Touring Naik Motor, Jangan Lupa Bawa Toolkit Standar di Motormu

Touring Naik Motor, Jangan Lupa Bawa Toolkit Standar di Motormu

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, musim liburan telah tiba dan seperti biasa sobat biker di menjelang akhir tahun ini biasanya memiliki agenda touring masing-masing. Agar perjalanan lancar selain kondisi motor juga disiapkan, jangan lupa untuk membawa beberapa toolkit standar yang bisa dijadikan pertolongan pertama saat motor mengalami masalah dan jauh dari bengkel.

Berbicara soal toolkit standar, masing-masing pabrikan motor memang sudah menyediakan setidaknya obeng plus minus dan obeng pembuka busi. Rasanya toolkit ini masih sangat kurang untuk mengakomodir apalagi jika untuk perjalanan jauh, minimal ada tambahan seperti kunci pas pembuka baut roda, kunci L untuk buka fairing, dan seterusnya.

Berikut adalah beberapa tool kit yang disarankan dibawa saat sobat berkendara nanti:

Toolkit Standar di Motormu
Tang Kombinasi
  1. Tang

    Saat perjalanan jauh, tang menjadi alat yang sangat penting bagi kita karena fungsinya yang sebagai pengganti tangan kita ketika harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan. Contohnya, saat mesin motor panas, akan kesulitan bagi kita untuk membuka busi tanpa menggunakan bantuan alat. Tang bisa anda gunakan untuk membuka busi yang keras dan saat mesin masih panas. Selain itu tang juga dapat untuk memotong dan mengupas kabel, membuka baut yang slek dan menjepit klem.

    Toolkit Standar di Motormu
    Obeng Dua Mata
  2. Obeng

    Obeng digunakan untuk mengecangkan dan melonggarkan sekrup. Untuk lebih praktis pilihlah obeng yang ujungnya berbentuk kembang (+) dan berbentuk minus (-) sekaligus.

    Toolkit Standar di Motormu
    Kunci L
  3. Kunci L

    Seperti di fairing MX Strada, saat ini sebagian besar sepeda motor yang ada, untuk membuka bautnya sudah menggunakan kunci L di beberapa bagian tertentu, sehingga disarankan lebih baik sobat mempersiapkan kunci L agar lebih aman. Tidak perlu satu set cukup pilih ukuran kunci L yang biasa sesuai dengan sekrup fairing motor sobat.

    Toolkit Standar di Motormu
    Kunci Pas
  4. Kunci Pas

    Kunci Pas biasanya digunakan untuk mengecangkan atau mengendurkan baut/mur di sepeda motor. Penggunaan kunci pas seperti saat kita ingin mengecangkan rantai atau spion yang kendur. Biasanya kunci Pas yang digunakan adalah kunci nomor 10, 12, 14, 17 dan 19.

    Toolkit Standar di Motormu
    Pisau Lipa
  5. Pisau Lipat Multifungsi

    Yang ini sifatnya opsional, kelebihan alat ini adalah bisa memiliki beberapa fungsi dalam satu alat. Perkakas ini dapat digunakan untuk pendukung tool kit kita saat sedang memperbaiki bagian kendaraan Anda yang berukuran lebih kecil dan susah dijangkau tool kit.

Karena perjalanan yang akan Anda lalui jaraknya cukup jauh, maka disarankan untuk membawa tool kit yang sudah terpercaya akan kualitas dan kemampuannya. Salah satu tool kit yang bisa dipercaya akan kualitasnya adalah merek Tekiro seperti yang sudah Elang gunakan selama ini.

Di musim hujan begini, ada baiknya Anda membawa pula pelumas yang dapat digunakan untuk melumasi rantai supaya bisa awet dan tidak cepat putus. Perjalanan jauh bisa mengakibatkan umur rantai bisa cepat aus dan rusak, minimal tiap perjalanan 1 hari di musim hujan lumasi segera rantai dengan chainlube

Demikianlah beberapa toolkit standar dan pendukungnya yang kudu sobat biker bawa saat melakukan liburan touring naik motor. Semoga bermanfaat sharingnya, selamat berlibur dan selalu safe ride.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: