Prilaku Buruk Pemotor yang Mengundang Bahaya

Beberapa Prilaku Buruk Pemotor yang Mengundang Bahaya (Part 1)

Defensive Riding

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, sudah lama Elang pengen merangkum berbagai prilaku pengendara motor yang cukup berbahaya di jalan umum. Kadang begitu gemesnya setiap melihat prilaku serampangan pengendara motor di jalanan yang mengundang bahaya, kalau gak pakai helm dan melanggar rambu-rambu itu sudah pasti bahaya, namun prilaku berikut cukup membuat geleng-geleng kepala seolah gak kenal bahaya.

Apa sih bahaya itu? Bahaya adalah segala sesuatu yang bisa menyebabkan kerugian, kerusakan, kehilangan bahkan kehilangan nyawa. Dalam konteks di jalan raya begitu kendaraan bergerak di depan begitu banyak potensi bahaya yang siap-siap membayangi. Maka jadi pengendara yang aman adalah pengendara yang selalu melihat dan berpikir jauh kedepan untuk selalu antisipasi bahaya di jalan.

Berikut adalah rangkuman beberapa prilaku pengendara motor yang sering ditemui di jalanan dan tanpa disadari mengundang bahaya, baik bahaya terhadap diri sendiri maupun bahaya untuk orang lain.

  • Suka menggunting dalam manuver

Ini adalah salah satu yang paling bikin kesal kalau ketemu pemotor yang doyan menggunting saat bermanuver. Tanpa memikirkan kendaraan dibelakangnya langsung main gunting aja saat nyalip. Tak jarang banyak kejadian kecelakaan disebabkan oleh aksi manuver ini, karena aksi menggunting ini motor di belakang tersenggol dan jatuh karena kaget.

Prilaku Buruk Pemotor yang Mengundang Bahaya

Lalu bagaimana cara bermanuver yang aman khususnya saat ingin mendahului? Pastikan jangan langsung pindah jalur tanpa cek spion dan menoleh sekilas kesamping.

  • Tidak menurunkan kecepatan di pertigaan atau persimpangan

Ini adalah kebiasaan buruk yang sering ditemui, gak peduli di depan ada gang tempat keluar masuk bahkan di persimpangan bukannya mengurangi kecepatan malah tetap dalam kecepatan. Bagaimana jika tiba-tiba ada kendaraan keluar dari gang? Maka berhati-hatilah dan kurangi kecepatan setiap ketemu pertigaan atau persimpangan.

  • Suka lambat di tengah jalan

Ini mungkin banyak dilakoni oleh kaum emak-emak, namun sekarang banyak juga dari beberapa temen-temen ojek online mirip-mirip kelakuannya. Kalau emak-emak merasa jalanan sendiri jadi bebas pilih lajur mana, sementara temen-temen ojol fokus ke layar HP padahal motor berjalan lambat ditengah.

Kadang berjalan lambat di kiri jalan aja berbahaya, apalagi ini ditengah jalan lebih berbahaya. Lambat saja bukan jaminan aman di pinggir jalan, tapi prilaku yang aman adalah sesuaikan kecepatan dengan kecepatan lalu lintas di sekitar sehingga tidak mengganggu arus pengendara lainnya.

  • Merokok sambil berkendara

Ini nih yang nyebelin berikutnya, contoh pengendara yang gak punya empati dengan pengguna jalan lain. Coba bayangkan kalau serpihan abu panas dari rokok terbang mengenai mata pengendara di belakangnya, fatal bro.

  • Kencang saat di tikungan

Setiap tikungan umumnya memiliki potensi bahaya yang lebih besar karena disitu setidaknya ada 2 bahaya yang tidak terduga. Pertama ada zona blindspot yang tak terlihat dibalik tikungan, kita tidak tahu apa yang ada di balik tikungan tersebut. Yang kedua adalah kondisi jalanan di tikungan, tak sedikit terjadi kecelakaan di tikungan disebabkan motor terpleset karena kehilangan grip entah itu karena coba-coba cornering atau ban gundul tiba-tiba ketemu jalan berpasir di tikungan.

Gimana langkah antisipasinya? Tiap masuk tikungan selalu kurangi kecepatan untuk fokus antisipasi blindspot dan kondisi jalan.

(Bersambung ke Part 2)

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

1 thought on “Beberapa Prilaku Buruk Pemotor yang Mengundang Bahaya (Part 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *