AHM dan Wahana Artha Kembangkan Laboratorium Kultur Jaringan di SMK 63 Jakarta

AHM dan Wahana Artha Kembangkan Laboratorium Kultur Jaringan di SMK 63 Jakarta

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, hari Kamis kemarin (14/02) Elang bersama Alki Indoride hadir di SMK 63 Jakarta Selatan untuk acara seremonial kick off Technopark. SMK 63 ini adalah sekolah pertanian sob dan pasti sobat bertanya-tanya selama ini SMK Binaan AHM atau Wahana sudah pasti bertema SMK Otomotif, tapi kok ini ada SMK Pertanian? Nah kan, yuk monggo dilanjut bacanya sob.

Pertama masuk SMK ini, Elang speechless dengan suasana sekolah yang begitu asri, ternyata di Jakarta ada SMK yang area kawasannya begitu hijau. Bayangkan area sekolah seluas 2 hektar ditambah 10 hektar area hijau perkebunan bikin mata ini adem. Sangking luas dan lengkapnya lahan berkonsep technopark di sekolah ini, SMK 63 menjadi house untuk beberapa tenan sekola lain untuk praktik menghijaukan Jakarta.

Wahana Artha Kembangkan Laboratorium Kultur Jaringan
Di depan kawasan hijau SMK 63 Jakarta

Sejatinya adalah Yayasan Astra Honda Motor sejak 2009 lalu mencanangkan green product dengan visi 1 motor yang keluar dari pabrik AHM dicover dengan 1 pohon. Walau secara produk Honda sudah terus disempurnakan hingga kini mengusung EURO 3, namun tetap sebaga perusahaan yang peduli lingkungan Yayasan AHM ingin upaya untuk mengurangi pencemaran gas CO2 dengan progam ini.

Hingga kini sudah ada 29 provinsi yang diwakili masing-masing SMK Pertanian yang disupport oleh Yayasan AHM bekerjasama dengan main dealer setempat. Seperti di Jakarta, PT. Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) juga melakukan aksi penghijauan bekerjasama dengan SMKN 63 Jakarta.

Wahana Artha Kembangkan Laboratorium Kultur Jaringan

AHM dan Wahana lakukan penandatanganan kerjasama dengan salah satu SMK yang memiliki jurusan pertanian di Jakarta, SMK 63, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kerjasama ini dilakukan dalam bidang Pengembangan Laboratorium Kultur Jaringan beberapa jenis tanaman yang nantinya akan dikembangkan oleh SMK tersebut dengan beragam bantuan fasilitas pengembangan dan Pendidikan yang diberikan.

“Niat tulus ini merupakan satu bentuk Honda beserta main dealer dalam mendukung program cinta lingkungan dengan melibatkan sekolah dengan berikan dukungan fasilitas pengembangan tanaman yang dapat menjaga lingkungan,” papar Taryudin selaku Group Head of Corporate Communication, Wahana.

Wahana Artha Kembangkan Laboratorium Kultur Jaringan
Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali

Hal ini juga ikut ditegaskan oleh perwakilan AHM, Ratna Lannidawati yang menegaskan bahwa program yang telah berjalan sejak 2009 ini dapat bermanfaat bagi lingkungan. Lainnya, dengan mendukung sekolah setempat, berharap aksi ini dapat dicontoh oleh sekolah yang lain. “Bantuan fasilitas kultur jaringan ini telah tersebar di sekolah berbagai wilayah, intinya kami ingin setiap daerah dapat di support dengan berikan fasilitas pengembangan kultur jaringan dan rencana besarnya kami punya impian untuk setiap satu motor yang diproduksi ditanam juga satu pohon” paparnya.

Wahana Artha Kembangkan Laboratorium Kultur Jaringan

Kerjasama ini juga dapatkan apresiasi positif langsung dari Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali yang ikut hadir. Dalam sambutannya, ia berikan apresiasi kepada swasta khususnya AHM yang telah mencoba untuk mendukung dunia pendidikan dan sekaligus coba peduli terhadap lingkungan.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan AHM dan Wahana juga datangi pameran yang tengah berlangsung di SMK 63. Pameran yang diikuti beberapa sekolah lainnya diisi dengan beragam produk hasil karya mandiri setiap sekolah yang memiliki nilai jual. Selain pameran, sejalan dengan semangat mewujudkan kampanye safety riding Cari_Aman, tim Safety Riding Promotion Wahana juga berikan penyuluhan terkait pentingnya bersikap aman saat berkendara.

Wahana Artha Kembangkan Laboratorium Kultur Jaringan

Bentuk kerjasama pengembangan Lab Kultur Jaringan adalah tahun pertama disupport penuh oleh AHM, kemudian di tahun kedua dilanjut oleh support main dealer. Sehingga di tahun ketiga nanti SMK bisa berdiri mandiri dan produktif dengan bibit-bibit unggul tanaman.

Last Elang melihat upaya Yayasan AHM bersama main dealer untuk mewujudkan visi satu motor satu pohon semakin mudah dengan kolaborasi bersama SMK hebat khususnya di sekolah pertanian. Ini seperti kerjasama simbiosis mutualisme, dimana AHM dan main dealer membantu pengembangan laboratorium kultur jaringan, nantinya hasil tanaman dari lab ini akan dibeli main dealer untuk kegiatan CSR lingkungan di tempat lain. Luar biasa.

Wahana Artha Kembangkan Laboratorium Kultur Jaringan
Goodie Bag Tanaman Anggrek 😀

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: