Vlog: Review Konsumsi BBM Yamaha Vixion R, seberapa irit sih?

Konsumsi BBM Yamaha Vixion R
Review Performa Vixion R

Assalamualaikum sobat biker, oke kembali lagi mas Bro ke tematik artikel Vixion R, setelah tertunda beberapa hari dengan artikel lainnya akhirnya artikel vlog Vixion R baru sempat Elang publish.

Yamaha Vixion R adalah sport naked teranyar dari YIMM yang datang dengan segudang fitur dan peningkatan performa mesin yang signifikan. Sudah mahfum di kelas ini, selain performa konsumen juga nuntut konsumsi bbm yag irit di motor sportnya. Nah gimana dengan Vixion R ini, mampukah mengakomodir tuntutan irit ini? Monggo dilanjut.

Unit test yang Elang peroleh langsung Elang gelandang melakukan short touring ke Puncak via Bukit Pelangi. Rasanya rute dan kondisi jalanan dari homebase Elang di Cikeas menuju Bukit Pelangi cukup bisa mengakomodir kebutuhan pengetesan berbagai sisi termasuk untuk mengukur konsumsi BBM si Vixi.


Konsumsi BBM Yamaha Vixion R
Trip 2 reset ke nol

Pagi itu Elang berboncengan dengan nyonya, isi full tank BBM Pertamax di SPBU Wanaherang belakang rumah. Setelah isi full tank Elang coba melipir untuk mereset Trip 2 dan juga reset informasi Average fuel consumption di Vixi, oke semuanya kita mulai dari nol ya..

Konsumsi BBM Yamaha Vixion R
average fuel consumption direset ke nol

Perjalanan dimulai menyelusuri Jalan Wanaherang – Gunung Putri hingga Citeureup. Sengaja pilih rute ini karena untuk mencari spot macetnya bro untuk mewakili konteks pengukuran konsumsi bbm ini. Pokoknya judulnya pake si Vixion R apa adanya, gak ada diirit-iritin, kena macet ya hayuk, ketemu jalanan lowong ya geberrr.. Yang tau Jalan Gunung Putri – Citeureup pasti tau gimana kondisi kemacetannya, dipenuhi truk-truk tronton pabrik-pabrik, mirip-mirip kondisi Tanjung Priuklah.

Tiba di Bukit Pelangi Vixion R mulai diajak riding nanjak dengan bobot dua orang bersama boncengan, wis pokoknya disini gaspol di gigi 3 karena memang mau tau gimana daya climbing si Vixi dengan posisi gigi 3 di tanjakan, hasilnya motor ini enteng banget buat nanjak, no complain.

Sampai di Gadok kita lanjut ke Puncak tapi hanya sebatas sampai pom bensin pertama aja karena Elang lihat jarak trip sudah 41 kilometer. Oke sudah cukup yang artinya PP pasti dapat 80an kilometer nanti sampai rumah, sudah cukup untuk mewakili jarak pengukuran.

Singkat cerita sesampainya di rumah Elang perhatikan Trip 2 sudah tercatat 86 kilometer, dan langsung saja kepoin konsumsi BBMnya, Elang tekan tombol MID avg fuel consumption, hasilnya dalam format L/100km. Di dashboard keluar angka konsumsi 2.2L/100km yang artinya 100/2.2 = 45.45km/liter

Konsumsi BBM Yamaha Vixion R
PP Cikeas – Puncak 86km

Nah gimana bro cukup irit gak konsumsi BBM Vixion R segitu? Angka tersebut didapat dengan gaya riding normal gak dipelan-pelanin, pokoknya riding biasa dan melewati kemacetan serta tanjakan Bukit Pelangi dengan berboncengan.

Konsumsi BBM Yamaha Vixion R
konsumsi bbm rata-rata 2,2L/100KM = 45,45km/liter

Untuk mengetahui teknis pengukuran ini Elang buatkan video vlognya bro, monggo ditonton. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

9 Komentar

  1. irit banget tuh vixion-R. saya pake aerox 155 berboncengan tiap hari cuma dapat 1:36-37km uda termasuk macet. klo sendirian baru bisa 1:43-45

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*