Konsumsi BBM Yamaha LEXi dipakai harian, rata-rata berapa sih?

Konsumsi BBM Yamaha LEXi
Konsumsi BBM Yamaha LEXi

ElangJalanan.NET – Assalamu’alaikum sobat biker, di artikel review Yamaha LEXi kali ini Elang coba share review konsumsi BBM si LEXi. 10 hari menemani aktivitas Elang dan 1x dipake riding ke Puncak jadi tau kisaran rata-rata konsumsi BBM Maxi Skutik ini berapa.

Yamaha LEXi memiliki kapasitas mesin 125cc Blue Core dengan penyematan teknologi klep VVA (Variable Valve Actuation). Dengan konfigurasi mesin ini karakter mesin Yamaha LEXi boleh dibilang mengasyikan untuk sebuah skutik 125cc, tenaga terasa ada terus sejak putaran bawah hingga atas. Nah dengan performa LEXi yang tergolong nampol ini apakah lantas konsumsi BBMnya boros? Yuk kita simak.

Selama pemakaian Elang hanya mengandalkan informasi MID yang ada di speedometer digital LEXi untuk mendapatkan informasi average fuel consumption-nya. Jadi selama review belum sempat pakai metode top up full to full seperti yang biasa Elang lakoni.

Dari 717 kilometer kebersamaan bareng LEXi S, Elang coba share FC bbm skutik ini dalam 3 kondisi pemakaian. Yakni pemakaian stop n go hanya di dalam komplek, pemakaian normal harian dalam kota dan pemakaian touring keluar kota.


Konsumsi BBM Yamaha LEXi
Rata-rata konsumsi BBM mode harian dalam kota

Untuk yang terboros konsumsi BBM Yamaha LEXi adalah ditunjukkan saat pemakaian hanya ngider stop n go di komplek perumahan aja, gak kemana-mana. Selama 3 hari awal karena bulan puasa Elang jarang keluar, hanya sebatas rumah masjid, rumah indomaret dan cari bukaan ngabuburit konsumsi BBM LEXi ngedrop abis sampai 40km/liter, bahkan pernah turun lagi hingga 39 koma sekian. Rata-rata skutik memang begini karakter FC nya jika dipakai hanya stop n go terus dalam jarak dekat, pasti boros.

Nah percobaan kedua setelah sebelumnya menu average FC Elang reset adalah ketika dipakai beraktivitas ke Jakarta bolak balik selama beberapa hari, dengan lalu lintas tidak terlalu macet. Fuel consumption Yamaha LEXi Elang perhatikan cukup irit, rata-rata 46km/liter.

Nah kondisi ketiga yang Elang coba adalah saat dipake touring keluar kota, waktu itu ke Puncak dan kondisi lalin tergolong ramai lancar, pokoknya harus riding jauh lebih dari 40km. Disini terlihat konsumsi BBM Yamaha LEXi semakin irit sob, sempat menyentuh 53km/liter. Bahkan Elang yakin jika perjalanan diteruskan lagi ini LEXi bisa lebih irit lagi hingga 55km/liter, Elang yakin banget yang ini.

Konsumsi BBM Yamaha LEXi
Konsumsi BBM LEXI diajak Touring

Dari percobaan ini Elang mengambil kesimpulan bahwa Yamaha LEXi ini memang layak dijadikan teman touring baru yang menggoda, tenaga nampol namun tetap irit. Ohya untuk BBM yang Elang pakai adalah Pertamax dan dalam pengetesan ini lebih dominan kondisi dipakai berboncengan dengan nyonya yang bobot total pengendara sekitar 115kg. Untuk kecepatan sendiri lebih sering range 70-80 kpj dengan kondisi VVA selalu aktif.

Semoga bermanfaat infonya sob.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*