Galang Hendra Finish ke-7 WorldSSP300 Misano, Naik Klasemen ke-6

Galang Hendra Finish ke-7 WorldSSP300 Misano
Galang Hendra Finish ke-7 WorldSSP300 Misano

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, Galang Hendra Pratama berhasil finish ke-7 dalam balapan WorldSSP300 di Sirkuit Misano, Italia (8 Juli 2018) yang diikuti oleh 40 starter. Start dari posisi terdepan sebagai hasil kualifikasi Superpole 2 (SP2), pembalap tim Biblion Yamaha Semakin di Depan MotoX Racing ini konsisten berada di kelompok depan yang diisi sekitar 15 petarung.

Mereka bertarung sangat ketat dalam menu 13 lap yang wajib dilahap. Tidak pantang menyerah, Galang Hendra terus berjuang untuk mencapai posisi yang terbaik seperti saat merebut podium juara di trek Brno, Ceko (10 Juni). Sempat berada di deretan ke-8, kemudian melorot ke urutan 12 karena terhalang beberapa petarung di depannya.

Galang Hendra Finish ke-7 WorldSSP300 Misano

Kemudian Galang Hendra naik lagi di posisi ke-9 dan pada akhirnya finish ke-7. Ini memiliki gap waktu 1,204 detik dibelakang Bastianelli (Prodina Ircos Team) sebagai pemenang. Mengacu hal ini, maka Galang Hendra yang berasal dari Yogyakarta berada di posisi ke-6 dalam klasemen sementara WorldSSP300.


Karena Elang gak sempat nonton jalannya race, Elang coba kutip dari review Om Leopold soal performa Galang Hendra di Misano kemarin

Galang terbukti pembalap tercepat lap timenya saat kualifikasi. Begitu juga saat start lomba (lihat foto 1) dan separuh lap pertama.

Yang kemudian menyebabkan Galang kurang beruntung adalah taktik pemilihan racing line yg terbuka, dari luar, dengan tujuan mengejar exit corner speed yang tinggi. Ini adalah taktik saat di Assen sehingga bisa menang meskipun top speed R3 kalah.

Sayangnya taktik ini dipakai terlalu awal di Misano, posisi dg pembalap di belakang masih sangat dekat sehingga disalip berturut-turut dan kemudian terjebak dalam rombongan (lihat foto 2).

Kesulitan mengembangkan racing line khas Galang menyebabkan Galang sempat melorot ke posisi 13 di ujung belakang rombongan. Lap time Galang bahkan sampai 2 detik lebih lambat ketimbang kualifikasi akibat terjebak rombongan. Akhirnya bisa finisih di posisi 7 setelah fight dg Carasco.

Ada peningkatan peringkat karena sebelum WorldSSP300 Misano berada di urutan ke-8. Berdasarkan hasil klasemen sementara ini, maka Galang Hendra tetap mempertahankan posisinya sebagai racer terbaik diantara semua penunggang Yamaha YZF-R3 dan termasuk yang terbaik pula diantara peserta Yamaha bLU cRU Challenge.

Peringkat terbaik hingga lima besar diisi oleh pembesut Ninja 400 dan RC390R yang memang memiliki kapasitas mesin lebih besar. Namun, ini tidak menjadi penghalang Galang Hendra untuk menjadi yang terbaik pada putaran selanjutnya. Terlebih jarak poin dengan posisi diatasnya relatif dekat. Misal Galang Hendra dan Borja Sanchez yang ada di deretan ke-3 dalam klasemen sementara WorldSSP300 hanya berbeda 6 poin saja.

“Hari ini saya menyelesaikan balapan di posisi ke-7 dan saya bahagia karena itu sangat penting untuk klasemen kejuaraan. Dalam balapan, suhunya sangat panas dan saya mencoba untuk tetap bersama dengan grup teratas. Pada saat warm up, saya memiliki perasaan sepeda motor yang berbeda dengan sesi kualifikasi. Saya diskusi dengan tim dan mencari solusi hingga dapat finish di urutan ke-7. Saya senang dengan hasil race ini, setelah melalui pertarungan yang ketat. Terima kasih kepada Yamaha, tim saya, semua sponsor & semua warga Indonesia yang sudah memberikan support, saya akan melakukan yang terbaik untuk kembali ke podium pada balapan berikutnya di Portimao,” terang Galang Hendra Pratama. Seri lanjutan WorldSSP300 akan diselengarakan pada 12-14 September nanti di Portimao, Portugal. Jadi setelah liburan musim panas.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*