Ganti Kiprok New Jupiter MX, Biang Kerok Aki Tekor di MX Strada

Ganti Kiprok New Jupiter MX, Biang Kerok Aki Tekor di MX Strada

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, tak terasa motor harian Elang MX Strada sudah hampir mau 8 tahun usia pemakaian. Memasuki usia sewindu mulai part-part slow moving khususnya komponen elektronik minta jajan, salah satu part tersebut adalah kiprox.

Analisa ini bermula dari perhatian Elang terhadap penggantian aki kering kesekian yang terakhir kok makin gak awet. Kalau dulu dari baru aki MX bisa awet hingga 4 tahun, lalu di penggantian berikutnya turun menjadi 2 tahun, ganti lagi hanya bertahan setahun. Dan yang mencengangkan adalah penggantian terakhir setelah MX Strada berumur 7 tahunan aki kering aftermarket (MotoBatt) hanya bertahan beberapa bulan gak sampai setahun.

Ganti Kiprok New Jupiter MX
Kiprok Jupiter MX yang baru

Indikasi ini sebenarnya sudah diketahui sewaktu Elang membeli aki MotoBatt, kebetulan penjual toko melakukan pengukuran tegangan di aki baru terpasang. Nah di indikator volt meter terlihat tegangan selalu turun dibawah 12V saat throttle gas kembali ke idle. Saat itu Elang udah ancang-ancang wah perlu siap-siap inden part kiprok nih.

Saat itu tibalah momen dimana MX Strada harus nganggur selama 2 minggu di garasi dikarenakan Elang tinggal mudik. Karena tau kiprok sudah gak beres, maka Elang copot aki kering dari motor dan simpan di tempat yang aman (tidak lembab dan tidak panas). Aman kah setelah balik dari mudik?

Ganti Kiprok New Jupiter MX

Hal yang diluar prediksi Elang setibanya di rumah dan keesokan harinya pasang aki kembali ke motor. Begitu putar kunci kotak loh kok lampu di dashboard padam gak mau nyala? Coba engkol motor butuh beberapa kali engkolan sampai motor akhirnya nyala, padahal biasanya sekali engkol juga langsung jreng selama ini walau MX ditinggal seminggu keluar kota.

Setelah motor hidup, Elang perhatikan kok lampu indikator di speedo agak-agak redup gimana gitu, makin penasaran Elang coba pencet klakson. Waladah asyem ini mah akinya tekor, suara klakson begitu culun hilang wibawanya πŸ˜€

Coba matikan kontak dan putar ke ON lagi, eh bener lampu dashboard padam lagi. Udahlah fix ini aki tekor dan kiprok sudah waktunya ganti memang.

Inden kiprok New Jupiter MX sekitar 2 minggu di DETA Motor Yamaha Cibubur, tebus harga kiprox Jupiter MX 180 ribu.

Ganti Kiprok New Jupiter MX
Sekalian ganti aki kering Yuasa

Letak Kiprok Jupiter MX 135

Pemasangan langsung oleh mekanik di bengkel DETA Yamaha, letak posisi kiprox MX ini ada di sisi samping kanan side cover jadi yang perlu dibuka hanya satu sisi cover kanan aja.

Nah setelah pasang baru berikut sekalian beli aki kering YUASA, semua seolah kembali ke semula, normal cak. Kunci kontak diputar ON lampu-lampu indikator menyala terang, pencet starter langsung jreng dan suara klakson juga kembali berwibawa..hahaha

PR selanjutnya adalah mengganti shockbreaker belakang dari MX Strada, namun Elang masih galau menentukan pilihan akan pakai shock apalagi besok. Elang sih maunya karakter shock yang agak stiff namun awet untuk harian, minimal pemakaian 2 tahun lah. Kira-kira sobat biker ada masukan shockbreaker Jupiter MX yang rekomended selain YSS?

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan β€œkeren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

3 pemikiran pada “Ganti Kiprok New Jupiter MX, Biang Kerok Aki Tekor di MX Strada”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: