Test Ride Yamaha NMAX 2018, Impresi Shock Tabungnya lebih Nyaman, Handling Tetap OK

Test Ride Yamaha NMAX 2018

Assalamualaikum sobat biker, seperti di artikel sebelumnya saat launching Yamaha NMAX 2018, kali ini Elang ulas impresi Elang Jalanan setelah melakukan test ride salah satu deretan Maxi Yamaha yang paling laris di tanah air. Sebelumnya Elang berikan apresiasi kepada YIMM yang secara smart menyediakan tempat test ride yang mumpuni di sirkuit beneran Sentul kecil yang banyak tikungannya, so fokus untuk merasakan feel penyematan suspensi tabung bisa digali lebih maksimal disini.

Sebelumnya kita review dulu sosok New Yamaha NMAX model year 2018 ini dari sisi fitur dan fisik, setidaknya ada 5 hal yang baru dan berbeda di model terbaru NMAX dengan versi sebelumnya, sebut saja mulai dari yang mencolok suspensi tabung (sub-tank) berwarna emas yang menjadikan penampilan NMAX terbaru ini jadi lebih macho dan keren. Kemudian konsol speedometer tampilan menunya kini lebih atraktif menggunakan Inverted LCD Digital atau biasa disebut negatif display. Untuk ukuran ban belakang sepertinya tetap sama  lebar 130/70 dan depan 110/70-13.

Yamaha NMAX 155 2018
Yamaha NMAX 2018 Matte Black

Kemudian yang gak kalah menariknya adalah di tipe warna Matte Grey dan Matte Black sobat bisa temukan velg berwarna emas yang kekinian menambah aura kegantengan NMAX meningkat. Area jok juga tampil lebih premium dengan perpaduan tekstur kulit dengan motif jahitan yang memberi kesan dual tone, kesannya serasa premium sejajar XMAX nih. Ada lagi yang menonjol menarik pandangan mata yakni tulisan embos 3D NMAX berwarna emas yang bikin NMAX jadi terasa matic berkelas. Yang terakhir adalah fender belakang model baru, model ini memiliki desain lebih lebar di bagian atas untuk mengcover suspensi tabungnya, sehingga sub-tank terlindung berada di dalam fender.


Yamaha NMAX 155 2018
Speedometer baru NMAX 2018

Nah itu sekilas overview apa yang baru di NMAX, untuk sisi mesin memang tidak ada perubahan sob bahkan ECU masih sama. Wajarlah karena sejatinya New NMAX 2018 ini diperuntukkan khusus untuk pasar dalam negeri, sementara untuk ekspor spek dan fitur masih menggunakan model lama, hanya warnanya saja yang berubah mengikuti tren pergantian tahun.

Oke langsung saja nih sob Elang ulas gimana impresi jajal Yamaha NMAX 2018 dengan suspensi tabungnya. Sebelumnya Elang cukup puas jajal NMAX ini 2x, yang pertama saat bareng media bersama mas Ridwan YIMM yang memimpin didepan, kesempatan kedua adalah menjelang sore hari ketika teman-teman media dan blogger sudah bubar, Elang bersama bro Permana Triaz jajal sekali lagi buat memuaskan dahaga track day di sirkuit ini, hitung-hitung mempertajam skill latihan cornering di sirkuit 😀

Oke sesi pertama Elang bareng mas Aripitsop, setelah riding gear dipake lengkap, ohya jaket Elang pinjem punya mang Kobayogas karena males ngambil jaket lagi di parkiran motor, jauh euy, adem juga nih jaket mang Kobay sudah ada protektor di dalamnya. Coba hidupkan mesin NMAX, pandangan mata langsung tertuju ke konsol speedometer yang baru. Sekilas walau menu-menu atraktifnya terlihat keren dan ada MID-nya, tapi kalau dipandang dibawah terik matahari gini kok kurang begitu jelas ya, tapi akan menjadi beda dan super cantik terlihat ketika dipakai di malam hari, berkaca ke speedometer XABRE yang modelnya sama menganut negatif display.

Oke mas Ridwan sudah mulai start, Elang mengikuti di belakangnya, sebelum masuk ke track menjelang pintu masuk disediakan 4 buah papan kayu sebagai speed trap buat menguji bantingan suspensi NMAX, coba Elang rasakan hajar di kecepatan 20kpj ternyata bantingan suspensi tabungnya sudah terasa lebih nyaman yang ini, redamannya cukup baik gak bikin pinggang sakit. Sehabis itu dibuat cone-cone untuk manuver slalom atau zig zag, disini Elang rasakan bermanuver dengan NMAX yang panjang meliuk-liuk dengan kecepatan rendah terasa cukup mudah.

Test Ride Yamaha NMAX 2018
Test Ride Yamaha NMAX 2018

Gak pake lama mas Ridwan sudah ngacir kencang masuk ke sirkuit, Elang langsung gaspoll mengejar. Di tikungan pertama setelah straight, Elang rasakan untuk coba nikung cepat dikecepatan 55kpj ada gejala sedikit ngayun suspensinya, tapi ini normal untuk suspensi yang berkarakter agak soft. Hal ini terus Elang perhatikan di setiap menghadapi tikungan selanjut, kalau agak cepat sedikit misal 55kpj ke atas mulai ngayun tapi kalau dibawah itu masih antep suspensinya dibuat rebah. Namun secara overall gejala ngayun ini tidak merubah karakter handling NMAX secara signifikan, masih mantaplah, apalagi buat penggunaan normal di jalanan umum, wis suspensinya sudah pas bikin nyaman.

Test Ride Yamaha NMAX 2018
Test Ride Yamaha NMAX 2018

Motor slonjoran kayak NMAX begini dengan rim 13 pastinya gak bisa dipake terlalu rebah di tikungan, terbukti beberapa kali Elang mengalami gasruk standarnya menyentuh aspal saat coba cornering lebih agresif. Itu kalau di sirkuit, namun untuk penggunaan jalanan harian atau touring, penyematan suspensi model tabung ini sudah pas banget menambah sisi kenyamanan NMAX, untuk sisi ini Elang beri nilai positif untuk pembaharuan di suspensinya.

Di sesi kedua setelah rekan media dan blogger berpamit, sebagian meliput IRS, Elang dan Permana sempat jajal impresi berboncengan. Nah ketika ada beban boncengan handling NMAX terasa lebih mantap di tikungan, gejala ngayun berkurang. Coba bergantian menjadi boncenger, joknya cukup nyaman plus bantingan suspensinya terasa pas, nyaman nih kalau buat jarak jauh riding couple.

Test Ride Yamaha NMAX 2018
Test Ride Yamaha NMAX 2018

Selain suspensi, di sesi kedua juga Elang coba rasakan feel performa mesin 155 VVAnya, entah kenapa Elang paling demen geber mesin dengan VVA seperti NMAX dan Aerox 155, enak banget tengahnya sampai atas. Karakter mesin VVA ini dipake riding tanjakan juga fun, gak ada gejala kedodoran sama sekali menghadapi medan tanjakan.

Kurang lebih ini yang bisa Elang share ke sobat pembaca tentang review test ride NMAX 2018 di sirkuit Sentul. Intinya hadirnya NMAX dengan shock tabung ini adalah jawaban Yamaha atas masukkan rekan-rekan komunitas dan konsumen NMAX terhadap masalah kenyamanan di tipe sebelumnya. Dan menurut Elang Yamaha sukses menjawab request konsumen dengan menghadirkan NMAX 2018 yang spesial khusus untuk rider di tanah air.

Simak cuplikan video test ride Yamaha NMAX 2018 by ElangJalanan.NET dibawah ini, sekali lagi selamat buat peluncuran NMAX MY 2018, Yamaha NMAX, Live The Pride!

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*