Review Konsumsi BBM Yamaha XMAX 250 dipake harian dan touring, boros kah?

Konsumsi BBM Yamaha XMAX 250

Assalamualaikum sobat biker, salah satu variabel yang selalu menjadi pengetesan unit motor baru adalah mengetahui fuel consumption-nya atau konsumsi bahan bakar. Berbicara Yamaha XMAX 250 Elang yakin sebagian besar pemilik big skutik ini tidak mempermasalahkan nilai FC motornya, karena yang dicari dari maxi scooter ini adalah pridenya dan kenyamanan dipakai berkendara jauh.

Namun untuk keperluan manajemen pengisian BBM saat akan melakukan touring atau sekedar ingin mengetahui daya jelajah sang XMAX ketika terisi full tank sanggup melaju berapa kilometer disinilah perlunya mengetahui gambaran konsumsi BBM dari maxi scooter ini. Dan kebetulan Elang berkesempatan selama hampir 1 minggu jajal Yamaha XMAX dalam mode harian maupun touring 1300km PP Jakarta – Yogyakarta mendapatkan gambaran berapa angka fuel consumption dari Yamaha XMAX.

Konsumsi BBM Yamaha XMAX 250

Metode pengukuran Elang lakukan simpel aja memanfaatkan informasi fuel consumption average yang ada di MID dashboard speedometer si XMAX. Jadi gak perlu repot-repot melakukan pengukuran dengan metode top up full to full seperti yang biasa Elang lakukan di motor-motor test selama ini. Yang terpenting sebelum mulai melakukan pengetesan, nilai angka FC average di dashboard Elang reset dulu kembali ke-0 baru kemudian jalan.


Kondisi pertama adalah harian, disini Elang ada 2 hari pakai XMAX wira wiri di dalam kota Jakarta, terlihat dari MID yang disajikan di layar dashboard Yamaha XMAX 250 sanggup irit antara 33-34 kilometer per liternya. Mendapatkan angka ini Elang cukup takjub, tadinya mengira angka FC Yamaha XMAX akan berkisar 25-30 kilometer/liter ternyata melebihi ekspetasi euy.

Konsumsi BBM Yamaha XMAX 250
Untuk harian dalam kota sanggup 33-34 km/liter

Gimana ketika XMAX diajak touring luar kota? Ini lebih gila lagi sob, Elang kebetulan ambil rute jalur Selatan yang berbukit-bukit sejak dari Subang, Sumedang, Tasik, Banjar hingga Banyumas. Karena kondisi touring jarang stop n go XMAX sanggup mencatatkan rekor teririt versi Elang Jalanan 39 kilometer per liternya dan hanya sempat turun di angka 38 kilometer/liter saat menanjak di kawasan perbukitan. Weleh luar biasa iritnya, ini dengan catatan loh, XMAX ditumpangi bobot pengendara + pembonceng total 110kg, belum lagi ditambah bagasi penuh yang terisi 1 tas ransel dan 1 tas kain yang beratnya mungkin nyaris 10kg.

Konsumsi BBM Yamaha XMAX 250
touring luar kota menghadapi perbukitan Jalur Selatan masih irit

Analisa Elang kenapa XMAX bisa irit padahal mengusung mesin cc gede 250cc, mungkin karena torsinya yang cukup besar sob sekitar 24Nm, ini paling besar melebihi torsi motor-motor sport 250cc yang ada saat ini. Jadi hanya butuh puntir gas sedikit maka XMAX sudah melaju ringan. Dan memang sepanjang pemakaian Elang lebih sering pantengin throtle gas antara 6000-6500rpm saja, toh di 6500 rpm saja XMAX larinya sudah dapat 100kpj. Nikmatnya berkendara XMAX ada di cruising di kecepatan 80-100kpj sob.

Konsumsi BBM Yamaha XMAX 250
Iritnya kebangetan, gak beda jauh dengan Sport 150cc

Nah sudah gak penasaran lagi kan buat sobat biker yang pengen tahu konsumsi BBM si Maxi gambot Yamaha ini, ternyata bisa irit juga motor ini dalam kondisi standar dan pemakaian normal. Kalau ada user XMAX yang mendapatkan FC 25 kilometer/liter di motornya bisa jadi cara bawanya agresif atau sering menghadapi kemacetan yang luar biasa saban hari dan pastinya sudah ganti knalpot racing.

Demikian reviewnya sob, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

8 Comments

  1. Mas bro, kaki pasti agak jinjit kan ya? Kalau macet2x apa nggak serem?

    Sama dipakai macet2x msh ok kah? Nyelip2x di Jakarta saat rush hour.

    • tinggi saya 165cm Om, betul jinjit kalau 2 kaki turun, jadi tipsnya adalah cukup 1 kaki aja yang turun kalau lagi manuver di kemacetan, tapi kalau berhenti lama di lampu merah turun 2 kaki biar relax

      dipake selap selip di kemacetan XMAX ternyata enak aja swipe kanan kiri, yang penting perhatikan space di depan cukup atau enggak.

  2. loh kok hasil konsumsi bbm dan rpm mesin diluar kebiasaan honda vs yamaha

    rpm 3500 honda kecepatan 100 kpj (biasanya yamaha yang menang)
    1:20 untuk honda , xmax 1:39 (biasanya yamaha yang keok)

    Ctt : Syarat dan ketentuan berlaku.. Honda mobilio 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*