Catatan Cara Blokir STNK Hindari Pajak Progresif

Cara Blokir STNK

Assalamualaikum sobat biker, masih ingat salah satu motor yang ada di garasi Elang beberapa waktu lalu? Yap Honda Supra X125 lansiran 2011 akhirnya dilepas oleh nyonya karena motor jarang dipakai dan istri sendiri memang sudah gak pernah mau lagi untuk naik motor. Dengan hadirnya motor kedua ini, otomatis si Supra AUX (Elang dulu beri nama) langganan kena pajak progresif setiap tahunnya.

Si Supra Aux sudah pindah tangan sejak pertengahan November kemarin, rencananya kasih jeda 1 bulan baru Elang coba untuk blokir di Desember kemarin, namun karena cukup padatnya aktivitas di Desember belum sempat untuk ke Samsat untuk melakukan pemblokiran.

Akhirnya baru hari ini (17/01/2018) Elang bersama nyonya sempatkan berkunjung ke Samsat Jakarta Timur untuk blokir STNK. Tata cara blokir STNK sebenarnya cukup mudah dan gak perlu antrian panjang, disini Elang coba share tata cara urutan pengurusannya sob.


Cara Blokir STNK
Print out daftar motor satu KK

Pertama datang di Samsat Jakarta Timur langsung belok kiri ke loket paling kiri di pojok untuk pengecekan progresif, yap di plangnya tertulis PENGECEKAN PROGRESIF. Disini sobat biker cukup kasih KTP ke petugas untuk minta print-an daftar motor dalam satu KK (Kartu Keluarga). Gak pake lama data yang kita minta pun keluar dari mesin cetak, disini tertera untuk KTP Elang ada 2 motor yakni MX Strada atas nama Elang dan Supra AUX atas nama istri. Nah motor kedua ini yang kena pajak progresif dan memang akan diblokir karena sudah dijual.

Cara Blokir STNK
Persyaratan Blokir STNK

Setelah itu sobat menuju ke ujung (kalau dari arah pintu masuk tadi belok kanan) setelah mentok belok kiri, pokoknya ke loket diluar loket reguler adanya di belakang. Nanti ketemu loket pemblokiran STNK. Nah disitu sobat bisa baca lagi syarat-syarat untuk blokir STNK, paling enak kalau orang atas namanya sendiri langsung hadir, dalam hal ini nyonya ikut hadir jadi cukup menyiapkan fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga.

Di petugas loket silahkan minta form Surat Pernyataan untuk diisi sob, disini nanti ditanda tangani di atas materai 6.000. Di tabel dalam surat pernyataan yang perlu diisi adalah Nomor Polisi, Merek/Type, Tahun Pembuatan, Tahun Pelepasan dan Keterangan. Nah disini karena gak bawa materai 6.000 dari rumah jadinya bolak-balik ke tukang fotopi diluar 2x.. Sekarang di Samsat Jakarta Timur tempat fotokopi tidak ada lagi di dalam, adanya diluar jauh gabung dengan kantin sob.

Cara Blokir STNK
Setelah distempel petugas, fotokopi 1 buat pegangan, lalu serahkan kembali ke petugas

Yang pertama Elang ke fotokopi karena harus beli materai, setelah diisi dan diserahkan ke petugas loket surat pernyataan kita dikasih stempel tanggal dan dicatat nomor polisi di buku catatan petugas, setelah itu dikembalikan untuk minta difotokopi buat pegangan kita. Weleh balik lagi deh ke tukang fotokopi diluar, mana hujan..wkwkwk.

Oke setelah kembali dari fotokopi, ikut antrian lagi tapi tidak panjang dan lama. Setelah tiba di loket langsung serahkan kembali ke petugas dan tanya berapa hari diproses blokir STNKnya? Petugas menjawab hari Selasa besok (tepatnya 4 hari kerja) suruh datang lagi untuk cek.

Ya begitulah sob kira-kira urutan proses blokir STNK, simpel dan gak dipungut biaya sama sekali. Cuma modal beli materai dan uang parkir 2.000 + minum kalau haus 😀 Sekian sharing catatan ini, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

11 Komentar

  1. Sori om. Mau nanya Kalo kasusnya saya sudah blokir 3 thn lalu pd 2015. Tapi tahun 2018 tiba2 pas saya beli motor baru yg ke dua malah di stnknya kena progresif ke3. Sy cek di apps ranmor tnyata motor yg sy sdh blokir sdh atas nama org lain tapi pakai nik ktp saya. Mana bukti copy blokirnya hilang. Hiks. Mohon pencerahannya om. Tks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*