Kekurangan Shockbreaker YSS DTG di New Jupiter MX

Kekurangan Shockbreaker YSS DTG
Kekurangan Shockbreaker YSS DTG

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, sebagai pengguna NJMX Elang suka sharing seputar penggunaan printilan di MX Strada. Hampir di setiap penggantian spare part dari tunggangan kesayangan selalu Elang catat disini, catatan ini selain reminder biar gak lupa juga sebagai data umur pakai spare part.

Kali ini Elang mau kasih testimoni soal shockbreaker YSS yang sudah Elang pakai kurang lebih setahunan lebih. Sebelum ini, ini adalah pemakaian suspensi YSS yang kedua kalinya setelah yang pertama harus lengser karena bocor oli shocknya, hmm. Nah di shock yang kedua ini pun masalah oli shock bocor kembali terjadi, alhasil sudah waktunya minta ganti nih, ampun deh.

Dari sini dan dari pengalaman 2x Elang pakai suspensi YSS DTG di NJMX, Elang bisa kasih gambaran soal gimana performa dan kendala yang dialami.

Kalau untuk performa, suspensi YSS DTG yang bisa disetel tingkat kekerasannya ini gak usah ditanya kalau buat nikung-nikung, antep abis sob. Pokoknya Elang no complain kalau soal performa suspensi ini buat memopang kestabilan motor baik di trek lurus maupun cornering. Kalau dibandingkan suspensi ori MX Strada jauh lah.

Namun performa mumpuni dari shock YSS DTG ini tidak diimbangi dengan keawetan shocknya, ibarat kata kalau shock ori Yamaha bisa awet rata-rata dipakai hingga 3 tahun. Namun shock YSS di NJMX ini rata-rata usia pakai enak hanya setahun lebih dikit, kalau pemakaian lebih slow dan no beban berlebih mungkin bisa 2 tahun. Namun faktanya di MX Strada ya seperti ini…

Kekurangan Shockbreaker YSS DTG
Seal karetnya gambang robek

Kekurangan Shockbreaker YSS DTG

Belum setahun, tepatnya baru 10 bulan pemakaian bagian yang rentan mengalami kerusakan di shockbreaker ini adalah seal karetnya. Entah kenapa karetnya begitu getas, sehingga efeknya setelah 10 bulan Elang temui komponen ini sudah robek. Efeknya jelas bikin ngilu di telinga tiap mendengar gesekan 2 buah logam antara bearing shock dengan besi arm.

Selanjutnya, baru setahun lebih dikit alias 13 bulan hal yang paling ngeselin kembali terulang. Yup shocknya bocor, oli mulai belepotan di bagian bawah shock. Dan ini baru diketahui bukan pas lagi cuci motor, tapi langsung ketauan pas dipake riding berboncengan ketemu polisi tidur. Ayunan suspensi yang biasanya rigid kali ini tiap melewati polisi tidur ayunan shocknya terasa lebay bisa 4-5x ngayun.

Kekurangan Shockbreaker YSS DTG
Oil Shock rentan bocor

Setelah ini Elang kemungkinan akan coba suspensi ori punya MX King, walau testimoninya mengatakan termasuk shock empuk tapi Elang cari sisi awetnya aja deh sekarang. Nah gimana sobat biker ada yang mengalami pengalaman serupa dengan shockbreaker YSS DTD di NJMXnya? Sharing donk..

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

5 Komentar

  1. Salam mx admin sy bru beli motorr nmx 135 2012 punya keluhan yg sma tentang shock mx ori yg terlalu main/lunak jd utk lwati tikungan fan jlan bergelombang tdk nyaman bnget rencana mau ganti antar kyb fan yss tpi liad postingan admin jd ragu utk yss liad hrganya lumayan dan syang klo hnya di pke setahun…mngkin admin punya refensi yg lbh baik…terimakasih salam dri kupang…smoga di jwab.. Smoga bisa sling tukar informasi ttg mx di tunggu feedbacknya salam…

  2. Sebagai masukan kalau mau shocknya agak keras, tinggal bawa aja shocknya ke bengkel reparasi agar dikasih cincin sekitar ½ cm dibawah per shocknya. Dijamin shock agak keras & ketika melewati jalan bergelombang motor akan lebih stabil.

1 Trackback / Pingback

  1. YSS DTG untuk Jupiter MX kok ada 3 macam ya? Dan kok tidak awet? | Mengupas soal motor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*