VLOG: Test Ride New Yamaha R25 Sirkuit Sentul, Suspensi USD Bikin Nagih di Tikungan

Test Ride New Yamaha R25
Test Ride New Yamaha R25

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, akhirnya kelar juga video test ride New Yamaha R25, singkat namun padat mencoba mereview motor terbaru dari Yamaha ini. Berbicara soal Yamaha R25, motor ini sudah masuk usia 4 tahun dan memang sudah waktunya mendapatkan update untuk bisa kompetitif ditengah persaingan sport seperempat liter yang ketat.

Desain Baru New Yamaha R25

Impresi pertama setelah melihat langsung di Sentul kemarin, Elang menilai desain New R25 kini berubah separoh, dari depan hingga bagian tengah mengalami perombakan desain sementara tengah ke belakang anehnya seperti gak disentuh sama sekali. So fokus Elang adalah mencoba mengulas hal yang baru dari tampang New R25 ini dari depan.

Test Ride New Yamaha R25


Di bagian depan konsep headlamp sudah berubah lebih lancip dengan dual headlight yang terpisah. Angle cantiknya akan terlihat kalau melihat dari sisi depan dan juga ketika melihat dari balik dashboard speedometer baru yang keren. Dari kejauhan saat dipakai riding, dua lampu LED New R25 terlihat keren sob. Kalau di R15 lampu dekatnya kumpul ditengah, di New R25 ini lampu dekatnya di sisi terluar makanya terlihat keren.

Desain tangki juga mendapatkan sentuhan baru, disisi samping tangki dibuat model sirip jadi terlihat aerodinamis, tangki juga terlihat lebih lebar walau sama-sama masih menggunakan model kondom. Yang menarik berikutnya Elang perhatikan adalah model kuncian setang sudah menganut underyoke, ketika Elang coba jajal ergonominya efek underyoke ini mengempit tangki jadi lebih mesra.

Test Ride New Yamaha R25
Warna Matte Red lumayan cakep

Fitur New R25

Nah ngomongin fitur, rasanya semuanya sepakat bahwa New Yamaha R25 adalah belum versi All New, kenapa? Karena kalau All New biasanya sektor mesin pasti ikut berubah alias baru. Nah di New R25 ini mesin gak banyak perubahan sob, Yamaha hanya memperbaiki sisi aerodinamika fairing dan distribusi bobot menjadi 50:50 alias center.

Test Ride New Yamaha R25
Suspensi Up Side Down 41mm

Yang paling menonjol dari fitur yang ditawarkan New R25 adalah kehadiran suspensi depan model Upside Down atau USD. Dibanding suspensi teleskopik jelas USD memberikan kestabilan manuver baik saat kencang di trek lurus maupun high speed cornering.

Test Ride New Yamaha R25

Fitur selanjutnya yang gak kalah menarik adalah console dashboard speedometer, coba deh mas bro perhatikan detailnya, wih mirip-mirip punya Big Bike YZF-R1M. Pokoknya nongkrong di atas motor ini akan betah berlama-lama karena ditemani panel speedometer yang keren juga informatif.

Melihat setang sebelah kanan, kini New R25 mengadopsi switch starter model Big Bike, sama juga dengan punya Yamaha Xabre. Selain itu tambahan fitur yang Elang lihat adalah hadirnya fitur lampu Hazard, soal ini moga user bisa bijaksana menggunakan fitur ini saat di jalanan umum.

Test Ride New Yamaha R25
Switch Starter ala Big Bike

Nah sekarang langsung aja kita ke bagian kedua sharing impresi test ride New Yamaha R25, gimana feel di atas motor ini saat digeber di aspal sirkuit Sentul? Monggo dilanjut

Ergonomi

Saat duduk di atas motor ini, Elang langsung raih setang underyoke di depan dan ternyata ergonomi bahu gak terlalu bongkok. Untuk yang ini sebenernya Elang sudah tebak saat melihat foto-foto di awal launching R25 kemarin. Ketinggian jok yang dirasakan juga masih bersahabat sama dengan yang lama, pokoknya ini masih terasa sport touring juga walau setang underyoke.

Test Ride New Yamaha R25

Test Ride New Yamaha R25

Handling New R25

Walau Elang belum pernah jajal R25 lawas di sirkuit Sentul, namun setidaknya sudah pernah bawa touring AKAP R25 di jalur Pematang Siantar – Danau Toba. Di jalur ini R25 lawas cukup baik dipakai menikung, nah di generasi kedua dengan USD ini yang Elang rasakan di sirkuit Sentul cukup antep alias gak ada gejala ngayun di bagian suspensi depan saat masuk tikungan. Hal ini membuat rider newbie seperti Elang pun langsung pede untuk tuck in ke tangki saat cornering karena motor stabil abis.

Test Ride New Yamaha R25

Antepnya handling New R25 unit test kemarin tak lepas juga dari penggunaan ban aftermarket Pirelli Diablo Supercorsa, pokoknya sudah menjadi paket motor enak dimana ban sudah diganti ditambah suspensi USD, tinggal kurangnya hanya masalah aspal Sentul yang tambal sulam πŸ˜€

Pengereman

Untuk sektor pengereman yang Elang rasakan masih cukup pakem khas Yamaha, untuk mengurangi kecepatan dari kecepatan 160kpj ke 70kpj di straight Sentul masih cukup terkontrol dan presisi. Pokoknya untuk sektor ini Elang kasih jempol.

Performa Mesin

Nah saatnya bahas top speed nih, di launching New Yamaha R25 awal bulan Oktober lalu Yamaha mengklaim dengan perubahan aerodinamika fairing di motor ini, mampu meningkatkan top speed 8kpj lebih tinggi dari R25 lawas. Jadi fix ditekankan disini sektor mesin memang gak banyak perubahan sob.

Nah saat giliran Elang di test ride Group 5, Elang coba gali variabel ini, di trek lurus Sentul gigi 3 sempat mentok di 121kpj, lalu gigi 4 di 148kpj dan top speed terbaik Elang raih 161kpj di gigi 5. Nah kalau tekniknya lebih dapet lagi di R12 (keluar tikungan sebelum trek lurus lebih kencang) Elang yakin top speed 175kpj di New R25 ini mampu diraih sob.

Test Ride New Yamaha R25
Top Speed 161kpj Gigi 5

Last kurang lebih inilah review Elang Jalanan untuk New Yamaha R25 yang baru dilaunching Yamaha Indonesia. Walau secara penampilan luar belum maksimal gantengnya, tapi sobat yakin deh kalau sedang berada di atas motor ini bakalan ketagihan. Ini motor handlingnya nikmat bener, ditambah console dashboard speedometer yang keren dan ergonomi yang masih tergolong nyaman rasanya motor ini paket moderate untuk gampang dijadikan motor trackday maupun temen touring.

Test Ride New Yamaha R25

Monggo simak video vlog jajal New R25 di sirkuit Sentul, jangan lupa LIKE & SUBSCRIBE Channel @ElangJalanan sob πŸ™‚

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan β€œkeren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*