Hindari Ganti Kanvas Rem dalam Waktu Bersamaan

Hindari Ganti Kanvas Rem dalam Waktu Bersamaan

Assalamualaikum sobat biker, piranti pengereman merupakan komponen yang paling penting dalam penunjang keselamatan berkendara, gak di motor maupun mobil sama pentingnya. Untuk itu perlu perhatian khusus perihal kondisi maupun usia pakai dari komponen ini, salah satunya tau kapan kanvas harus rem diganti.

Kanvas Rem merupakan komponen fast moving yang paling sering diganti, di setiap motor bisa beda-beda waktu penggantiannya tergantung dari kualitas bahan kanvas juga dari riding style penggunanya. Kalau di ban sudah umum ban belakang lebih sering habis duluan ketimbang depan, tapi kalau kanvas rem cakram (dalam konteks artikel ini) kondisinya bisa berbeda. Tergantung cara pengereman pengendara motornya apakah sering menggunakan rem depan saja atau rem belakang saja, maka kanvas rem bagian tersebut yang biasanya akan cepat habis duluan.

Kembali ke tema judul artikel ini, pernahkah sobat biker mendapatkan momen rem kurang gigit pasca baru melakukan penggantian kanvas rem? Jadi sensasinya rem seperti masih ngeloyorr, tuas rem mesti ditarik dalam-dalam untuk mendapatkan pengereman maksimal. Baik rem depan maupun belakang sama aja gak langsung gigit saat ganti kanvas baru, walaupun part yang diganti masih sama-sama kanvas ori.

Ganti Kanvas Rem

Nah ini lebih ke tips keselamatan untuk berkendara, kalau bisa jangan melakukan jadwal penggantian kanvas rem cakram motor sobat dalam waktu yang bersamaan. Kenapa? Itu tadi menghindari momen pengereman terasa ngeloss kurang gigit saat ganti kanvas baru. Kalau hanya ganti salah satu, momen loss bisa diminimalisir dibantu kerja rem lainnya yang masih OK.

Setidaknya inilah kebiasaan yang selalu Elang lakukan di MX Strada, set jadwal penggantian kanvas rem di waktu yang berbeda, kalaupun harus ganti kedua-duanya karena sama-sama sudah habis, Elang usahakan kasih interval waktu 1 minggu sampai kanvas rem barunya sudah menggigit bekerja normal.

Last, biasanya kalau motor sudah lama empunya motor lebih punya feeling dan menyatu dengan motornya. Jadi kalau tau momen kanvas rem tidak pakem pasca penggantian kanvas baru sudah pasti gaya riding dan pengeremannya lebih hati-hati di jalan, Elang yakin itu.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: