Sepatu Safety dipakai Buat Riding? Kenapa Enggak

Sepatu Safety dipakai Buat Riding

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, kali ini Elang ingin menulis opini Elang soal pemilihan sepatu riding. Ini berangkat dari beberapa bulan ini Elang mencoba alternatif menggunakan sepatu riding yang ternyata nyaman dipakai buat riding. Seperti apakah sepatu riding tersebut, yuk monggo dilanjut.

Sepatu yang diperuntukan khusus untuk riding memang bermacam-macam, mulai dari harga 300 ribuan hingga jutaan kalau branded. Nah beberapa bulan lalu karena musim panas terus Elang coba mencari-cari sepatu riding yang nyaman dipakai buat harian maupun untuk riding jarak jauh. Kalau musim hujan begini sih biasanya prefer pakai sepatu boots.

Saat main ke Mall Elang melipir ke toko sepatu yang menjual aneka sepatu dan bukan mengkhususkan menjual sepatu riding sebenarnya. Elang hanya iseng sapa tau ketemu sepatu kets yang agak tinggian semata kaki yang menarik kalau ada. Tapi disana Elang gak menemukan sepatu yang memenuhi kriteria tadi (setinggi mata kaki) malah Elang ketemunya sepatu safety bermerek KINGS.

Sekilas dari pandangan pertama bentuknya juga menarik, terbuat dari kulit asli dan depannya keras memiliki bagian protektor dari besi baja, ujar penjaga toko. Elang coba tanya harganya sekitar 400 ribuan, hm..masih worth nih harganya ambil deh.

Test Ride Yamaha FreeGo

Nah setelah dipakai beberapa bulan Elang bisa mengambil sebuah testimoni untuk jadi bahan review tentang sepatu safety ini. Ternyata duit 400 ribuan kemarin kalau misalnya dibelikan sepatu yang dikhususkan memang untuk riding, anggaplah ambil dari merek RVR hm..value sepatu safety ini lebih unggul sob terutama dalam hal safety atau proteksi. Ya gimana enggak, bagian depannya terpasang besi baja yang melindungi kaki bagian depan (jari-jari).

Lantas apakah dengan adanya proteksi baja dan alas yang tebal (kemungkinan ada plat juga dibawah sepatu) membuat sepatu jenis ini jadi berat dan mengurangi kenyamanan riding? Nah inilah yang mau Elang review sob. Ternyata menggunakan sepatu safety ini buat riding > 2 jam pun kaki Elang masih terasa nyaman dan gak berasa begitu berat dipakai jalan kaki.

Sepatu Safety dipakai Buat Riding

Pokoknya yang mau mendapatkan tingkat keselamatan lebih untuk proteksi kaki Elang sekarang prefer menggunakan sepatu safety ketimbang sepatu riding biasa. Ditambah bahannya kulit asli nyaman di kaki dan bisa disemir kinclong buat acara-acara formal.

Lalu apa kekurangannya? Kekurangannya mungkin soal perawatan aja sob kalau di musim hujan begini. Mesti siap-siap punya sarung sepatu saat dipakai hujan-hujanan, memang jadi terkesan ribet tapi ya mau gimana lagi. Rasanya sayang aja sepatu kulit harus kena hujan-hujanan, selain bikin gak awet juga bikin kaki jamuran pakai sepatu basah selama riding..hehehe

Sepatu Safety dipakai Buat Riding

Nah gimana sob menurut sobat pembaca sekalian, adakah yang sealiran dengan Elang lebih milih sepatu safety untuk riding ketimbang sepatu riding biasa? Monggo sharing di kolom komentar ya sob.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

8 Komentar

  1. Sebenarnya lebih memilih sepatu safety juga sih mas buat riding sehari2 karena lebih safety ada plat baja di jari kaki, tetapi kadang mikir2 kalaw buat mencongkel pas ganti kopling bisa ngga yah? … (di ninja rr 2tak) … soalnya biasanya sepatu safety umumnya soonya tebal jadi saya kuatir nyangkut pas mau ganti gigi karena kegedean solnya

  2. saya pakai sepatu gunung Eiger, model emang macam2 tapi saya pilih yg bahannya full kulit & waterprooft, jadi kalo hujan gak perlu ganti sepatu.
    dgn model yg ok & tebal, plus bahan kulit yg bagus rasanya lebih dari cukup untuk riding harian
    belum lagi sepatu ini nyaman di pakai jalan kaki cukup jauh sekalipun, krn emang untuk naik gunung ^_^

    kekurangan sepatu ini cuma 1 : sol bawahnya soft compond bgt, emang gripnya luar biasa OK, tapi cepet abis krn gesekan dgn aspal kl kita tipe rider yg boros turunin kaki dgn kasar, bahkan cepet tergerus di area yg napak ke footstopnya yg gak pake karet macam motor sport (saya pake ninja), tapi ko cuma motor matic or bebek sih yakin aman sentosa.

  3. Tapi ingat… Masa pakai sepatu safety jauh lebih rendah daripada sepatu riding. Kulitnya memang awet, tapi sol sepatunya yang cepet rusak. Bahkan tidak dipakai pun, dalam jangka waktu satu tahun solnya akan rontok sendiri.
    Saya dulu pakak yg merk Cheetah, Krisbow, dan Bata. Paling enak dipakainya diantara ketiga itu Cheetah, kalau yg paling awet Bata.

  4. kelemahannya sepatu safety di saat congkel kelamaan aus beset n robek, blm yg bonggol depan gede yg kakinya panjang bakal kena di punggung dekat tali, selama tidak hujan aman oleh sebab itu ada harga ada rupa

  5. Dulu pernah dua kali pakai safety shoes buat riding harian (kuliah & kerja) pilih safety shoes soalnya dulu sepatu khusus riding masih mahal2 jadinya ga kebeli deh.
    Nyaman sih buat riding, tapi begitu turun dari motor langsung berasa berat nya tuh sepatu.
    Tapi sekarang lagi nyari lagi safety shoes nya buat di pake harian, awet soalnya

  6. Saya 5 taun riding pake safety shoes om, karena tmpat kerja emang musyi pake safety shoe hehe
    Lemahnya yaa di sol nya aja yg cepet aus,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*