Review sorot lampu Yamaha XMAX 250 di malam hari

sorot lampu Yamaha XMAX 250 di malam hari

Assalamualaikum sobat biker, ini artikel pembuka di awal tahun 2018, Elang coba isi artikel ringan dulu ya bro masih seputaran review motor. Sebelum masuk ke artikel pamungkas kupas tuntas sosok Yamaha XMAX, Elang mau ulas sedikit review penerangan lampu headlamp milik XMAX yang Elang jajal beberapa hari lalu.

Fyi, maxi scooter Yamaha XMAX sudah mengaplikasikan lampu LED yang notabene dalam kondisi normal terangnya sudah jauh lebih terang dari bohlam biasa. Seperti halnya motor-motor terbaru saat ini yang rata-rata sudah mengaplikasikan lampu LED semua, jadi mendapati XMAX juga sudah pake lampu LED gimana reviewnya? Yuk langsung aja bro.

Sebaran pencahayaan lampu headlamp Yamaha XMAX cenderung meluas kesamping, tidak fokus di tengah. Hal ini wajar mengingat desain kedua headlamp maxi ini model split yang terpisah jarak beberapa centi, jadi imbasnya sorotan lampunya cukup lebar. Tembakan sinarannya juga tidak terlalu tinggi mirip-mirip NMAX jadi positipnya tidak menyilaukan pengendara dari lawan arah.


sorot lampu Yamaha XMAX 250 di malam hari
Sorotan lampu dekat Yamaha XMAX 250

Kalau untuk penerangan di malam hari ketika cuaca normal penerangan XMAX cukup mumpuni apalagi ketika diajak riding di spot yang gak ada sama sekali penerangan jalan, sorotannya boleh dibilang lumayan terang. Tapi kalau diguyur hujan malam ampun deh kedigdayaan lampu LED seperti tenggelam gak berkutik, mata ini harus ekstra kerja keras memperhatikan kondisi jalanan didepan yang serba putih. Fenomena ini pun sama terjadi di motor-motor lain yang mengusung headlamp dengan lampu LED.

sorot lampu Yamaha XMAX 250 di malam hari
Sorot lampu jauh Yamaha XMAX, gak signifikan jaraknya

Review kedua, gimana lampu jauhnya? Yang Elang temukan di XMAX ini antara lampu dekat dan lampu jauh perbedaan jarak sorotannya gak terlalu signifikan bro. Maksudnya kalau lampu dekat misalnya punya jarak 30 meter, maka lampu jauhnya hanya berkisar 33 meter, tipis banget bedanya. Tapi dengan diaktifkan lampu jauh, intensitas penerangan di area tengah jadi bertambah. Nah di XMAX kebetulan ada tombol pass beam, karena lampu jauhnya hanya segitu jadi kalau kasih kode beam ke pengendara lain sepertinya kurang maksimal sorotan kedipannya sob, kurang greget. Alhasil saat touring masuk waktu malam Elang lebih maksimalin penggunaan klakson daripada pass beam. Suara klaksonnya lebih bisa diandelin karena suaranya yang tergolong keras.

Kurang lebih demikian review soal penerangan headlamp Yamaha XMAX 250 ketika dipakai malam hari bro, semoga bisa mendapatkan gambaran dan bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Kupas Tuntas Review Yamaha XMAX 250 oleh Elang Jalanan | ElangJalanan.NET

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*