Kupas Suzuki GSX150 Bandit, Ini Dia Spesifikasi Lengkapnya

Kupas Suzuki GSX150 Bandit
Kupas Suzuki GSX150 Bandit

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, di artikel ini Elang coba ulas sosok GSX150 Bandit lebih dekat, kebetulan Kamis kemarin memang ada sesi product knowledge dari si Bandit nah Elang akan coba share untuk sobat pembaca agar bisa kenal lebih dekat.

Berbicara genre Bandit, motor ini dari dulu sudah cukup terkenal sebagai naked bike Suzuki (Big Bike) yang menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan user friendly. Nah karakter dari Big Bike Bandit ini yang mencoba diterjemahkan oleh Suzuki di varian naked sport 150cc mereka, maka hadirlah GSX150 Bandit ini.

Walau sekilas terlihat Suzuki banyak mengambil common part dari GSX-S150, namun setelah dibedah cukup banyak perbedaan mendasar yang dituangkan ke dalam Bandit terbaru ini sob. Pak Doni Harsoyo dari PT. SIS mengungkapkan GSX-S150 hadir untuk pilihan konsumen yang doyan utak atik teknologi sementara GSX150 Bandit lebih untuk kebutuhan motor harian yang nyaman untuk dikendarai.

Nah langsung aja mari kita telusuri lebih dalam keunggulan Suzuki GSX150 Bandit yang menjadikannya yang tepat sebagai teman berkendara.

Suzuki GSX150 Bandit yang paling kentara adalah menawarkan sebuah kenyamanan baik untuk pengendara maupun pembonceng. Bisa dilihat dari desain jok baru yang model tandem dan juga empuk menjadi selling point sisi kenyamanan. Kenyamanan ini ditunjang juga dengan bobot GSX150 Bandit yang hanya 135kg, dengan ketinggian jok tempat duduk 790mm dan jarak ground clearance 150mm.

Kupas Suzuki GSX150 Bandit

Selain itu untuk menunjang kenyamanan dalam bermanuver, sudut kemudi GSX150 Bandit bisa diputar 40 derajat ke kiri dan kanan. Untuk kenyamanan pembonceng di belakang tersedia handle jok yang terbuat dari materi solid lebih enak digenggam.

Kupas Suzuki GSX150 Bandit

Ada perubahan rangka dari GSX150 Bandit untuk mendukung penggunaan jok model tandem. Mulai dari frame tengah kini jika di GSX-R150/S150 cenderung ada lekukan ke atas, maka di Bandit dari frame tengah menjulang satu buah pipa yang lurus tidak ada lekukan. Jika digambarkan perbedaannya, kini posisi (maaf) bokong pembonceng dengan pijakan kaki lebih rendah 30mm dibanding GSX-R150/GSX-S150.

Kupas Suzuki GSX150 Bandit

Untuk urusan kaki-kaki, GSX150 Bandit menggunakan ban Dunlop ukuran depan 90/80-17 dan belakang 130/70-17. Pattern kembangan ban di Dunlop ini diklaim Suzuki lebih stabil dikendarai dan nyaman untuk berkendara jarak jauh.

Berlanjut ke sektor mesin FI dari GSX150 Bandit, sama seperti GSX-R150/GSX-S150, di sistem advanced FI menggunakan 6 macam sensor untuk menghasilkan penggunaan bahan bakar yang irit, berikut keenam sensor tersebut.

  1. Throttle position sensor
  2. Intake air pressure sensor
  3. Intake air temperature sensor
  4. O2 sensor
  5. Crankshaft position sensor
  6. Water temperature sensor

Kupas Suzuki GSX150 Bandit

Nah ini yang menarik, GSX150 Bandit untuk mesin sama plek dengan mesin DOHC overbore di GSX-R150 maupun GSX-S150, terkenal paling high performance di kelasnya dengan power maksimum 19,2 PS/10.500 rpm dan torsi maksimum 14 Nm/9.000 rpm. Dan yang terpenting generasi mesin ini mampu digeber hingga limiter 13.000 rpm sob, buat pecinta performa tentu ini jadi selling point berikutnya setelah sisi kenyamanan.

Diluar mesin Suzuki GSX150 Bandit juga dijejali fitur-fitur dengan teknologi yang memudahkan pengguna. Sebut aja Suzuki Easy Start System, dengan fitur ini untuk starter gak perlu sampai ditekan lama tombolnya sob, cukup toel dikit mesin langsung nyala dan tanpa perlu tarik tuas kopling.

Kupas Suzuki GSX150 Bandit

Beranjak ke dashboard speedometer, di GSX150 Bandit ini dashboardnya lengkap banget sob informasi yang berikan. Mulai dari penunjuk jam, lampu indikator batas RPM hingga lampu indikator interval penggantian oli. Keren sob pokoknya, kapan-kapan akan kita ulas terpisah nih.

Fitur penerangan lampu, GSX150 Bandit sudah menggunakan headlamp dengan lampu LED, sementara untuk stoplamp masih bohlam biasa termasuk lampu-lampu seinnya. Yang sedikit tak terlihat, di bagian belakang plat nomor ternyata sudah ada lampu kecil penerang plat nomer yang sudah LED loh.

Dengan komplitnya fitur dari motor ini, plus performa mesin real dohc yang sudah tidak diragukan lagi ditambah kenyamanan jok tandem yang ditawarkan, rasanya GSX150 Bandit ini akan menjadi magnet tersendiri untuk pecinta touring. Elang sendiri mempertimbangkan untuk boyong motor ini di masa depan, semoga terlaksana.

Berikut adalah spesifikasi lengkap Suzuki GSX150 Bandit, semoga bermanfaat sob.

Spesifikasi Suzuki GSX150 Bandit

 

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*