Launching Tim MotoX Racing 2018, Galang Hendra Siap Berlaga di WSSP300 Full Seri

Launching Tim MotoX Racing 2018
Launching Tim MotoX Racing 2018

Assalamualaikum sobat biker, agak late post nih bro karena kesibukan di dunia nyata 😀 ohya tim MotoX Racing yang akan menaungi Galang Hendra secara resmi telah dilaunching di gelaran MotoDays, Italia pada Sabtu 10 Maret lalu. Dan saat ini Rider asal Yogyakarta ini sudah melakukan persiapan balapan pra-musim menjelang seri perdana WSSP300 2018.


Sedikit flash back ke akhir musim lalu, Galang Hendra secara mengejutkan mampu merenggut podium juara di seri pamungkas WSSP300 sirkuit Jerez, padahal statusnya pada saat itu sebatas wildcard. Kesempatan kedua ini Galang Hendra dapatkan setelah di seri sebelumnya motor YZF-R3 yang dipacunya mengalami kendala teknis. Sebagai permintaan maaf Yamaha Eropa Galang berhak mendapatkan satu kesempatan lagi sebagai wildcard di seri Jerez, Spanyol.

Salut juga nih bro melihat jenjang karir pembalap muda yang baru berusia 19 tahun ini dan juga untuk Yamaha Indonesia yang serius memberi jalan kepada pembalap muda Indonesia untuk berlaga di ajang balap dunia WSBK. Selain di kejuaraan utama WorldSSP300, Galang Hendra Pratama juga bersaing dengan empat pembalap muda berbakat lainnya di Yamaha R3 bLU cRU Challenge.

Launching Tim MotoX Racing 2018
Galang Hendra bersama Alberto Barozzi

Program Yamaha bLU cRU sendiri dirancang untuk memberikan tahapan karir yang realistis dan jelas bagi pembalap muda berbakat. Yaitu menuju kejuaraan WorldSBK. Musim 2017 lalu merupakan tahun perdana Yamaha R3 bLU cRU Challenge digelar, dan pembalap asal Italia Alfonso Coppola tampil sebagai pemenang setelah menjadi runner-up atau posisi ke-2 WorldSSP300. Hanya kehilangan satu poin saja.


Sebagai hadiah atas kemenangan Yamaha R3 bLU cRU Challenge-nya, Coppola telah membuat langkah maju, yaitu menuju Kejuaraan WorldSSP untuk tahun 2018 bersama Tim WorldTech GRT Yamaha Official WorldSSP. Nah, untuk 2018 ini terdapat enam pembalap baru yang dipromosikan dari R3 bLU cRU Challenges and Cup menuju Kejuaraan WorldSSP300.

Keenamnya akan mendapatkan dukungan lebih sebagai rider Yamaha R3 bLU cRU Challenge. Dalam konteks ini mendapat dukungan part balap, layanan balapan di trek, pakaian paddock yang khusus dan banyak lagi. Pemenang 2018 Yamaha R3 bLU cRU Challenge akan seperti Coppola dihargai dengan apresiasi diberikan kesempatan step-up ke kelas yang lebih tinggi dan pastinya akan didukung Yamaha pada 2019.

Launching Tim MotoX Racing 2018

Sekilas profil Galang, bahwa pembalap berbakat ini lahir di Yogyakarta yang besar dari keluarga balap, dengan kedua orang tuanya berkompetisi di dunia road race. Dia mulai mengendarai motorcross pada usia tujuh tahun namun akhirnya mengikuti jejak orang tuanya dan melakukan debut road race saat dia berusia sepuluh tahun (2009). Dia juga telah mengikuti balap nasional di Indonesia hingga menunjukan bakat yang luar biasa untuk masa depan.

Tahun 2015, Galang Hendra menjadi racer resmi Yamaha Racing Indonesia (YRI) di kategori Asian Road Racing Championship (ARRC) kategori Asia Production (AP250). Hajatan AP250 ini pertama digelar dan Galang Hendra menempati urutan kesembilan secara keseluruhan di musim rookie dengan motor Yamaha YZF-R25. Penampilannya yang mengesankan berlanjut hingga musim 2016 dan melihatnya terpilih untuk mengikuti edisi kedua Yamaha VR46 Master Camp.

Galang Hendra menghabiskan satu minggu training atau penajaman skill balap dari idolanya Valentino Rossi dan timnya. Tahun 2016, Galang Hendra berada di posisi klasemen kelima di Kejuaraan ARRC (AP250) yang sangat kompetitif dan pada 2017 ia menyelesaikan keseluruhan di posisi keenam dalam kejuaraan yang sama. Mantapnya, Galang Hendra memenangkan podium juara untuk pertama kalinya menjelang akhir musim 2017.

Galang Hendra memperlihatkan bakatnya yang luar biasa saat tampil dua kali sebagai wildcard di Kejuaraan WorldSSP300 2017. Tidak pernah balapan dengan Yamaha YZF-R3, bahkan belum pernah ke Eropa apalagi naik di trek hingga dia tampil impresif di Portimao, Portugal. Sempat berada dalam sepuluh besar saat balapan, sebelum terpaksa kembali ke pit dengan masalah teknis. Dia kembali bersemangat setelah diberi kesempatan wildcard kembali di Jerez. Disini Galang Hendra memberikan sebuah kemenangan sensasional. Setelah penampilan yang luar biasa di Spanyol tersebut, musim 2018 bersama dengan Moto X Racing di WorldSSP300 akan balap secara full seri.

Team MotoX Racing sendiri didukung oleh kolaborasi kemitraan baru antara Yamaha Motor Eropa dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang melihat kedua merek tersebut bekerja sama untuk membantu memelihara dan mengembangkan pembalap muda terbaik dari kawasan ini. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan sepeda motor Yamaha di Indonesia dengan slogan Yamaha Indonesia “Semakin di Depan”, yang berarti “satu langkah ke depan”. Sebuah filosofi yang mewujudkan segala hal yang ingin dicapai YIMM, menawarkan produk yang lebih baik kepada pelanggan, layanan purna jual dan kepuasan yang lebih baik.

Launching Tim MotoX Racing 2018

“Saya merasa terhormat dan bangga mendapatkan kesempatan ini untuk mewakili Yamaha dan Indonesia di ajang Yamaha R3 bLU cRU Challenge dan Kejuaraan Dunia WSSP300. Setelah kemenangan saya di balapan terakhir di Jerez, kini saya diberi kesempatan untuk bersaing penuh dalam Kejuaraan ini dan akan menjadi tantangan, karena saya harus belajar sebagian besar sirkuit saat kami pergi tapi saya senang dengan tantangan yang ada di depan. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di Yamaha Indonesia, Yamaha Motor Europe, dan Team MotoX Racing karena memberi saya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan saya di pentas Dunia,” ungkap Galang Hendra Pratama.

“Kami bangga berada disini dalam event MotoDays yang terkenal di Roma untuk peluncuran Team MotoX Racing sebagai penantang juara WorldSSP300. Yaitu dengan pembalap muda berbakat asal Indonesia, Galang Hendra. Dia memberi kesan mendalam dalam dua kali penampilan wildcard di tahun 2017 dan sepenuhnya layak mendapat kesempatan untuk bersaing di kejuaraan dunia full-seri. Dia adalah satu dari lima pembalap yang telah dipilih dari masing-masing kejuaraan nasional untuk bersaing di 2018 Yamaha R3 bLU cRU Challenge setelah tampil mengesankan di Masterclass. Semua tim dan pembalap sedang mempersiapkan tes pra-musim dan fokus untuk memasuki babak pertama musim ini dengan cara terbaik. Saya mengucapkan terima kasih kepada Minoru Morimoto, Presiden Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan seluruh stafnya atas kolaborasi khusus ini yang memberi para pembalap muda Asia. Karir yang jelas ke Kejuaraan WorldSBK dan menampilkan kekuatan di Keluarga Yamaha,” tukas Alberto Barozzi selaku Yamaha Motor Europe bLU cRU Racing Manager.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*