Review Ban Aspira Premio Sportivo di NJMX 2011, Ban Terenak di MX Strada

Review Ban Aspira Premio Sportivo di NJMX
Review Ban Aspira Premio Sportivo di NJMX

ElangJalanan.NET – Assalamualaikum sobat biker, sudah lama gak review printilan part di MX Strada. Bulan Januari lalu Elang sudah sempatkan ganti ban belakang menggunakan Aspira Premio Sportivo ukuran 100/80-17. Nah setelah dipakai 4 bulan dan menempuh 4.000 kilometer rasanya sudah cukup untuk memberikan gambaran impresi dari ban ini.
Kenapa Elang akhirnya menggunakan seri ban ini, tak lain tak bukan adalah berkat dengar review sana sini, baik dari testimoni temen blogger maupun user biasa yang mau share pengalamannya dengan ban ini.

Berbicara riwayat di MX Strada seperti sobat biker biasa ikuti disini, sebelumnya Elang selalu cocok dengan ban lokal Corsa series khususnya tipe S123. Walau bagi user lain Corsa dianggap punya kekurangan disini dan disitu namun bagi pemakaian Elang di bebek super NJMX terasa enak-enak aja tuh. Dan sepengalaman Elang menggunakan ban lokal, Corsa Platinum adalah ban sebelumnya yang paling enak buat cornering, hanya saja minusnya compoundnya cepat habis.

Review Ban Aspira Premio Sportivo di NJMX

 


Sampai di satu momen Elang kenal dan jajal langsung ban keluaran Aspira Premio Sportivo, walau bentuk kembangan Elang kurang suka modelnya namun ada yang beda dan memberikan feel positif setelah ban ini dicoba langsung.

Sekilas mengenai Aspira Premio ini kabarnya adalah ban hasil kerja sama dengan Pirelli Tire S.p.A. Wow siapa gak kenal brand Pirelli, ban yang banyak dipakai dideretan motor-motor berperforma tinggi yang tentu perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya. Singkat kata berkat kerjasama ini positifnya user mocil 250cc kebawah bisa mendapatkan ban lokal dengan performa mirip-mirip Pirelli, ngarep 😀

Review Ban Aspira Premio Sportivo di NJMX

 

Nah emangnya seperti apa performa ban Aspira Premio Sportivo ini dipakai di bebek NJMX? Walau Elang hanya menggunakan/mengganti ban belakang saja dengan Aspira sementara ban depan masih Corsa S123 namun secara feel Elang bisa merasakan perbedaan signifikan di bagian ban belakang khususnya saat melibas tikungan.

Impresi yang bisa Elang berikan, Elang berikan dua jempol untuk performa ban ini di tikungan. Ban ini enak banget bro dipakai nikung, harus dua jempol karena performa cengkraman ban tak hanya enak buat nikung di kondisi aspal kering, namun tetap menggigit coba nikung di kondisi aspal basah. Ban sama sekali tidak ada gejala bergeser saat dipakai nikung di jalanan basah, buat Elang ini sesuatu karena selama pakai ban lain sebelum ini belum pernah mendapatkan performa cengkraman ban yang aduhai khususnya saat dipakai nikung.

Review Ban Aspira Premio Sportivo di NJMX

Dari pengalaman ini Elang yang semula under estimate dengan model kembangan ban ini jadi respect, kembangannya yang berbentuk U kesamping ternyata bekerja baik membelah air dan memberikan cengkraman maksimal di jalanan basah.

Gimana dipakai di trek lurus? Yang ini gak usah ditanya sob, dipake speeding traksi ban Elang rasakan maksimal, gak ada gejala slip dan saat bermanuver ingin pindah jalur cukup main body sedikit (memiringkan motor sedikit) maka ban dapat berpindah jalur dengan memberikan kestabilan di motor, motor jadi terasa antep.

Review Ban Aspira Premio Sportivo di NJMX

Gimana keawetan compoundnya, karena gak punya alat ukur Elang coba ukur berdasarkan pandangan mata saja nih. Terlihat setelah dipakai 4 bulanan dengan jarak tempuh 4.000km terlihat compound ban masih tebal masih jauh dari batas TWI (Tread Wear Indicator).

Review Ban Aspira Premio Sportivo di NJMX
compound masih tebal setelah 4.000km pemakaian

Last, dari impresi yang sudah Elang rasakan ini Elang bisa berikan nilai 8 dari 10 untuk performa ban besutan Aspira ini. Dengan harga yang cukup terjangkau hanya 305rb untuk ukuran 100/80-17 Elang bisa referensikan ke sobat biker bahwa ban Aspira Premio Sportivo rekomended banget buat yang mencari performa dan keawetan ban baik di trek kering maupun basah.

Ada yang punya pengalaman serupa, monggo dishare sob, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

3 Comments

  1. wes ora wani miring2 maneh om pake bebek, gowo nyowo 4 je, hehehe….
    udah brp km mas odometermu? udah ganti kampas kopling blum?

    • Aku yo wani miring2 nek ketemu tikungan terbuka ora ono blindspot 😀 odometer wis 160.400km, kanvas kopling wis ganti 1x

  2. sip, saya jg dah coba aspira premio sportvo di new mx 2011 autoclutch, mmg terasa stabil bgt, jauh diatas dunlop yg sebelumnya.. harga mmg tdk bohong
    ukuran 100/80 245rb n depan 80/80 160rb

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*