Cara Pengoperasian Keyless Smart Key Yamaha XMAX 250

Cara Pengoperasian Keyless Smart Key Yamaha XMAX 250

Assalamualaikum sobat biker, mohon maaf sebelumnya blog sempat vakum beberapa hari ini dikarenakan empunya warung sedang melakukan liburan akhir tahun bersama nyonya nyambangi sanak saudara di Jawa Tengah, judulnya touring silaturahim. Tadinya kepikiran juga untuk touring silaturahim ke sobat-sobat Blogger di Yogyakarta dan sekitarnya, namun karena alokasi waktunya serba ngepas banget, jadinya hanya fokus untuk bisa bertatap muka dengan sanak family aja, Insyaallah di next touring bisa didedikasikan untuk silaturahim dan mampir ke blogger-blogger lain di daerah, karena itu sebuah kenikmatan tersendiri, bisa nambah panjang umur.

Okey sekarang Elang sudah kembali sampai di rumah dengan selamat sentosa 😀 saatnya geber artikel lagi. Nah untuk artikel kali ini Elang akan ulas artikel tematik seputar Yamaha XMAX 250, kebetulan Elang berkesempatan bisa lebih dekat dengan salah satu Maxi Skutik Premium Yamaha ini dalam waktu yang cukup lama 1 minggu, dan dari awal karena tau trahnya motor ini adalah motor nyaman buat touring, maka muncul  ide untuk jajal XMAX langsung dipakai touring Jakarta – Yogyakarta, sampai Klaten juga sih sebenernya..wkwkwk, asli ini motor walaupun gede dan berat tapi nyamannya puoll gak ketulungan buat perjalanan jauh, nanti akan Elang ulas di artikel tersendiri.

Kali ini Elang akan ulas artikel tematik tentang Smart Key System atau nama kerennya Keyless system. Maxi Yamaha satu ini sudah menawarkan fitur canggih berupa sistem kunci yang tidak lagi menggunakan anak kunci, melainkan pake remote yang saling fairing dengan smart key systemnya. Setelah pakai hampir seminggu lebih jadinya hafal banget bagaimana cara pengoperasian Keyless dari Yamaha XMAX ini, oke langsung aja yuk berkenalan, Elang sajikan juga dalam bentuk Vlog biar lebih interaktif dan jelas.

Cara Pengoperasian Keyless Smart Key Yamaha XMAX 250


Di unit remote hanya ada satu tombol yang berfungsi sebagai Answer Back System, jadi jika ditekan sekali lampu hazard akan menyala dua kali, jadi motor tidak mengeluarkan suara, namun ini sudah cukup membantu ketika mencari motor di parkiran. Saat riding remote baiknya disimpan dikantong jangan sampai terjatuh.

Nah untuk pengoperasiannya, posisi remote mesti dalam radius 1-2 meter maksimal, CMIIW. Di tombnol knob ada 5 pilihan posisi saklar/menu, yakni posisi ON, Open, OFF, Tangki BBM dan kunci setang. Dibawah terdapat 2 tombol tambahan yakni LID dan SEAT, dimana LID untuk membuka konsol dashboard kiri yang berisi port charger dan tombol SEAT untuk membuka jok.

Untuk menyalakan mesin, tekan knob keyless ke dalam sampai muncul bunyi klik dan indikator lampu keyless juga menyala di dashboard, lalu langsung putar ke posisi ON. Setelah tampilan welcome di dashboard muncul, tekon tombol start di setang kanan dibarengi tekan salah satu handle rem untuk menghidupkan mesin. Untuk mematikan mesin bisa langsung putar tombol knob ke posisi OFF atau lewat tombol Engine OFF di setang kanan.

Untuk membuka bagasi jok, caranya tekan sekali tombol knob ke dalam, lalu putar ke posisi Open. Tekan tombol SEAT untuk membuka jok dan tekan tombol LID untuk membuka bagasi dashboard kiri. Setelah jok terbuka posisi knob bisa dikembalikan ke OFF jika membuka bagasi dalam waktu lama misal lagi menyusun barang bawaan ke bagasi.

Untuk membuka penutup cover tangki caranya paling mudah, cukup tekan knob sekali lalu putar ke posisi BBM maka cover akan langsung terbuka. Catatan disini untuk tutup tangki BBMnya sendiri gak ada karetnya, jadi kalau menutup atau mengencangkan jangan terlalu kencang, putar sedikit saja.

Yang berikutnya cara kunci setang sob, caranya sedikit berbeda, karena tombol knob tidak bisa langsung diputar ke posisi kunci setang. Caranya adalah tekan tombol knob dan tahan, baru bisa diputar 2 step ke posisi kunci setang, kadang setang harus digerak-gerakan sedikit agar kunci setang mengunci.

Nah itu dulu sob artikel perkenalan tematis review Yamaha XMAX 250 seputar cara pengoperasian Smart Key/Keyless. Nantikan artikel tematis Yamaha XMAX 250 dari Elang Jalanan, stay tuned.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*