Antisipasi Bahaya Jalanan Berlubang, Bagaimana Cara Menyikapi?

Antisipasi Bahaya Jalanan Berlubang
Antisipasi Bahaya Jalanan Berlubang

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, baru-baru ini di dekat tempat tinggal Elang terjadi kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dan truk pengangkut tanah. Memang sudah 2 bulan ini truk pengangkut tanah wira wiri di jalanan Bojong Nangka, gak kenal waktu gak hanya siang ternyata malam dan dini haripun pekerjaan itu digeber.

Kalau sudah berbicara kecelakaan melibatkan truk biasanya efek kecelakaan tidak bisa dikatakan ringan, minimal kelindes atau kepala pecah. Kurang lebih seperti itulah yang dialami korban pemotor yang baru-baru ini terjadi, Elang kurang tau persis kronologinya seperti apa. Namun melihat lokasi kejadian, Elang hafal betul tempatnya dimana disana terdapat lubang mengangah, besar kemungkinan pemotor menghindari lubang dan tertabrak truk.

Antisipasi Bahaya Jalanan Berlubang


Berbicara soal lubang di jalanan, ini adalah salah satu bahaya di jalanan yang perlu diantisipasi pengguna jalan sob. Tidak sedikit kecelakaan terjadi karena manuver menghindari lubang, entah itu kesamber kendaraan dari lawan arah maupun kesenggol kendaraan dari belakang.

Terkait hal ini, Elang coba sharing beberapa pakem bagaimana menyikapi medan lubang di jalanan agar terhindar dari kecelakaan yang fatal. Kira-kira kalau ketemu lubang apa yang sobat lakukan? Pastinya menghindar donk biar selamat. Ini sih kalau masih dapat dalam arti kondisi fokus berkendaranya baik dan punya pandangan jauh kedepan.

Namun kebanyakan dari pengendara itu tidak memiliki sikap antisipasi saat berkendara, apalagi jika menghadapi rute yang gak dikenal medannya. Lubang seolah menjadi momok yang sering menyebabkan pengendara alami kecelakaan dan umumnya fatalitas kecelakaan malah terjadi disebabkan manuver menghindari lubang ketimbang menghajar lubang itu sendiri. Nah kok bisa?

Yup pengendara yang gak antisipatif umumnya apa yang terjadi di jalan seolah-olah serba tiba-tiba, serba mendadak. “Tiba-tiba ada lobang” ujarnya, padahal itu lobang sudah ada sejak kapan tau 😀 Nah imbasnya reaksi yang diberikan serba reflek tanpa perhitungan.

Karena dikagetkan oleh sebuah lubang, pengendara menghindar secara mendadak ke kanan. Manuver ini yang kebanyakan menjadi sumber malapetaka karena bisa saja kesamber kendaraan lawan arah yang tidak terantipasi atau kesundul kendaraan lain dari belakang karena manuver mendadak.

Tidak hanya menghindar, masuk ke dalam lubang pun bagi pengendara yang tidak antisipatif bisa berakibat celaka.

Antisipasi Bahaya Jalanan Berlubang

Antisipasi Bahaya Jalanan Berlubang

Jadi bagaimana prilaku antisipasi yang tepat untuk terhindar dari bahaya lubang di jalanan ini? Satu hal yang pasti Elang ingin tekankan disini, sobat harus fokus dan punya pandangan jauh kedepan saat bawa motor. Tidak lagi menunduk sepanjang jalan dan dalam kondisi banyak pikiran kurang fokus.

Dengan punya pandangan jauh kedepan kita bisa melihat dan menganalisa berbagai potensi bahaya di depan. Jika pun ketemu lubang kita masih sempat untuk menghindar dengan manuver yang aman dan terukur.

Jikapun mendapati kondisi kurang ideal misal di kepadatan lalu lintas di medan yang tidak kita kenal, saat kita berada di belakang mobil hendaknya pastikan posisi motor kita berada di sisi belakang ban mobil bukan ditengah. Hal ini untuk antisipasi jika ada lubang tidak terlihat karena kehalang badan mobil.

Dan terakhir seandainya pun karena apes-apesnya harus menghajar lubang karena ketemu jalan minim penerangan, coba ambil langkah angkat setang motor saat ban depan menghajar lubang. Posisikan juga badan lebih condong ke belakang sambil berdiri, hal ini akan membantu ban depan gampang keluar dari jebakan lubang dan motor masih bisa dikendalikan.

Jika ada yang mau menambahkan berbagi tips cara aman menghadapi bahaya lubang di jalanan, monggo diskusi di kolom komentar sob. Keep safe ride!

 

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. Pilih-pilih Oli Buat Jupiter MX
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Biaya Service Fuel Injection Yamaha

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

4 Komentar

  1. Jaga jarak dgn kendaraan didepan biar bisa melihat lebih luas dan jauh, jangan terburu2, ikuti trak roda mobil/truk atau jangan persis dibelakang mobil/truk kalau jalannya cukup lebar tapi ambil sisi agak luar, dan kalau udah terlanjur deket lubangnya.. Rem sebisanya tp pas mau masuk lubang jgn lagi mengerem ambil aja lubangnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*