Vlog Review Yamaha New R25 buat Harian (Guest Blog)

Vlog Review Yamaha New R25 buat Harian (Guest Blog)

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, saat prosesi launching Yamaha New R25 beberapa waktu lalu Elang sudah mereview motor ini di track Sentul. Nah mungkin belum lengkap jika review motor sport 250cc ini dalam kondisi dipakai buat harian, seperti apa kenyamanan dan performanya.

Kebetulan sobat vlogger Elang mas Faiz mau berbagi cerita soal pengalamannya mereview motor sport anyar Yamaha ini ke redaksi Elang Jalanan. Unit motor yang dipinjamkan ini cukup lama doi review selama satu minggu buat direview. Nah seperti apa reviewnya monggo disimak sob.

Beberapa perbedaan dengan R25 lama

Secara tampilan jelas New R25 lebih fressh terutama bagian depan dan hadirnya suspensi depan model USD. Di bagian fairing depan terdapat lubang mirip ram air namun fungsinya bukan untuk intake melainkan untuk corong udara menuju radiator. Headlamp sudah menganut lampu LED, namun untuk sein masih model lama.

Beranjak ke area dashboard, pemandangan mata dimanjakan dengan desain triple clamp yang sporty dengan lubang-lubang ala big bike Yamaha. Bukan hanya itu, fokus mata langsung tertuju ke sajian console dashboard yang baru, sangat keren di bagian ini sob. Setang kini sudah dijepit dibawah triple clamp alias sudah underyoke, di sebelah kanan hadir tombol starter/kill engine model geser. Untuk desain tangki lebih besar di bagian depan namun saat dijepit terasa ramping.

Riding Position New R25

Dengan postur tinggi badan 175cm kedua kaki bisa napak sempurna, bahkan cenderung menekuk sedikit, yup jok R25 memang bersahabat buat rider dengan tinggi badan dibawah 170cm. Untuk ergonomi posisi tangan meraih setang lebih nunduk dibanding R25 lama. Tak hanya itu, footstep kaki lebih ke atas sehingga secara ergonomi lebih racy.

Riding Impression New R25

Seperti sobat ketahui tidak ada perubahan di rangka maupun mesin dari New R25 ini jadi impresi mesinnya relatif sama di putaran bawah dan menengah. Untuk harian perbedaan performa atasnya gak bakalan bisa dirasakan signifikan kecuali di sirkuit, ini disebabkan feel kenaikan top speed akibat aerodinamis fairing hanya bisa didapatkan saat kecepatan tinggi.

Untuk impresi suspensi baru USD R25 buat harian termasuk nyaman untuk melibas polisi tidur, lebih stabil saat high speed dan cornering.

Traksi ban dan Pengereman

Ban depan menggunakan IRC Road Winner, depan ukuran 110 belakang ukuran 140, impresi ban saat kondisi kering cukup baik, namun untuk kondisi basah kurang gigit dan sedikit selip saat melakukan pengereman kuat di kondisi basah. Sedangkan untuk pengereman New R25 ini cukup mumpuni

Pencahayaan lampu utama

Bisa sobat lihat di video review, cahaya dari headlamp baru New R25 ini terang banget, agak menyebar kesamping namun tetap fokus ditengah.

Impresi New R25 di Kemacetan

Biasanya yang dikhawatir di rata-rata motor sport 250cc adalah panas mesin yang berlebihan saat di kemacetan atau overheat, namun new R25 dalam kondisi macet indikator suhu masih di garis tengah atau temperatur normal. Untuk handling dipakai selap-selip masih gampang, karena body termasuk enteng dan gampang ditekuk-tekuk.

Konsumsi BBM New R25

Selama pengujian hasil konsumsi BBM dipakai harian dengan kombinasi macet, jalanan kosong dan berboncengan berdasarkan informasi di MID menunjukkan angka 23km/ liter Pertamax. Ya gak terlalu irit ataupun boros kalau menurut Elang, kembali gimana tangan kanan memperlakukan throtle.

Kesimpulan

Yamaha New R25 ini cocok buat sobat yang punya interest nunggang sport 250cc tapi motornya bakalan sering dipakai buat harian. Yes untuk ini Elang setuju, memang R25 paling pas buat pilihan sport 250cc untuk harian, selain kenyamanan juga aftersales spare part juga mudah didapat dengan harga terjangkau dikelasnya.

Reviewer: Faiz Proleevo

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: