Setelan Rantai Sudah Mentok, Solusi Potong Satu Mata Rantai, Masih Aman

Solusi Potong Satu Mata Rantai
Solusi Potong Satu Mata Rantai

ElangJalanan.NET – Assalamualaikum sobat biker, Elang ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan, semoga diberikan kelancaran ibadahnya untuk hari ini. Hari pertama puasa mood beraktivitas Elang nyangkut di urusan motor, hehehe…gini nih kalau jiwa udah menyatu dengan motor kesayangan, ada sesuatu di motor moodnya jadi kebawa.

Jadi ceritanya sudah seminggu ini MX Strada perlu mendapat perhatian. Bukan karena jadwal ganti oli atau service rutin yang telat melainkan setelan rantai motor sudah habis alias mentok. Galau karena teringat dulu pernah potong rantai di bengkel resmi Yamaha waktu sekalian jadwal service. Nah kali ini motor lagi gak ada jadwal apapun alias sehat kecuali rantai, mosok harus ke beres cuman minta potong mata rantai, apa mau?

Akhirnya hari ini coba jajal ke bengkel biasa yang kategori lengkap dan ramai untuk satu keperluan ini aja, mudah-mudahan bisa dihandle. Dan alhamdulillah jawabannya BISA!

Gear set ori Yamaha NJMX, setelah setahun menempuh jarak 15.000km akhirnya setelan rantai ketemu mentoknya, kondisi rantai pun sudah kendor maksimal pastinya.

Karena gear masih bagus hanya rantainya saja yang melar, solusi cukup potong satu mata rantai seperti yang sudah-sudah.

Beruntung di bengkel Ali Motor Leuwinanggung menggunakan alat potong rantai yang praktis, tanpa perlu lepas rantai keseluruhan, prosesnya singkat gak sampai 5 menit. Setelah kelar Elang cuma bayar ongkos 10 ribu + 5rb untuk tip mekanik. Setelan yang semula mentok di angka 12 kini sudah maju lagi ke angka 3.8, sip.

Solusi Potong Satu Mata Rantai

Dengan tips ringan ini umur rantai masih layak dipakai untuk setahun kedepan atau dengan jarak tempuh 10.000km lagi (tergantung pemakaian). Catatan: Perhatikan kondisi gear, jika sudah tajam atau aus tidak disarankan melakukan potong mata rantai, lebih aman ganti gearset sekalian.

Jadi umur gearset ori NJMX selalu selesai di 25.000km atau masa pakai 2 tahun.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

2 Komentar

  1. Potong mata rantai sebenarnya malah sangat berbahaya. saat rantai sudah kendor dan sudah mencapai batas maksimum sebenarnya itu adalah tanda rantai harus sudah diganti.
    Karena kendornya rantai disebabkan oleh terkikisnya permukaan pin & bushing dari rantai.

    jika dilakukan pemotongan jumlah rantai maka beban awal diterima oleh A akan semakin besar diterima sisa rantai setelah dipotong.

    semoga informasi ini berguna.
    Maru
    Sales Officer
    D.I.D Racing Chain

    • Terima kasih inputannya kang, setuju kalau sudah dipotong begini kekuatannya gak akan sama dengan semula, makanya di kebiasaan saya selama ini toleransi potong hanya satu mata dan 1x, setelah itu complete ganti gearset

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*