Seri Perdana Yamaha Sunday Race 2018, Diramaikan 215 Starter, Gairah Jumlah Peserta Meningkat

Seri Perdana Yamaha Sunday Race 2018
Seri Perdana Yamaha Sunday Race 2018

Assalamualaikum sobat biker, hari Minggu ini putaran perdana gelaran Yamaha Sunday Race (YSR) 2018 resmi digelar di Sirkuit Sentul, Bogor diramaikan. Ternyata selain diramaikan 215 starter jumlah kelas bertambah menjadi 10 kelas, seperti biasa kategori R25 Comm B selalu menjadi kelas terfavorit dengan peserta terbanyak 62 starter bro.

Nah untuk Peserta yang baru ikut musim ini dibuatkan kelas khusus, “R25 Comm B Beginner” pesertanya luar biasa langsung 29 pembalap. Komunitas yang berasal dari YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia), R25 Rock, YARRCI (Yamaha R25 Rider Cub Indonesia) dan Cornering Indonesia. Gak hanya di kelas ini, di kelas moge yakni kelas Superstock bertambah juga gairahnya dengan meningkat menjadi 13 starter.

Seri Perdana Yamaha Sunday Race 2018
Kelas Baru All New R15 Idemitsu Junior Pro

Di seri perdana ini, ada yang menjadi pusat perhatian yakni dari aksi adik-adik pembalap Junior Pro YSR 2018. Kelas baru ini khusus dipersiapkan bagi pembalap junior berumur maksimal 16 tahun bro, mereka mengendarai All New R15. Kelas ini diberi nama “All New R15 Idemitsu Junior Pro” pesertanya diambil dari kelas Motoprix MP5 dan MP6 sebanyak 17 pembalap muda berbakat. Syarat mutlak maksimal berusia 16 tahun, diproyeksikan untuk pembalap masa depan Indonesia, yang suatu saat mampu membuktikan Merah putih Semakin Di Depan.

Para pembalap muda ini datang dari berbagai daerah dari Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Madura dan Jawa. Seperti Nia Ramdhani asal Medan, Sumatera Utara, kemudian Andi Mahmud Mappeganti dari Sulawesi Tengah ataupun Fahmi Basam asal Sulawesi Tengah. Mereka bernaung di sekolah balap seperti D45 Road Racing Academy, Bob’s R7 Racing School, Rey Racing School dan Hendriansyah Racing School.

Seri Perdana Yamaha Sunday Race 2018
Pembalap Fahmi Basam

Untuk pacuan All New R15 yang merupakan motor sport yang merupakan penyempurnaan dari R15 lama yang langganan Juara Nasional di IRS dan tidak terkalahkan. Unit motornya sendiri disediakan langsung Yamaha Indonesia.

“Metode belajar bersama dengan pembalap senior yang sangat berpengalaman sangat efektif, dimulai dengan briefing pagi hari, dilanjutkan medical check-up agar mereka dapat mengetahui kondisi tubuh mereka sendiri dan ditekankan kepada pembalap muda tersebut pentingnya persiapan diri sebelum balapan. Dicontohkan cara komunikasi intensif dengan teknisi, review hasil latihan dan cara mengevaluasinya, lengkap pokoknya !,” ujar Kadek Suma, Divisi Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Seri Perdana Yamaha Sunday Race 2018

Hasilnya Luar biasa, pembalap pembalap muda tersebut mengalami peningkatan waktu yang sangat tajam saat kualifikasi dibandingkan saat latihan bebas. Seperti petarung asal Sulawesi dari tim Yamaha PRS, Fahmi Basam yang sebelumnya mengukir 2 menit 08,262 detik (FP), kemudian menjadi 2 menit 02,284 detik saat kualifikasi Sabtu (7 April).

“Saya memperbaiki racing-line berdasarkan masukan yang saya terima dari Instruktur dan yang utama ialah makin bersemangat dan optimis dapat mempertajam catatan waktu,” tutur Fahmi Basam yang masih berusia 13 tahun dan beberapa waktu lalu merebut podium juara MP5 dan MP6 dalam Motorprix 2018 Sidrap, Sulsel.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*