Cerita momen saat Remote Keyless XMAX 250 ngadat, ternyata ini penyebabnya

Remote Keyless XMAX 250 ngadat

Assalamualaikum sobat biker, ini adalah momen yang gak terbayangkan sebelumnya oleh Elang saat bersama Yamaha XMAX di momen hendak melakukan touring beberapa waktu lalu. Persiapan sudah rapi 1 hari sebelum hari H, motor juga sudah oke normal siap jalan jauh, ternyata saat di hari H momen itu pun terjadi.

Jadi pagi itu saya bersama nyonya mulai mengawali perjalanan touring ke Jogja start jam 6 pagi dari kediaman di Cikeas. Baru berjalan sekitar 300 meter meninggalkan perumahan kok indikator Smart Key di console dashboard berkedip-kedip, weleh ada apa ini. Yo wis karena belum jauh dari rumah Elang putuskan untuk berhenti melipir cek ada apa, perkiraan apa remotenya gak kedetek atau gimana.

Posisi waktu itu lagi berada di gang sempit depan pabrik Mercedes Wanaherang, setelah merapat ke kiri matikan mesin. Coba ulang nyalakan lagi knob keylessnya, nah loh kok sepi, senyap gak ada bunyi klik dan knob gak bisa dioperasikan seketika. Ambil remote di kantong, Elang tekan tombol remotenya sekali, lampu hazard gak menyala seperti sediakala ketika normal. Disini mulai merasa panik, waduh gimana ini, error apa ya, mana motor berat khawatir kalau ada mobil lewat gang sini bisa repot ganggu jalan euy.


Remote Keyless XMAX 250 ngadat

Akhirnya coba telpon kenalan dari YIMM tapi belum beruntung baik WA maupun telpon pagi itu belum ada yang respon, masih pada bo2 mungkin. Coba telpon rekan Blogger yang mungkin ngerti masalah ini, awalnya doi ikut bingung apa ya, tapi setelah Elang ceritakan kronologi kalau indikator smart keynya berkedip, doi berasumsi batere remotenya habis, coba diganti.

Hihihi..solusinya terdengar mudah ya, tapi ada 2 masalah setidaknya untuk bisa melakukan solusi yang diberikan oleh doi, pertama pagi-pagi jam 6 begini mana ada toko jam atau toko listrik yang buka, masalah kedua siapa yang jagain nih motor kalau ditinggal beli batere baru. Akhirnya coba duduk relax sebentar dan telpon adik ipar untuk menjemput ke TKP.

Cukup lama juga 15 menit kemudian baru adik datang, sebelum pinjam motor adik untuk cus mencari toko listrik yang buka, Elang izin ke warga di seberang untuk parkirkan XMAX di halaman rumahnya, alhamdulillah bapaknya welcome. Setelah motor aman gak halangi jalan Elang pun cus pinjem motor adik untuk cari batere mercury yang bentuknya persis kayak batere jam tangan.

Remote Keyless XMAX 250 ngadat
Batere Remote XMAX 250 Maxell CR2025

Hadeuh pagi begini mo cari kemana batu batere mercury begini, apalagi toko jam tangan emang ada sekitar sini? Begitu sampai di perempatan pasar Wanaherang Elang liat ada toko listrik yang sudah buka, Elang penuh harap moga toko ini jualan batere mercury. Elang pun bertanya ke mbak-mbak yang baru merapikan etalase toko yang baru dibuka, alhamdulillah ternyata beneran ada bro. Tipe baterenya adalah Maxell CR2025

Langsung bongkar remote keyless XMAX, gak perlu obeng cukup gunakan kuku jari kalau punya kuku, setelah diganti memasang ulang remote keylessnya juga cukup mudah asal sudah pas tinggal tekan.

Buat jaga-jaga Elang beli satu lagi buat spare siapa tau nanti ditengah jalan ngadat lagi, tapi sampai disini Elang sebetulnya belum 100% yakin apa ini solusi permasalahan.

Remote Keyless XMAX 250 ngadat
Batere cadangan untuk remote XMAX

Setelah bayar Elang langsung cus gak sabar buat nyamperin si XMAX kembali yang parkir di halaman rumah orang. Ketika sudah dekat Elang coba tekan tombol remotenya lah kok masih senyap, lampu hazard gak respon? Beberapa detik kemudian Elang coba operasikan knob smart keynya ternyata mulai hidup kembali sinyal di dashboard. Alhamdulillah akhirnya XMAX hidup kembali membawa keceriaan, yes langsung beres-beres yang lain dan pamitan sama empunya rumah yang ditumpangi. Tak terasa perjalanan tertunda 1 jam lamanya sejak XMAX ngadat tadi.

Catatan dari cerita momen Elang ini buat antisipasi pengguna XMAX lainnya, apalagi nanti kalau motornya sudah memasuki umur setahun, jangan lupa persiapkan batere remote cadangan simpen di console box buat jaga-jaga kalau ditengah jalan batere remotenya habis. Dan satu lagi bagi yang terlanjur mengalami hal serupa usahakan apabila indikator smart key berkedip biarkan motor tetap menyala jangan dimatikan sampai ketemu toko listrik atau sudah sampai rumah, karena sekalinya mesin dimatikan maka sistem keyless tidak akan bisa diaktifkan sampai batere yang habis diganti, kan lumayan dorong motor seberat nyaris 180kg 😀

Demikian sob share pengalaman remote keyless XMAX ngadat, semoga bermanfaat. Sharing ini juga bisa jadi catatan buat motor lain yang sudah mengaplikasin sistem kunci keyless.

Remote Keyless XMAX 250 ngadat
setelah ganti batere, XMAX lancar jaya diajak touring PP 1300 km

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

7 Komentar

  1. saya pernah ngalami d aerox saya mas, tombolnya kedip gitu dan motor g bisa nyala. tp masa iya batrenya habis, umur motor juga baru 3 bulan. eh ternyata remotnya deket dengan saya kantongi bareng hp pas kebetulan ada pesen masuk. begitu saya pindah remotnya keylessnya normal lagi.

  2. Bukan krn battery nya habis gan. Itu karena snyal remote terganggu krn ada sinyal lian yg lebih kuat. Bisa karena ada antena yg kuat, nempel hp dll. Biasa itu semua model smart key bisa kena hal spt itu. Gak mobil kelas toyota maupun mercy pun spt itu.
    Gw rumah deket antena RCTi dan Indosiar kb jeruk juga seriiing spt itu. Gak Xtrail, gak Fortuner, gak Xmax, kadang2 spt itu, coba2 terus saja lama2 bisa nyala. Kl lagi di daerah terbuka, juah dr antena radio/pemnacar, di desa dll pasti aman2 terus.

    • Nah ini yang saya demen, efek nulis jadi tau banyak hal, betul kang di group juga banyak cerita kemungkinan gangguan interferensi frek.radio lain, janggal juga sih kl batere belum setahun udah habis

  3. bisa juga karena batere habis dikarenakan keyless dalam kondisi ON trus dan remote pasti selalu memancarkan sinyal radio. teknisi yamaha di bengkel & di buku petunjuk juga menyarankan agar motor yg diparkir dalam keadaan lama hingga berjam-jam sebaiknya di OFF remote keyless dengan cara ditahan tombol power sampai lampu remote berkedip sekitar 1,5 detik. kalau sudah mau jalan diposisikan ON lagi caranya juga sama ditahan tombol power sampai lampu berkedip 1 detik. semoga membantu mas bro

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*