VLOG: Mengenal Teknologi pada Honda PCX Hybrid, diklaim performa akselerasi lebih nampol

Teknologi pada Honda PCX Hybrid
Teknologi pada Honda PCX Hybrid

ElangJalanan.NET – Assalamualaikum sobat biker, pada Kamis minggu lalu (19/04) AHM telah memperkenalkan varian kedua dari Honda PCX 150, yakni Honda PCX Hybrid. Sekedar informasi di dunia ada tiga tipe dari Honda PCX, yakni PCX bermesin bakar, kemudian PCX bertenaga listrik dan terakhir dan yang pertama kali diproduksi di tanah air adalah PCX Hybrid.

Awal mulanya Elang kira Honda PCX Hybrid ini memiliki 2 mode dalam artian sumber tenaganya ada 2 mesin bakar dan motor listrik yang bekerja berbarengan. Namun setelah mendapatkan presentasi produk knowledge dari AHM, ternyata bukan begitu sob cara filosofinya, jadi bertambah lagi deh wawasan tentang teknologi Hybrid nih, khususnya yang ada di PCX.

Motor Assist PCX Hybrid
Tambahan Motor Assist pada poros engkol PCX Hybrid

Teknologi Hybrid yang disematkan pada varian PCX ini memanfaatkan komponen ACG yang telah dikembangkan. Dengan ketambahan motor assist pada sambungan poros engkol yang digerakkan oleh batere lithium bertegangan tinggi, saat gas diputar spontan maka akan ada tambahan torsi selama 3 detik. Gimana bro, mulai kepo kan?

Dengan adanya tambahan sistem hybrid ini Honda PCX Hybrid dilengkapi fitur baru full digital panel meter dengan tampilan yang canggih dan informatif melalui tambahan fitur mode berkendara, level pengisian baterai dan indikator baterai Lithium.

Teknologi pada Honda PCX Hybrid
Ada 3 Riding Mode di Honda PCX Hybrid

Tak hanya itu, istimewanya di PCX Hybrid ini ada fitur riding mode yang disematkan pada stang sebelah kiri. Mode ini akan berfungsi saat motor assist memberikan dukungan tenaga, dimana mode ini terbagi dengan tiga mode pilihan yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengendara. Untuk mode “D” merupakan drive mode dimana pengendara dapat merasakan performa bertenaga namun hemat bahan bakar (merupakan mode standar saat motor dinyalakan). Selanjutnya, mode “S” merupakan sport mode untuk pengendara yang ingin merasakan akselerasi lebih responsif dibanding mode D. Untuk mode Idling, pengendara dapat menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (performa tenaga sama seperti mode D).

Teknologi pada Honda PCX Hybrid
Penampakan Sistem Hybrid di Honda PCX

All New Honda PCX Hybrid semakin mewah dengan lampu LED di semua sistem pencahayaan. Model ini juga dilengkapi dengan Enhanced Smart Power (eSP) teknologi minim gesekan dan efisiensi pendinginan mesin, serta transmisi yang menghadirkan performa mesin terbaik. Untuk menunjang kenyamanan, model ini telah dilengkapi DC socket untuk power charger yang disematkan di konsol box sisi depan. Honda Smart Key System baru yang terintegrasi dengan alarm anti maling serta Answer Back System juga membuat skutik premium ini semakin canggih.

Teknologi pada Honda PCX Hybrid
Modul-modul sistem Hybrid di PCX

Dari sisi fitur fungsional, skutik premium ini memiliki kapasitas tanki BBM terbesar di kelasnya yaitu 8 liter dan fitur praktis berupa tombol pembuka tangki dan jok yang terintegrasi dengan kunci kontak. Model ini juga dilengkapi seat stopper yang menahan posisi jok agar tidak tertutup saat sedang menyimpan atau mengeluarkan barang. Sensasi berkendara sempurna hadir dengan posisi berkendara yang memanjakan ditambah dengan suspensi ganda yang nyaman di bagian belakang.

Teknologi pada Honda PCX Hybrid
Ilustrasi Cara Kerja Sistem Hybrid di PCX

All New Honda PCX Hybrid hadir dipasarkan dengan kisaran harga yang sangat kompetitif yakni OTR (On The Road) DKI Jakarta sekitar Rp 40 Juta-an.

Monggo bro simak video vlog penjelasan teknologi PCX Hybrid oleh Pak Endro dari Divisi Teknikal AHM, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*