Perdana di Tanah Air, Yamaha akan Gelar Balap Endurance Festival 2018, Simak Kelasya Sob

Balap Endurance Festival 2018
Balap Endurance Festival 2018

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, Elang masih teringat saat seri terakhir Yamaha Sunday Race tahun 2017 lalu, Pak Abidin (YIMM) mengutarakan bahwa tahun depan (2018) Yamaha akan bikin kelas balapan baru yang spektakuler. Yup ada satu keyword yang memang menarik saat itu, Balapan Endurance atau uji ketahanan mirip-mirip Suzuka 8 Hours di Jepang.


Nah akhirnya Elang secara confirm mendapat info rilis dari YIMM bahwa gelaran balapan endurance ini fix akan jadi diselenggarakan 29-30 September besok sob. Jadi sepertinya Yamaha akan menambahkan event ini diluar agenda rutin Yamaha Sunday Race, pure Yamaha mendedikasikan sebuah ajang balapan bertajuk Endurance Festival 2018, mantap.

Balap Endurance Festival 2018

Sebagai informasi ini ajang ini belum pernah ada loh di tanah air, baru Yamaha yang mencoba melakukan gebrakan inovatif ini. Mendengar namanya Yamaha seolah mencoba memberikan challenge untuk menguji ketahanan mesin produk-produk motor R seriesnya.

Nah penasaran kelas-kelas apa saja yang akan dibuka di Endurance Festival ini? Simak info lanjutan berikut ini.


Balap Endurance Festival 2018

Yamaha akan hadirkan 3 kelas dimana 1 motor diisi oleh 2 rider. Yaitu Open Class 250 cc yang wajib menjalani perjalanan waktu balap selama 2 jam. Jadi kategori ini bersifat terbuka untuk pengguna Yamaha YZF-R25. Boleh diikuti pembalap profesional ataupun dari komunitas (Community). Persyaratan pesertanya bisa sesama rider profesional ataupun kombinasi rider profesional dan Comm Pro Rider, juga bisa sesama rider Comm Pro.

Kemudian kelas Community 250 cc (1 hour). Yang ini untuk rider Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B. Terakhir ialah kelas Community 150 cc (1 hour) yang diperuntukkan untuk Comm A dan Comm B ataupun sesame petarung Comm B. Dalam hal ini dengan pacuan Yamaha YZF-R15.

“Saya sangat senang mengumumkan kategori balap baru yang diprakarsai oleh Yamaha. Ini adalah balap ketahanan yang pertama dilakukan oleh produsen motor di Indonesia dimana Yamaha ingin memberikan konsumennya sebuah kesempatan dan tempat yang santai dan menyenangkan untuk satu kali dalam setahun seperti juga dalam festival besar balap Suzuka 8 Hours di Jepang,” terang Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT. YIMM).

Adapun penentuan pemenang berdasarkan pada jumlah total lap yang berhasil dilahap selama waktu balapan. Jadi berlaku seperti balap ketahanan di Suzuka ataupun Le Mans. Sehubungan aturan mesin untuk kelas Open Class 250 cc (2 hour) terdiri dari frame yang harus standar pabrik, cylinder-head yang boleh diporting, ECU dan suspensi yang bebas. Sedangkan untuk kelas Community 250 cc (1 hour), mesin full standar pabrik, ECU standar ditambah piggy back, frame standar pabrik dan suspensi bebas. Juga untuk kelas Community 150 cc (1 hour) serupa dengan regulasi Comm B Yamaha Sunday Race 2018 (YSR 2018).

Balap Endurance Festival 2018

Selain itu, pada event Ini juga tersaji berbagai acara menarik yang menjadi rangkaian Endurance Festival 2018. Peserta ataupun penonton yang hadir akan dapat menikmati serta membeli berbagai produk dalam aktifitas Racing Kit Market, Entertainment Festival, Fun Test Ride dan Community Gathering.

Dipastikan event ini akan menjadi magnet tersendiri sehingga banyak rekan-rekan komunitas ataupun pembalap profesional yang ikut hadir. Hal ini dikarenakan total hadiah bagi para pemenang mencapai Rp. 122 juta, untuk juara 1-10 perkelasnya.

Adapun pihak sponsor yang terlibat menyukseskan Yamaha Endurance Festival 2018 ialah Yamaha, Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Motobatt, BRT Nissin dan Pertamax Turbo.

Nah gimana pengguna R series berminat dan merasa tertantang, monggo ikutan sob.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*