel kerenggangan rantai biar gak berisik karena kendor.

Penyetelan rantai di NJMX tergolong mudah dan menyenangkan karena hadirnya stopper model gerigi (sama seperti di old Vixion) sehingga memudahkan untuk mengatur simetris as roda di arm. Karena gampang kendor, perlu threatment tambahan yakni pelumasan rantai biar rantai yang gampang kendor tetep awet.

Berikut Elang sajikan video vlog rutinitas penyetelan rantai di NJMX, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

1 Komentar

  1. rantai ori yg dijual didealer skrg merek FSCM bang, mmg cepet kendor.. beda dg bawaan motor yg DID, klo gearnya msih sama SUN STAR..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*