Test Ride Honda CB150 Verza 2018, Motor Pekerja yang Nyaman dan Torqy

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Test Ride Honda CB150 Verza 2018

Assalamualaikum sobat biker, kali ini Elang ulas sedikit review dari impresi icip-icip sport naked entry level dari AHM yang merupakan versi facelift dari Honda Verza setelah 5 tahun berselang. Saat perilisan AHM menyediakan arena test ride yang cukup luas dan bisa mewakili track atau lintasan keseharian motor sport terbaru ini yang kini berubah nama menjadi Honda CB150 Verza.

Arena test ride sama dengan yang dipake waktu test ride All New Honda PCX 150 beberapa hari sebelumnya bro, cuma bedanya kali ini lebih asyik karena digelar di siang hari. Simulasi lintasan lumayan komplit dimana bisa straight hampir 100 meter, tikungan cepat untuk uji handling dan speed trap untuk test kinerja suspensi, tak lupa dibikin tikungan sempit untuk mengetes kemampuan manuver Honda CB150 Verza dalam kecepatan rendah, joss pokoke trek yang disediakan.

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Ergonomi nyaman Honda CB150 Verza

Oke langsung aja ke kesan impresi jajal Honda CB150 Verza beberapa lap yang Elang lakukan bareng teman-teman blogger kemarin. Blogger diberi jatah 3 lap sahaja, namun bukan blogger enthusiast namanya kalau hanya puas dikasih jatah 3 lap, banyak yang ketagihan nambah lagi sehabis jatah pertama karena kebetulan waktu masih lowong sebelum nanti rombongan diajak bertemu Marquez.

Ergonomi

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Posisi duduk nyaman Honda CB150 Verza

Secara ergonomi posisi duduk motor ini gak banyak berubah, masih tetap sama dengan Verza lama, masih menawarkan posisi riding yang nyaman karena posisi setang dekat dengan pengendara dan footstep sejajar lurus dengan kaki mirip footstep di motor bebeklah. Ergonomi model begini nih salah satu yang dicari rider yang mengedepankan kenyamanan, mau buat harian atau jarak jauh no problem, nyaman pasti.


Tinggal masalah joknya aja nih bro yang masih keras, mungkin perlu dipermak lagi dengan nambah busa agar lebih empuk.

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Ergonomi Honda CB150 Verza

Performa Mesin

Coba nyalakan mesin, brum..suara ngebas knalpot Verza baru ini masih sama bro, dan Elang setuju mending knalpot lama Verza tetap dipertahankan karena punya karakter suara ngebas yang khas, Elang suka bagian ini.

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Test Ride Honda CB150 Verza

Mesin Verza menggunakan mesin yang sama dengan kapasitas 150cc berpendingin udara dengan power maksimum 13.04 PS dan torsi maksimum 12,7 Nm di 6.000 rpm, alhasil sudah bisa ditebak ini motor pasti enak di putaran bawahnya. Dan benar saja waktu mulai start Elang coba agak agresif buka kopling dan buka throtle agak gede di gigi 1, ban depan langsung loncat euy..mantap

Namun nafas gigi sport naked entry level ini gak begitu panjang, gak pake lama mesti minta pindah ke gigi 2-3, gak tau deh gimana kans gigi 4 dan 5 nya gak bisa gali ditrek yang terbatas kemarin, namun dugaan Elang pasti sama pendek-pendek karena motor ini arahnya lebih untuk stop n go aja sebagai motor pekerja.

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Test Ride Honda CB150 Verza 2018

Handling Motor

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Test Ride Honda CB150 Verza 2018

Berbicara handling baru bisa dirasakan saat menikung cepat, karakter suspensi belakang agak stiff sementara suspensi depan kelembutan euy, efeknya kalau buat nikung cepat yang Elang rasakan agak ngayun. Ditambah ban bawaan Verza yang modelnya begitu kurang ngegrip dipake nikung.

Di speed trap setelah puas jajal suspensi Elang gunakan buat zig zag slalom, hasilnya ya gitu deh Verza gak segesit CB150R.

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Test Ride Honda CB150 Verza 2018

Pengereman

Untuk sektor pengereman bisa Elang nilai cukup positif, rem cakram depannya lumayan pakem, begitupun rem belakang yang masih tromol tetap OK buat ngimbangi kerja rem depan.

Last dari test ride kemarin yang Elang simpulkan untuk performa harian New Honda CB150 Verza ini sudah mumpuni, berkaca ke belakang memang generasi mesin Verza sebelumnya minim keluhan. Nilai jual dari Verza ya sisi nyaman dan ketangguhan durability serta tingkat keiritan konsumsi BBMnya sob. Mas Priyo aja selaku owner Honda Verza mengaku sering dapetin konsumsi bbm 50km/liter tiap riding luar kota.

Test Ride Honda CB150 Verza 2018
Test Ride Honda CB150 Verza 2018

Nah bagi mas bro yang cari motor pekerja nan tangguh dan irit bisa melirik New Honda CB150 Verza, di versi terbaru ini punya tampilan lebih maskulin dengan headlamp model bulatnya.

Monggo tonton video test ridenya sob berikut ini, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*