VLOG: Test Ride Yamaha FreeGo, Amazing Matic dengan Fitur Bejibun, Sensasi Velg 12″

Test Ride Yamaha FreeGo
Test Ride Yamaha FreeGo

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, hari Kamis kemarin YIMM memberikan kesempatan kepada rekan media dan blogger untuk melakukan sesi test ride 2 motor sekaligus yakni R25 dan FreeGo. Nah kebetulan Elang mendapatkan kesempatan test ride FreeGo lebih dulu sebelum New R25 di area parkir sirkuit Sentul. Seperti apa impresinya, yuk monggo dilanjut.

Yamaha FreeGo hadir menjadi motor Yamaha Indonesia pertama yang menggunakan velg rim 12″. Tentu ini bikin kepo Elang gimana impresi berkendara di atas skutik ini, apakah bantet atau sama aja tingginya. Selain itu velg 12″ yang dipakai juga menggunakan profil tapak lebar sehingga terlihat proporsional dilekatkan ban depan ukuran 100/90-12 dan belakang ukuran 110/90-12, enak diliatnya sob.

Test Ride Yamaha FreeGo

Yamaha FreeGo memang pantas disebut sebagai Amazing Matic dikelasnya berkat fiturnya yang bejibun. Bayangkan sob matic 125cc harga 19 jutaan sudah tersemat fitur-fitur canggih, sebut saja smart key system atau keyless, bagasi luas 25 L, speedometer digital yang komplit informasi dan terobosan baru pengisian bahan bakar dari dek depan tanpa perlu membuka jok.

Belum lagi jika nambah gak sampai 3 juta sudah mendapatkan versi tertinggi S-ABS yang sudah dibekali fitur ABS di rem depannya. Nah kebetulan saat sesi test ride kemarin YIMM menyediakan versi tertinggi FreeGo S-ABS, sip deh langsung gas buat tau impresinya.

Test Ride Yamaha FreeGo
Ergonomi posisi duduk Yamaha FreeGo

Ergonomi Yamaha FreeGo

Coba duduk di atas jok skutik ini, joknya lumayan lebar namun sedikit agak keras jika dibanding matic-matic Yamaha lainnya seperti LEXi. Dengan tinggi 167cm kedua kaki Elang bisa napak sempurna, kebetulan lagi pakai sepatu safety. Ruang kaki di atas dek ternyata cukup lega, lebih lega dari Mio S yang juga terkenal lega ruang kakinya.

Coba nyalakan mesin, walau FreeGo belum menggunakan 4 valve VVA namun sudah dibekali SMG (Smart Motor Generator), hasilnya saat menyalakan mesin terdengar alus pake banget sob. Melihat dashboard speedometer ada indikator ECO juga nih seperti di Mio S, jadi bisa jadi pedoman kalau mau riding irit BBM.

Handling dan Performa

Oke setelah mesin menyala Elang mulai riding mengikuti captain, getaran mesin Elang rasakan minim di FreeGo ini, gak sampai menjalar ke setang. Untuk tarikan awalnya feelnya sama dengan Mio 125 series, wajar ini belum VVA. Dipakai slalom di jalur yang dibuat panitia, skutik ini termasuk stabil, feel suspensi FreeGo termasuk agak keras seperti Mio series, jadi wajar handlingnya antep.

Karena jalurnya berpasir dan gak terlalu luas, untuk test performa Elang hanya raih sampai 70 kpj, setelah itu rem. Elang yakin jika di jalanan biasa akselerasi Yamaha FreeGo untuk mencapai kecepatan 80kpj cukup mudah.

Pengereman ABS

Nah di sektor ini Elang sempatkan jajal sensasi rem ABS di skutik gambot ini. Dari kecepatan 70 Elang coba melakukan pengereman depan secara kuat, roda depan berhasil berhenti tanpa mengalami sedikitpun gejala slip padahal treknya berpasir. Sensasi ABSnya boleh dibilang cukup halus bahkan di tuas rem tidak terasa getarannya seperti di motor-motor ABS lainnya. Untuk yang ini sebenernya Elang pengen ulangi lagi sensasinya tapi keburu waktunya udahan bergantian dengan rider lain.

Overall untuk sektor pengereman Yamaha FreeGo ini cukup pakem sob, no complaint.

Test Ride Yamaha FreeGo

Last dari hasil impresi test ride kemarin, Yamaha FreeGo sangat worth dijadikan pilihan skutik harian yang menarik. Fitur bejibun dengan harga yang rasional menurut Elang para rider Ojek Online layak melirik skutik ini sob, bagasinya luas banget cocok untuk menyimpan barang bawaan. Untuk performa mesin sih memang gak seistimewa LEXi, namun mesin Bluecore ini terkenal irit di kelas matic 125cc.

Yamaha FreeGo tipe STD dibanderol dengan harga Rp. 18.500.000,- FreeGO S dengan keyless system dibanderol Rp. 19.700.000,- dan versi tertinggi FreeGo S-ABS dibanderol dengan harga Rp. 22.500.000,-

Untuk review interaktifnya monggo tonton video vlog di channel Youtube @ElangJalanan berikut ini sob, semoga bermanfaat reviewnya.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*